Pencapaian Belajar Menulis Pantun Berbasis Teks Eksplanasi Bermedia LKPD

Authors

  • Mulyadi MTs Negeri 3 Kota Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
  • Darminton Mondolalo SMP Karuna Dipa Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.277

Keywords:

pencapaian hasil, menulis pantun, teks eksplanasi, media LKPD

Abstract

Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pencapaian belajar menulis pantun berbasis teks eksplanasi melalui media LKPD; 2) sama-tidaknya pencapaian belajar menulis pantun bebrbasis teks eksplanasi melalui media LKPD per kelompok sampel. Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 3 Kota pada pada pertengahan semester ganjil 2022/2023. Populasi penelitian adalah para siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Kota Palu. Mereka berjumlah 68 orang yang terbagi dari 21 siswa kelas VIII-A, 23 siswa kelas VIII-E, dan 24 siswa kelas VIII-F. Sampel ditetapkan sebanyak 59 siswa melalui formula yang dikembangkan Slavin. Jumlah ini terbagi dari 18 siswa kelas VIII-A, 20 siswa kelas VIII-E, dan 21 siswa kelas VIII-F yang ditarik secara random dari setiap kelompok populasi. Untuk mengumpulkan data pencapaian belajar menulis pantun melalui LKPD digunakan instrumen tes. Tes berbentuk tes unjuk kerja; memenuhi syarat validitas dan releabilitas. Penskoran pantun menggunakan indikator estetika yakni rima akhir, rima tengah dan rima awal dan indikator etika yakni ekspresi objektif yang termuat di dalam sampiran dan isi. Untuk menjawab rumusan masalah-1 digunakan prosedur statistik uji t satu sampel. Untuk menjawab rumusan masalah-2 digunakan prosedur statistik uji Anova searah. Hasil penelitian memperlihat bahwa:1) pencapaian belajar menulis pantun berbasis teks eksplanasi melalui media LKPD bagi siswa kelas VIII MTs Negeri Kota Palu berkategori tinggil 2) tidak terdapat perbedaan pencapaian belajar menulis pantun berbasis teks eksplanasi melalui media LKPD bagi siswa kelas VIII MTs Negeri Kota Palu per kelompok sampel.

References

Ajis, A., & Siahaan, R. Y. K. (2022). Pengetahuan dan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa SMA Negeri 1 Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Riau. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(3), 343–354. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.51

Andriyani, Sy. S. & Yuliana. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Pantun Tiga Seuntai melalui Two to Three Methods Berbasis LKPD. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 131–140. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.21.

Asy-Syinawi, Abdul A. (2013a). Biografi Imam Abu Hanifah: Kehidupan, Sikap, dan Pendapatnya. Penerjemah: Abdul Majid. Editor: Yasir Amri. Solo: Aqwam.

Asy-Syinawi, Abdul A. (2013b). Biografi Imam Ahmad: Kehidupan, Sikap, dan Pendapatnya. Penerjemah: Abdul Majid. Editor: Yasir Amri. Solo: Aqwam.

Dalman. (2014). Keterampilan Memabcas. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Gorsuch, G. & Etsuo, T. (2010). Developing Reading Fuency and Comprehension Using Repeated Reading: Evidence from Longitudinal Student Reports. Sage: Language Teaching Research, 14(1), 2010, 27-59.

Grabe, W. & Stoler, Fredricka L. (2013). Teaching and Researching Reading: Applied Linguistics in Action, Second Edition. Editors: Christopher N. Candlin and David R. Hall. New York: Routledge.

Haghani, N. & Bahmannejad, F. (2018). Reading Comprehension and Tolerance against Comprehension Ambiguities: An Empirical Study of Iranian GFL-Learners in Communicative Education. Journal of Education and Learning; Vol. 7, No. 1; 2018, hlm. 1-12.

Hatteberg, Sarah J. & Steffy, K. (2013). Increasing Reading Compliance of Undergraduates: An Evaluation of Compliance Methods. Teaching Sociology 41(4), hlm. 346 –352.

Herayanti, L. dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 36(2), Juni, 210-219.

Juita, R. (2022). Peningkatan Keterampilan Menemukan Amanat Pantun Agama Berpendekatan Tertulis melalui Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(4), 501–510. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.116

Karo-Karo, Isran R. & Rohani. (2018). Manfaat Media Pembelajaran. Jurnal Axiom, 7(1), Januari-Juni, 91- 96.

Mustikawati, T. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengubah Pantun menjadi Paragraf Menggunakan Teknik Model Bermedia LKPD Khusus. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(2), 189–202. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.27

Ngubaidillah, A.& Kartadie, R. (2018). Pengaruh Media Visual Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2), 95-102.

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230.

Nurmadiah. (2016). Media Pendidikan. Jurnal Al-Afkar Vol. 5(1), April 2016, 43-62.

Parrott, Heather M. & Cherry, E. (2017). Using Structured Reading Groups to Facilitate Deep Learning. Sage: Teaching Sociology, Volume 39, Nomor 4. 2017, 354-370.

Pratiwi, Y., & Nugraheni, A, S. (2022). Problematika Guru dalam Mengembang-kan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia di SD/MI. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (5), 1479-1490. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.8977.

Priatno, B., Padaameen, S., & Siregar, S. H. (2022). Penyediaan Teks Eksposisi Berbasis Profetik sebagai Bahan Ajar Pengayaan bagi Guru SMA/SMK/MA. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(4), 553–560. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.122

Rahim, F. (2005). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Razak, A. (2010). Penelitian Kependidikan: Deskripsi, Eksopisi, dan Argumentasi. Pekanbaru: Autografika.

Razak, A. (2004). Formula 247 Plus: Mendidik Anak Menjadi Pembaca yang Sukses. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2016). Teks Eksplanasi: Mediasi Akademik Pembelajaran di SMP/MTs. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Razak, A. (2021). How to Teach Your Student to Warite: Student Work Sheet in Junior High School. Pekanbaru: Ababil Press.

Setiawan, N. (2007). "Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya'. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.

Tampubolon, D.P. (1987). Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henri G. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Sani, Ridwan A. (2014). Sain Berbasis Alquran. Editor: Nur Laily Nusroh. Jakarta: Bumi Aksara.

Saryono. (2016). Konsep Fitrah dalam Perspektif Islam. Medina-Te, Jurnal Studi Islam Volume 14(2), Desember 2016, 161-174.

Sauri, S. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Alquran. Model-Model Pembelajaran Berbasis Nilai Islam. Bandung: Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia.

Umar. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), Januari-Juli, 131-144.

Wahidin, U. & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 47-65.

https://thexandria.com/unesco-tetapkan-pantun-sebagai-warisan-budaya-indonesia-dan-malaysia-cakeppppp/diakses pada 27/04/2023).

Downloads

Published

2023-05-05

How to Cite

Mulyadi, & Mondolalo, D. (2023). Pencapaian Belajar Menulis Pantun Berbasis Teks Eksplanasi Bermedia LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(3), 315–324. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.277

Issue

Section

Articles