Supervisi Pengawas Sekolah terhadap Kepala SD untuk Penyusunan Tes Objektif sebagai Teknik Pembelajaran Membaca Paragraf

Authors

  • Adamris Pengawas Madya, Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.273

Keywords:

supervisi pengawas sekolah, kepala SD, tes objektif, teknik pembelajaran, membaca paragraf

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) aspek yang harus dipersiapkan atau direncanakan guna pelaksanaan supervisi pengawas; 2) proses penyusunan tes pilihan ganda opsi relatif sebagai teknik pembelajaran keterampilan membaca paragraf sederhana melalui supervisi klinik pengawas sekolah; 3) profil tes keterampilan membaca sebagai teknik pembelajaran. Kegiatan supervisi klinik pengawas sekolah dipusatkan di SD Negeri 003 Tekulai Bugis, Kecamatan Tanah Merah, Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Kegiatan berlangsung di awal semester genap 2022/2023. Subjek penelitian tindakan sekolah adalah 12 kepala SD di Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Mereka merupakan sekolah binaan bagi pengawas sekolah. Instrumen penelitian adalah lembar kegiatan guru (LKG). Semua instrumen memenuhi syarat validitas isi. Kegiatan berlangsung selama 2 x 3 x 50 menit dalam rentang waktu 2 hari kerja. Analisis data dilakukan secara tematik untuk rumusan masalah pertama, rumusan masalah kedua, dan rumusan masalah ketiga. Hasil penelitian tindakan sekolah: 1) aspek yang harus dilakukan sebelum kegiatan dilakukan: (a) lembar kerja kepala sekolah, (b) kepala sekolah sebagai peserta supervisi, (c) tempat dan jadwal kegiatan, (d) slide reduksi LKG; (e) laptop dan infokus; 2) kegiatan pelatihan penyusunan tes pilihan ganda opsi relatif sebagai teknik pembelajaran keterampilan membaca paragraf sederhana melalui supervisi klinik pengawas menghasilkan tes pilihan ganda 8 opsi relatif sebanyak 2 unit perangkat yang secara keseluruhan berjumlah 12 item yang berkualitas baik.

 

References

Amril, A. (2022). Pengembangan Paragraf Profetik bagi Guru Kelas Tinggi: Supervisi Klinik Kepala Sekolah Berbasis Pelatihan. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(4), 511–522. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.117

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Edi- tor: Asfiah Rahman. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Cetakan III. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Elma. (2022). Bimbingan Penyusunan Tes Keterampilan Membaca sebagai Teknik Pembelajaran: Supervisi Klinik Pengawas Sekolah terhadap Guru SD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 747–754. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.204

Harjasujana, Ahmad S. & Damaianti, Vismaia S. (2013). Membaca dalam Teoridan Praktik. Bandung: Mutiara.

Karo-Karo, Isran R. & Rohani. (2018). Manfaat Media Pembelajaran. Jurnal Axiom, 7(1), Januari-Juni, 91- 96.

Khairul. (2022). Penyusunan Paragraf Berbasis Profetik melalui Teknik Pelatihan: Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru Bahasa Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 807–818. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.210

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 1, Nomor 2, 2013, 95-105.

Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal, Volume 4, Nomor 2, Juli, 87-97.

Ngubaidillah, A. & Kartadie, R. (2018). Pengaruh Media Visual Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, Volume 35, Nomor 2, 95-102.

Razak, A. (2013). Indahnya Bahasaku: Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Kelas 6 SD/MI. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A. (2015). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2019). How to Teach Your Student to Read: Student Work Sheet in Elementary School. Pekanbaru: Ababil Press.

Rospiati, R. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Manajemen Pembelajaran Guru SMP Negeri. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (2), 547-557. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8649.

Sardiman AM. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sinamo, Jansen H. (2003). Ethos21: Etos Kerja Profesional di Era Digital Global. Jakarta: Mahardika.

Slameto. (2016). Supervisi Pendidikan oleh Pengawas Sekolah. Jurnal Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 3, Nomor 2, 2016, 192-206.

Wahidin, U. & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 47-65.

Downloads

Published

2023-05-01

How to Cite

Adamris. (2023). Supervisi Pengawas Sekolah terhadap Kepala SD untuk Penyusunan Tes Objektif sebagai Teknik Pembelajaran Membaca Paragraf. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(3), 369–378. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.273

Issue

Section

Articles