Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI MAN 1 Pesisir Selatan

Authors

  • Fitri Indra Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Sumatera Barat, Sumatera Barat, Indonesia
  • Indriani Nisja Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Sumatera Barat, Sumatera Barat, Indonesia
  • Asri Wahyuni Sari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonsia, Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.300

Keywords:

model discovery learning, keterampilan menulis, teks prosedur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan” 1) keterampilan menulis teks prosedur tanpa menggunakan model pembelajaran discovery learning siswa kelas XI MAN 1 Pesisir Selatan; 2) keterampilan menulis teks prosedur menggunakan model pembelajaran discovery learning siswa kelas XI MAN 1 Pesisir Selatan; 3) pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI MAN 1 Pesisir Selatan. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Pesisir Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI.1 dan XI.2 MAN 1 Pesisir Selatan; masingmasing berjumlah 28 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks prosedur tanpa dan dengan menggunakan model discovery learning yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif yakni mean dan persen melalui tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian: 1) keterampilan menulis teks prosedur tanpa menggunakan discovery learning siswa kelas MAN 1 Pesisir Selatan memperoleh nilai rata-rata 69,44 yaitu berada pada tingkat penguasaan 66-75% pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC); 2) keterampilan menulis teks prosedur dengan menggunakan discovery learning siswa kelas MAN 1 Pesisir Selatan memperoleh nilai rata-rata 77,49 yaitu berada pada tingkat penguasaan 76-85% pada kualifikasi Baik (B); 3) terdapat pengaruh menggunakan discovery learning terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI MAN 1 Pesisir Selatan.

 

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bandur, A. (2014). Penelitian Kualitatif: Metodologi, Desain, dan Teknik Analisis Data dengan NVIVO10. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Creswell, John W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Cetakan IV. Penerjemah: Ahmad Fawaid. Editor: Saifudin Zuhri Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo.

Darmawan, M. dkk. (2018). Kiat Percepatan Kinerja UMKM dengan Modal Strategi Orientasi Berbasis Lingkungan. Yogyakarta: Deepublish.

Fraenkel, Jack R.; Wallen, E. Norman; Hyun, Helen H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill

Guilford, J.P. & Fruchter, B.(1986). Fundamental Statistics in Psychology and Education. Sixth Edition. Singapore: McGraw-Hill International Book Company.

Kosasih, E & Kurniawan, E. (2019). Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo.

Malik, Ranbir Singh & Hamied, Fuad Abdul. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researches. Bandung: UPI Press.

Priyatni, Endah Tri. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta : Cahaya Prima Sentosa.

Razak, A. (2017). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2018). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Razak, A. (2019). How to Teach Your Student to Read: Student Work Sheet in Junio High School. Pekanbaru: Ababil Press.

St. Y. Slamet. (2008). Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: UNS Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry G. (2008). Menulis Sebagai Sesuatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Downloads

Published

2023-05-15

How to Cite

Indra, F., Nisja, I., & Sari, A. W. (2023). Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI MAN 1 Pesisir Selatan. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(3), 401–410. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.300

Issue

Section

Articles