Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru Kelas Tinggi guna Mereproduksi Paragraf Model untuk Bahan Ajar Terpadu

Authors

  • Tengku Mustikawati SD Negeri 23 Pontianak Barat, Kalimatan Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.284

Keywords:

supervisi klinik, kepala sekolah, guru kelas tinggi, paragraf model, bahan ajar terpadu

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk mendeskripsikan kategori nilai paragraf model untuk bahan ajar terpadu fokus Bahasa Indonesia dengan mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Matematika, IPA, dan IPS untuk kelas 6 SD/MI. Kegiatan ini berbasis supervisi klinik kepala sekolah terhadap guru kelas 6 dengan sistem workshop. Penelitian berlangsung di awal semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 di SD Negeri 23 Pontianak Barat, Kalimantan Barat. Subjek penelitian adalah 3 guru kelas 6 dan 4 orang guru kelas 4 dan 5 SD Negeri 23 Pontianak Barat. Instrumen penelitian tindakan sekolah ini adalah LKG (lembar kegiatan guru) yang berisi pedoman dan sekaligus contoh reproduksi paragraf model untuk bahan ajar terpadu. Selain LKG, penelitian tindakan sekolah ini juga menggunakan instrumen dokumentasi yakni buku BSE tematik terpadu kelas 6 dan artikel ilmiah jurnal online yang relevan. Setiap paragraf model untuk bahan ajar terpadu dinilai dengan sistem progresif sampai dengan menghasilkan paragraf model untuk bahan ajar terpadu memenuhi syarat validitas isi. Penelitian tindakan sekolah ini menghasilkan paragraf model untuk bahan ajar terpadu yang memenuhi syarat validitas isi sehingga berkelayakan baik, yakni: 1) paragraf model untuk bahan ajar terpadu fokus Bahasa Indonesia terhadap mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk kelas 6 SD/MI; 2) paragraf model untuk bahan ajar terpadu fokus Bahasa Indonesia terhadap mata pelajaran Matematika untuk kelas 6 SD/MI; 3) paragraf model untuk bahan ajar terpadu fokus Bahasa Indonesia terhadap mata pelajaran IPA untuk kelas 6 SD/MI; 4) paragraf model untuk bahan ajar terpadu fokus Bahasa Indonesia terhadap mata pelajaran IPS untuk kelas 6 SD/MI.

References

Anggari, Angi St. dkk. (2018). Selamatkan Makhluk Hidup: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas VI., Tema-1. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.

Anggari, Angi St. dkk. (2018). Persatuan dalam Perbedaan: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas VI., Tema-1. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.

Anggari, Angi St. dkk. (2018). STokoh dan Penemuan: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas VI., Tema-1. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.

Anggari, Angi St. dkk. (2018). Globalisasi: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas VI., Tema-1. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.

Anggari, Angi St. dkk. (2018). Wirausaha: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas VI., Tema-1. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.

Anggari, Angi St. dkk. (2018). Menuju Masyarakat Sejahtera: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas VI., Tema-1. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.

Anggari, Angi St. dkk. (2018). Kepemimpinan: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas VI., Tema-1. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.

Anggari, Angi St. dkk. (2018). Bumiku: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas VI., Tema-1. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.

Anggari, Angi St. dkk. (2018). Menjelajah Angkasa Luar: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas VI., Tema-1. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Edi- tor: Asfiah Rahman. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dick, W. dkk. (2009). The Systematic Design of Instruction. Seventh Edition. New Jersey, USA: Pearson.

Erlina. (2022). Supervisi Kepala Sekolah terhadap Guru Mata Pelajaran untuk Menyusun Teks Sequensial sebagai Bahan Ajar Membaca . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(6), 841–852. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i1.214

Fredette, N. & Lafleur, C. (2006). Visual Ilmu Pengetahuan Populer untuk Pelajar dan Umum: Memahami Alam Semesta. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Karo-Karo, Isran R. & Rohani. (2018). Manfaat Media Pembelajaran. Jurnal Axiom, 7(1), Januari-Juni, 91- 96.

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 1, Nomor 2, 2013, 95-105.

Mustikawati, T. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengubah Pantun menjadi Paragraf Menggunakan Teknik Model Bermedia LKPD Khusus. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(2), 189–202. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.27

Razak, Abdul. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Razak, Abdul. (2017). Metode Riset: Menggaai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Autografika.

Razak, Abdul. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.

Sa’adah. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Paragraf Berbasis Matematika melalui Teknik Tes Pilihan Ganda Menggunakan Media Alternatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2), 213–222. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.248

Sabiq, S.(2008_. Fikih Sunnah. Jilid 1. Penerjemah: Ahmad Shiddiq Thabrani, Abdul Amin, Fatuhal Arifin, dan Moh. Abidun. Editor: Lukman Hamin, Dadi M. Hasan Basri, dan Taufik Damas. Jakarta: Pena Pundi Aksara.

Supriadi, H. (2022). Penyusunan Teks Kloz sebagai Teknik Pembelajaran Terpadu: Supervisi Kepala Sekolah terhadap Guru Kelas Tinggi. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(6), 853–864. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i1.216

http://indonesia.distanceworld.com/distance/33003778-33007572

https://blogsingkawang.blogspot.com/2015/09/jarak-kota-singkawang-lengkap.html

Downloads

Published

2023-05-01

How to Cite

Mustikawati, T. (2023). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru Kelas Tinggi guna Mereproduksi Paragraf Model untuk Bahan Ajar Terpadu. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(3), 357–368. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.284

Issue

Section

Articles