Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru Kelas Tinggi untuk Mereproduksi Paragraf Topik IPA

Authors

  • Masnah SD Negeri 013 Concong Tengah, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.271

Keywords:

supervisi klinik, kepala sekolah, guru kelas tinggi, mereproduksi paragraf, topik IPA

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk mereproduksi paragraf topik IPA yang difungsikan sebagai pembelajaran terpadu di kelas tinggi SD/MI. Fokus pembelajaran terpadu ini adalah Bahasa Indonesia yakni membaca dan menulis paragraf topik IPA sedangkan paduannya adalah materi IPA. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 013 Concong Tengah, Concong, Indragiri Hilir, Riau. Penelitian berlangsung di awal semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian tindakan sekolah guru kelas tinggi berjumlah 3 guru. Instrumen penelitian tindakan sekolah ini adalah Lembar Kegiatan Guru (LKG) yang juga berisi petunjuk mereproduksi paragraf topik IPA dan contoh atau model paragraf topik IPA, kuesioner tentang objektivitas setiap paragraf yang disusun melalui kegiatan pelatihan. Setiap instrumen memenuhi syarat ilmiah. Data reproduksi paragraf IPA dianalisis secara tematik dengan sistem validasi nilai skala 1-4 oleh teman sejawat dan kepala sekolah. Hasil penelitian tindakan sekolah adalah adanya 6 paragraf IPA yang saling lepas antara 5-7 kalimat pendek. Paragraf-1 bersubtopik tubuh manusia untuk kelas 4. Paragraf-2 bersubtopik hewan untuk kelas 4. Paragraf-3 bersubtopik yubuh manusia untuk kelas 5. Paragraf-4 bersubtopik hewan untuk kelas 5. Paragraf-5 bersubtopik tubuh manusia untuk kelas 6. Paragraf-6 bersubtopik hewan untuk kelas 6. 

References

Aghni, Rizqi Ilyasa. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. 16, Nomor 1, Tahun 2018, 98-107.

Aisyah, Siti. (2020). Kepribadian Seorang Pendidikan terhadap Minat Belajar Matematika. Journal on Teacher Education, Volume 1, Nomor 2, 2020, 20-25.

Al-Jauziyah, Ibnu Al-Qayyim. (2007). Indahnya Sabar: Bekal Sabar Agar Tak Pernah Habis. Penerjemah: A.M. Halim. Editor: Linda Andriani. Jakarta: Maghfirah Utama

Al-Qaradhawi, Yusuf. (1996). Sabar dan Tawakkal. Penerjemah: Kathur Suhardi. Jakarta: Pustaka al-Kausar.

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Edi- tor: Asfiah Rahman. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asih, Gusti Yuli & Pratiwi, Margaretha Maria Shinta. (2010). Perilaku Prososial Ditinjau dari Empati dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi, Volume 1, Nomor, 1, Desember 2010, 33-42.

Asnan. (2022). Peningkatan Membaca Permulaan melalui Pendekatan Individual dan Teknik Menyalin Menggunakan Media Khusus. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 755–764. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.205

Awalia, I.; Pamungkas, A. S.; & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Jurnal KREANO, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534.

Bandur, A. (2014). Penelitian Kualitatif: Metodologi, Desain, dan Teknik Analisis Data dengan NVIVO10. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Fraenkel, Jack R.; Wallen, E. Norma; Hyun, Helen H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.

Fulcher, G. & Davidson, F. (2007). Language Testing and Assessment: An Advaced Resource Book. New York: Routledge Applied Linguistics.

Giyanto & Ghoni, A. (2020). Developing Virtual Smart Fraction Media based on Adobe Flash for Learning Fraction in Mathematics. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(6), 927-933. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v9i6.8003.

Hadi, Sopyan. (2018). Konsep Sabar dalam al-Quran. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora,Volume 1, Nomor 2, 2018, 473-488. https://doi.org/10.33753/madani.v1i2.25

Hadis, F.A. (1996). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Proyek Pendidikan Tenaga Guru Ditjen Dikti Depdikbud.

Hariyati, S. (2022). Komparasi antara Penguasaan Soal Cerita Matematika dan Membaca Instruksi Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 65–74. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.1

Herayanti, L. dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Volume 37, Nomor 2, Juni, 210-219.

Hidayat, H. Syarif. 2013. Teori dan Prinsip Pendidikan. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Katsir, Ibnu. (2007). Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 3. Cetakan V. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Krech, David; Crutchfield, Richard S.; Ballachey, Egerton L. (1982). Individual in Soceity: A Text Book of Social Psychology. International Edition Student. New Delhi: McGraw-Hill International Book Company.

Malik, Ranbir Singh & Hamied, FuadAbdul. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researches. Bandung: UPI Press.

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230.

Parnawi, Afi. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Deepublsih.

Pratiwi, Y., & Nugraheni, A, S. (2022). Problematika Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia di SD/MI. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (5), 1479-1490. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.8977.

Rahim, Farida. (2006). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Razak, Abdul. (2010). Penelitian Kependidikan: Deskripsi, Eksposisi, dan Argumentasi. Pekanbaru: Autografika.

Razak, Abdul. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Razak, Abdul. (2019). How to Teach Your Student to Read: Student Work Sheet in Elementary School. Pekanbaru: Ababil Press.

Saragih, A. Hasan. (2008). Kompetensi Minimal Seorang Guru dalam Mengajar. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, Volume 5, Nomor 1, Juni, 23-34.

Sharp, Shane. (2010). How Does Prayer Help Manage Emotions? Social Psychology Quarterly, Volume 73, Nomor 4, December 2010, 417-437.

Subandi. (2011). Sabar: Sebuah Konsep Psikologi. Jurnal Psikologi, Volume 38, Nomor 2, 215-227.

Susilo, Herwati; Chotimah, Husnul; & Sari, Yuyun Dewita. (2011). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Saranan Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Editor: Setiyono Wahyudi dkk. Malang: Baumedia Publishing.

Tafanao, Talizaro. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), Juli, 103-114.

Tarmizi. (2016). Kepribadian Guru dalam Dunia Pendidikan. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, Volume 6, Nomor 1, Januari 2016, 19-29.

Taufik. (2012). Empati: Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Umar. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), Januari-Juli, 131-144.

Wahidin, U. & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 47-65.

Walgito, B. (2011). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.

Yunismar. (2019). Keefektifan Strategi Menulis Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Mengarang Narasi.Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(6), 1255-1263. DOI : http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7887

Asraf, H. M. (2023). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru Kelas untuk Menyusun Paragraf Faktual sebagai Teknik Pembelajaran Terpadu . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2), 167–180. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.244

Khairul. (2022). Penyusunan Paragraf Berbasis Profetik melalui Teknik Pelatihan: Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru Bahasa Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 807–818. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.210

Suhardi. (2022). Supervisi Kepala Sekolah terhadap Guru Mata Pelajaran: Pengadaan Teks Naratif Topik Profetik Bermedia Jurnal Online. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 819–830. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.211

Downloads

Published

2023-05-01

How to Cite

Masnah. (2023). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru Kelas Tinggi untuk Mereproduksi Paragraf Topik IPA . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(3), 325–334. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.271

Issue

Section

Articles