Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru untuk Mereproduksi LKPD Terpadu

Authors

  • T. Fetty Aryani SMP Negeri 20 Batam, Kepulaua Riau, Indonesia
  • Abdul Razak Lembaga Riset Pendidikan Sosial dan Eksakta, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.283

Keywords:

supervisi klinik, kepala sekolah, guru, LKPD terapdu

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk mendeskripsikan produk supervisi klinik kepala sekolah terhadap guru: 1) kategori LKPD terpadu mata pelajaran Bahasa Indonesia dan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti; 2) kategori LKPD terpadu mata pelajaran Bahasa Indonesia dan mata pelajaran Matematika; 3) kategori LKPD terpadu mata pelajaran Bahasa Indonesia dan mata pelajaran IPA. Penelitian dilaksanakan di semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 di SMP Negeri 20 Batam. Supervisi klinik menerapkan metode workshop pola 4 jam yakni 2 x 2 x 50 menit. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah para guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, guru Bahasa Indonesia, dan guru Matematika SMP Negeri 10 Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Mereka berjumlah 12 guru yang terbagi dari 3 guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, 3 guru Bahasa Indonesia, dan 3 guru Matematika, serta 3 guru IPA. Instrumen utama penelitian deskriptif ini adalah kuesioner tentang LKG (lembar kegiatan guru). LKG ini berisi 2 bagian penting yakni: 1) contoh teks eksposisi yang bertopik matematika dan contoh teks eksposisi bertopik profetik yakni bagian dari KD dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti; 2) bidang kosong untuk setiap peserta berlatih menyusu teks eksposisi yang bertopik matematika, bertopik profetik, dan topik IPA. Data kategori dianalisis menggunakan prosedur mean level statistik deskriptif. Hasil penelitian tindakan sekolah: 1) kategori LKPD terpadu mata pelajaran Bahasa Indonesia dan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berkategori baik; 2) kategori LKPD terpadu mata pelajaran Bahasa Indonesia dan mata pelajaran Matematika berkategori baik; 3) kategori LKPD terpadu mata pelajaran Bahasa Indonesia dan mata pelajaran IPA berkategori baik.

References

Andriyani, Sy. S., & Razak, A. (2022). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru Bahasa Indonesia dan Guru Matematika untuk Mereproduksi Teks Prosedur. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 595–606. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.253

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Edi- tor: Asfiah Rahman. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bandur, A. (2014). Penelitian Kualitatif: Metodologi, Desain, dan Teknik Analisis Data dengan NVIVO10. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Bastian. (2022). Supervisi Klinik Kepala Sekolah kepada Guru untuk Menyusun LKPD Berbasis Mediasi Guru Bahasa Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(2), 243–252. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.32

Creswell, John W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Cetakan IV. Penerjemah: Ahmad Fawaid. Editor: Saifudin Zuhri Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fraenkel, Jack R.; Wallen, E. Norma; Hyun, Helen H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.

Fulcher, G. & Davidson, F. (2007). Language Testing and Assessment: An Advaced Resource Book. New York: Routledge Applied Linguistics.

Haekal, Muhammad H. (1986). Sejarah Hidup Muhammad. Penerjemah: Ali Audah. Jakarta: Litera Antar Nusa.

Khairul. (2022). Penyusunan Paragraf Berbasis Profetik melalui Teknik Pelatihan: Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru Bahasa Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 807–818. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.210

Malik, Ranbir Singh & Hamied, Fuad Abdul. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researches. Bandung: UPI Press.

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 1, Nomor 2, 2013, 95-105.

Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2015b). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Razak, A. (2017). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2020). How to Teach Your Student to Read: Student Work Sheet in Senior High School. Pekanbaru: Ababil Press.

Suhardi. (2022). Supervisi Kepala Sekolah terhadap Guru Mata Pelajaran: Pengadaan Teks Naratif Topik Profetik Bermedia Jurnal Online. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 819–830. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.211

Umar. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), Januari-Juli, 131-144.

Wahidin, U. & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 47-65.

Downloads

Published

2023-05-01

How to Cite

Aryani, T. F., & Razak, A. . (2023). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru untuk Mereproduksi LKPD Terpadu. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(3), 335–344. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.283

Issue

Section

Articles