Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Cerita Anak melalui Teknik Tes Kloz Menggunakan Pendekatan Individual

Authors

  • Naharuddin SD Negeri 003 Pulau Palas, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.272

Keywords:

keterampilan membaca, cerita anak, teknik kloz, pendekatan individual

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca cerita anak melalui teknik tes kloz menggunakan pndekatan inudividual. Penelitian ini berlangsung di kelas 5 SD Negeri 013 Pulau Palas, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Penelitian dilaksanakan di pertengahan semester genap tahun ajaran 2022/2023. Para siswa kelas 5 SD yang belum terampil membaca cerita anak sejumlah 13 dari 25 siswa merupakan subjek penelitian tindakan kelas ini. Instrumen penelitian ini: 1) media khusus yakni lembar teks kloz berisi 4 halaman kertas A4 ukuran huruf 12 times new roman 2 kolom; 2) RPP keterampilan membaca cerita anak melalui pendekatan individual menggunakan teknik tes kloz; 3) alat rekam yakni HP Android untuk mengumpulkan data kegiatan siswa dan guru dalam proses pembelajaran pelaksanaan tindakan untuk prosedur observasi per siklus penelitian tindakan kelas; 4) instrumen tes unjuk kerja yang berisi satu soal tentang membaca cerita anak. Data keterampilan membaca cerita anak bagi siswa kelas 5 dianalisis menggunakan statistik deskriptif yakni mean, median, dan modus sedangkan data proses pembelajaran dianalisis secara tematik. Sebanyak 10 siswa (dari 13 siswa) tuntas dalam pembelajaran di siklus-1 sedangkan untuk siklus 2 sebanyak 3 siswa (dari 3 siswa) tuntas pada KKM 70,00.

References

Aghni, Rizqi Ilyasa. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. 16, Nomor 1, Tahun 2018, 98-107.

Aisyah, Siti. (2020). Kepribadian Seorang Pendidikan terhadap Minat Belajar Matematika. Journal on Teacher Education, Volume 1, Nomor 2, 2020, 20-25.

Al-Jauziyah, Ibnu Al-Qayyim. (2007). Indahnya Sabar: Bekal Sabar Agar Tak Pernah Habis. Penerjemah: A.M. Halim. Editor: Linda Andriani. Jakarta: Maghfirah Utama

Al-Qaradhawi, Yusuf. (1996). Sabar dan Tawakkal. Penerjemah: Kathur Suhardi. Jakarta: Pustaka al-Kausar.

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Edi- tor: Asfiah Rahman. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asih, Gusti Yuli & Pratiwi, Margaretha Maria Shinta. (2010). Perilaku Prososial Ditinjau dari Empati dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi, Volume 1, Nomor, 1, Desember 2010, 33-42.

Asnan. (2022). Peningkatan Membaca Permulaan melalui Pendekatan Individual dan Teknik Menyalin Menggunakan Media Khusus. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 755–764. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.205

Awalia, I.; Pamungkas, A. S.; & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Jurnal KREANO, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534.

Bandur, A. (2014). Penelitian Kualitatif: Metodologi, Desain, dan Teknik Analisis Data dengan NVIVO10. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Elmustian dkk. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Pantun Berpendekatan Konstruktivisme. Laporan Penelitian. Pekanbaru: FKIP Universitas Riau.

Erlina; Andriyani, Sy. S; & Erlina. 2023. The Inventory of Lingga History-Based Folklore Enrichment Teaching Materials for High School Students. Discussant: Journal of Language and Literature Learning, 1(1), 47-60.

Fraenkel, Jack R.; Wallen, E. Norma; Hyun, Helen H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.

Fulcher, G. & Davidson, F. (2007). Language Testing and Assessment: An Advaced Resource Book. New York: Routledge Applied Linguistics.

Giyanto & Ghoni, A. (2020). Developing Virtual Smart Fraction Media based on Adobe Flash for Learning Fraction in Mathematics. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(6), 927-933. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v9i6.8003.

Hadi, Sopyan. (2018). Konsep Sabar dalam al-Quran. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora,Volume 1, Nomor 2, 2018, 473-488. https://doi.org/10.33753/madani.v1i2.25

Hadis, F.A. (1996). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Proyek Pendidikan Tenaga Guru Ditjen Dikti Depdikbud.

Herayanti, L. dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Volume 37, Nomor 2, Juni, 210-219.

Hidayat, H. Syarif. (2013). Teori dan Prinsip Pendidikan. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Maryani, I., & Yusparizan. (2023). Peningkatan Kemampuan Menyampaikan Pesan dalam Cerita Rakyat melalui Teknik Tugas Menyalin Berbasis LKPD Berpendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa can Sastra, 2(2), 181–190. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.249

Katsir, Ibnu. (2007). Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 3. Cetakan V. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Krech, David; Crutchfield, Richard S.; Ballachey, Egerton L. (1982). Individual in Soceity: A Text Book of Social Psychology. International Edition Student. New Delhi: McGraw-Hill International Book Company.

Malik, Ranbir Singh & Hamied, FuadAbdul. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researches. Bandung: UPI Press.

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230.

Parnawi, Afi. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Deepublsih.

Pratiwi, Y., & Nugraheni, A, S. (2022). Problematika Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia di SD/MI. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (5), 1479-1490. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.8977.

Razak, Abdul. (2010). Penelitian Kependidikan: Deskripsi, Eksposisi, dan Argumentasi. Pekanbaru: Autografika.

Razak, Abdul. (2014). Sengkang Kera: Kumpulan Cerita Rakyat Lingga. Ababil Press.

Razak, Abdul. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Razak, Abdul. (2018). Metode Riset: Menggapai Mixwd Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, Abdul. (2019). How to Teach Your Student to Read: Student Work Sheet in Elementary School. Pekanbaru: Ababil Press.

Saragih, A. Hasan. (2008). Kompetensi Minimal Seorang Guru dalam Mengajar. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, Volume 5, Nomor 1, Juni, 23-34.

Sharp, Shane. (2010). How Does Prayer Help Manage Emotions? Social Psychology Quarterly, Volume 73, Nomor 4, December 2010, 417-437.

Subandi. (2011). Sabar: Sebuah Konsep Psikologi. Jurnal Psikologi, Volume 38, Nomor 2, 215-227.

Sumiyadi & Durrachman, M. (2014). Sanggar Sastra: Pengalaman Artistik dan Estetik Sastra. Bandung: Alfabeta.

Susilo, Herwati; Chotimah, Husnul; & Sari, Yuyun Dewita. (2011). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Saranan Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Editor: Setiyono Wahyudi dkk. Malang: Baumedia Publishing.

Tafanao, Talizaro. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), Juli, 103-114.

Tarmizi. (2016). Kepribadian Guru dalam Dunia Pendidikan. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, Volume 6, Nomor 1, Januari 2016, 19-29.

Taufik. (2012). Empati: Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Umar. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), Januari-Juli, 131-144.

Wahidin, U. & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 47-65.

Walgito, B. (2011). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2023-05-01

How to Cite

Naharuddin. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Cerita Anak melalui Teknik Tes Kloz Menggunakan Pendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(3), 345–356. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.272

Issue

Section

Articles