Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deduktif Topik Matematika melalui Metode Model Menggunakan LKPD

Authors

  • Samiwahyuni SD Negeri 003 Pulau Palas, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.270

Keywords:

keterampilan menulis, paragraf faktual, topik matematika, metode model, LKPD

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca paragraf deduktif topik matematika melalui metode model menggunakan media LKPD bagi siswa kelas 6 SD. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 003 Pulau Palas, Tempuling, Indragiri Hilir, Riau di akhir semester genap tahun ajaran 2022/2023. Penelitian tindakan kelas menggunakan 4 prosedur yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas 6 SD Negeri 003 Pulau Palas, Tempuling, Indragiri Hilir, Riau yang belum mencapai KKM 75,00 dalam pembelajaran reguler untuk kompetensi keterampilan membaca paragraf deduktif topik matematika yang diiukti oleh 26 siswa. Instrumen penelitian ini: 1) LKPD berisi kaidah tentang menulis paragraf deduktif topik matematika dan model-model paragraf deduktif topik matematika; 2) RPP peningkatan keterampilan membaca paragraf deduktif topik matematika; 3) alat rekaman untuk observasi pembelajaran pelaksanaan tindakan; 4) instrumen tes keterampilan membaca paragraf deduktif topik matematika. Data keterampilan membaca paragraf deduktif topik matematika dianalisis menggunakan perinsip mean dan persen yakni suatu ukuran statistik deskriptif. Data proses pembelajaran dianalisis secara tematik. Untuk siklus 1 menghasilkan 11 siswa tuntas dalam pembelajaran dan untuk siklus 2 berhasil menuntaskan 7 siswa untuk mencapai KKM 75,00.

Kata Kunci: keterampilan menulis, paragraf faktual, topik matematika, metode model, LKPD

References

Andriani, Rike & Rasto. (2019). Motivasi Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Volume 4, Nomor 1, Januari 2019, 80-86.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Edi- tor: Asfiah Rahman. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Astuti, N, P., & Probowisi, P. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (4), 1168-1176. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8610.

Awalia, Izomi; Pamungkas, Aan S.; & Alamsyah, Trian P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Jurnal KREANO, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534.

Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Cetakan III. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Giyanto & Ghoni, A. (2020). Developing Virtual Smart Fraction Media based on Adobe Flash for Learning Fraction in Mathematics. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(6), 927-933. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v9i6.8003.

Harjasujana, Ahmad S. & Damaianti, Vismaia S. (2013). Membaca dalam Teoridan Praktik. Bandung: Mutiara.

Herayanti, L. dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 36(2), Juni, 210-219.

Juriati, J., & Muhamad, D. (2022). Efektivitas Teknik Substitusi Numerik dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Prosedur. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(1), 85–92. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.15

Karo-Karo, Isran R. & Rohani. (2018). Manfaat Media Pembelajaran. Jurnal Axiom, 7(1), Januari-Juni, 91- 96.

Khairul. (2022). Penyusunan Paragraf Berbasis Profetik melalui Teknik Pelatihan: Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru Bahasa Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 807–818. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.210

Komang T. Dewa dkk. (2004). Pedoman Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Ditjen Pendidikan Tinggi.

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 1, Nomor 2, 2013, 95-105.

Muhammad, Maryam. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal, Volume 4, Nomor 2, Juli, 87-97.

Mustikawati, T. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengubah Pantun menjadi Paragraf Menggunakan Teknik Model Bermedia LKPD Khusus. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(2), 189–202. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.27

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230.

Nurdin, A, A., & Iskandar, S. (2022). Kemampuan Kepribadian Pemimpin Sekolah Masa Kini Dalam Motivasi Kinerja Guru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (2), 509-526. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8879

Pratiwi, Y., & Nugraheni, A, S. (2022). Problematika Guru dalam Mengembang-kan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia di SD/MI. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (5), 1479-1490. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.8977.

Razak, A. (2010). Penelitian Kependidikan: Deskripsi, Eksopisi, dan Argumentasi. Pekanbaru: Autografika.

Razak, A. (2013). Indahnya Bahasaku: Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Kelas 6 SD/MI. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A. (2015). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2019). How to Teach Your Student to Read: Student Work Sheet in Elementary School. Pekanbaru: Ababil Press.

Rospiati, R. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Manajemen Pembelajaran Guru SMP Negeri. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (2), 547-557. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8649.

Sanjaya, Wina. (2016). Penelitian Kindakan Kelas. Jakarta: Kencana Perdana Media.

Susilo, Herwati; Chotimah, Husnul; & Sari, Yuyun Dewita. (2011). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Saranan Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Editor: Setiyono Wahyudi dkk. Malang: Baumedia Publishing.

Sardiman AM. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sinamo, Jansen H. (2003). Ethos21: Etos Kerja Profesional di Era Digital Global. Jakarta: Mahardika.

Sugihartono, S. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar. dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi, Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 188-198.

Tafanao, Talizaro. 2018. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), Juli, 103-114.

Umar. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), Januari-Juli, 131-144.

Wahidin, U. & Syaefuddin, A. 2018. Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 47-65.

Downloads

Published

2023-05-01

How to Cite

Samiwahyuni. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deduktif Topik Matematika melalui Metode Model Menggunakan LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(3), 281–292. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.270

Issue

Section

Articles