Peningkatan Keterampilan Membaca Paragraf Induktif melalui Teknik Tes Opsi Unik Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Media LKPD

Authors

  • Muslina SD Negeri 023 Tembilahan. Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.269

Keywords:

keterampilan membaca, paragraf induktif, teknik tes pilihan ganda, pendekatan konstruktivisme, media LKPD

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca paragraf induktif untuk siswa kelas 5 SD. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan terhadap siswa kelas SD Negeri 023 Tembilahan, Indragiri Hilir, Riau. Kegiatan penelitian berlangsung di semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan teknik tes pilihan ganda 3 opsi yang diperkuat oleh pendekatan konstruktivisme yang menggunakan media LKPD. Fase pembelajaran dalam pendekatan konstruktivisme: orientasi, pencetusan ide, rekonstruksi ide, aplikasi ide, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini para siswa kelas 5 SD Negeri 023 Tembilahan, Indragiri Hilir, Riau yang belum tuntas dalam pembelajaran reguler. Mereka berjumlah 20 dari 28 siswa. Instrumen penelitian ini: 1) LKPD berisi kaidah tentang membaca paragraf induktif yang disusun menurut fase Needham dalam pendekatan konstruktivisme; 2) RPP peningkatan keterampilan membaca pemahaman; 3) alat rekaman untuk observasi pembelajaran pelaksanaan tindakan; 4) instrumen tes keterampilan membaca paragraf induktif. Data keterampilan membaca paragraf induktif dianalisis menggunakan perinsip mean dan persen yakni suatu ukuran statistik deskriptif. Data proses pembelajaran dianalisis secara tematik. Untuk siklus 1 menghasilkan 11 siswa tuntas dalam pembelajaran dan untuk siklus 2 berhasil menuntaskan 9 siswa untuk mencapai KKM 73,00.

References

Anas, Imam Malik B. (2016). Al Muwatha' Imam Malik, Buku 1. Penerjemah: Muhammad Iqbal Qadir. Editor: Ahmad Taufiq Abdurrahman. Jakarta: Pustaka Azzam.

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Edi- tor: Asfiah Rahman. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Jasin, Zurainu Mat & Shaari, Abdull Sukor. (2012). Keberkesanan Model Konstruktivisme Lima Fase Needham dalam Pembelajaran Komsas Bahasa Melayu. Jurnal Pendidikan Bahasa Melayu Malay Language Education Journal (MyLEJ). 1(1), 79-92.

Karo-Karo, Isran R. & Rohani. (2018). Manfaat Media Pembelajaran. Jurnal Axiom, 7(1), Januari-Juni 2018, 91- 96.

Katsir, I. (2010). Kisah Para Nabi dan Rasul, Cetakan IV. Penerjemah: Abu Huzaifah. Editor: Abdul Basith Abdul Aziz. Jakarta: Pustaka as-Sunnah.

Komang T. Dewa dkk. (2004). Pedoman Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Ditjen Pendidikan Tinggi.

Mahamod, Z. (2014). Inovasi P & P dalam Pendidikan Bahasa Melayu. Tanjong Malim, Perak, Malaysia: Universiti Pendidikan Sultan Idris.

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 1, Nomor 2, 2013, 95-105.

Mustikawati, T. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengubah Pantun menjadi Paragraf Menggunakan Teknik Model Bermedia LKPD Khusus. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(2), 189–202. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.27

Nair, S. & Muthiah, M. (2005). Penggunaan Model Konstruktivisme Lima Fasa Needham dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidik dan Pendidikan, Volume 20, Nomor 2, 2005, 21-41.

Razak, Abdul. (2010). Penelitian Kependidikan: Deskripsi, Eksopisi, dan Argumentasi. Pekanbaru: Autografika.

Razak, Abdul. (2013). Indahnya Bahasaku: Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Kelas 5 SD/MI. Pekanbaru: UR Press.

Razak, Abdul. 2019. How to Teach Your Student to Read: Student Work Sheet in Elementary School. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, Abdul. (2020). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Sanjaya, Wina. (2016). Penelitian Kindakan Kelas. Jakarta: Kencana Perdana Media.

Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Susilo, Herwati; Chotimah, Husnul; & Sari, Yuyun Dewita. (2011). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Saranan Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Editor: Setiyono Wahyudi dkk. Malang: Baumedia Publishing.

Umar. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), Januari-Juli, 131-144.

Wahyuningsih & Andriani. (2022). Keterampilan Menemukan Kalimat dan Gagasan Teks Deskripsi Siswa Kelas VIII dan IX Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(4), 431–440. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.59

Wardoyo, Sigit M. (2013). Pembelajaran Konstruktivisme: Teori dan Aplikasi Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter. Bandung: Alfabeta.

Waseso, Hendri P. (2018). Kurikulum 2013 dalam Perspektif Teori Pembelajaran Konstruktivis. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, Volume 1, Nomor 1, Januari 2018, 59-72.

Yamin, Muhammad & Faridah. (2023). Peningkatan Keterampilan Menemukan Pokok Pikiran Paragraf Profetik melalui Pendekatan Konstruktivisme Menggunakan LKPD. Pembahas: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 2, Nomor 2, Maret 2023, 203-212. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.251.

Downloads

Published

2023-05-01

How to Cite

Muslina. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Paragraf Induktif melalui Teknik Tes Opsi Unik Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Media LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(3), 303–314. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.269

Issue

Section

Articles