LKPD Berisi Teknik Tes Opsi Pilihan Ganda dalam Pembelajaran Terpadu Fokus Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.571Keywords:
LKPD pembelaajran terpadu, fokus bahasa Indonesia, tugas, teknik tes, pilihan ganda, opsi absolutAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) paragraf faktual dalam LKPD terpadu untuk kelas fase C; 2) profil LKPD terpadu menggunakan teknik tes opsi pilihan ganda dalam pembelajaran terpadu fokus Bahasa Indonesia untuk kelas fase C. Penelitian dilaksanakan di semester genap tahun pelajaran 2023/2024 di SD Inpres 1 Tondo, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang, Banten. Sampel untuk mengukur keterbacaan paragraf berjumlah 15 siswa fase C. Instrumen penelitian terdiri atas pedoman observasi, tes kloz daftar cek-ricek, dan kuesioner. Pedoman observasi dipakai untuk memperoleh data paragraf faktual dari berbagai sumber elektronik. Instrumen tes berjenis tes kloz digunakan untuk menentukan keterbacaan paragraf faktual yang dihasilkan. Daftar cek-ricek digunakan untuk memvalidasi data paragraf faktual. Kuesioner-1 dipakai untuk memvalidasi data paragraf. Kuesioner-2 dipakai untuk memvalidasi data tes opsi pilihan ganda sebagai teknik pembelajaran terpadu berfokus Bahasa Indonesia. Data paragraf dianalisis secara rasional-deskriptif melalui teknik triangulasi waktu. Data tes kloz dinalisis menggunakan statistik deskriptif yakni prosedur mean dalam bentuk skor baku persen. Data yang bersumber dari kuesioner dianalisis menggunakan sistem validasi progresif melalui skala nilai 1-4. Hasil penelitian adalah: 1) tersedia 10 paragraf faktual yang saling lepas untuk bahan ajar terpadu untuk siswa fase C yang berketerbacaan sedang (masingmasing 2 paragraf bertema IPA, bertema IPS, bertema PPKn, bertema matematika, dan bertema seni budaya); 2) tersedia bahan ajar menggunakan teknik tes opsi pilihan ganda untuk pembelajaran terpadu fokus Bahasa Indonesia untuk siswa fase C (masingmasing 2 paragraf bertema IPA, bertema IPS, bertema PPKn, bertema matematika, bertema seni budaya, dan bertema PAI dan Budi Pekerti)
References
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Editor: Jakarta: Raja Renika Cipta.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Balaka, M. Y. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Editor: Iskandar Akhmaddien. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Budiadji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Responden Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Ilmu Perikanan. Volume 2, No. 2, 2013, 127-133.
Fraenkel, Jack R.; Wallen, E. N.; Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Re- search in Education. New York: McGraw- Hill.
Hatch, E. & Farhady, H. (1982). Reseacrh Design and Statistics. Rowley, Massachusetts, USA: Newbury House Publishers.
Malik, R. S. & Hamied, F. A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.
Mustikawati, T. (2023). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru Kelas Tinggi guna Mereproduksi Paragraf Model untuk Bahan Ajar Terpadu. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 357–368. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.284
Nurhadi & Rahmawati, H. F. (2009). Mengenal Lingkungan Sekitar: Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Kelas 6 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Editor: Ika Armasari & Ika Armasari Yogie Nugraha Aryasetia. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Onwuegbuzie, A. J. & Teddlie, C. (2010). 'Kerangka Analisis Dalam Penelitian Metode Campuran. Handbooks Mixed Methods in Social and Behaveor Research. Editor: Abbas Tashakori dan Charles Teddlie. Penerjemah: Daryanto. Editor: Saifudin Zuhrin Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto, N. (2008). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Razak, A. (2013). Indahnya Bahasaku: Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Kelas 6 SD/MI. Pekanbaru: UR Press.
Razak, A. (2017). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil.
Razak, A. (2018). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.
Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivime dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.
Razak, A. (2021). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Salsabila, Asya Th. & Elmustian. (2023). Grup Kompang Bukit Batu: Apresiasi Seni Budaya dalam Perspektif Integrasi Religius.Gaung: Jurnal Ragam Budaya Gemilang, Volume 1, Nomor 2, Mei 2023, 131-140. DOI: https://doi.org/10.55909/php/gj.v1i2.16
Subekti, A. at al. (2018). Menuju Masyarakat Sejahtera. Penyelia: Kokom Komalasari at al. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sukarni. (2023). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru untuk Mereproduksi Paragraf Terpadu Fokus Bahasa Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(4), 421–432. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.312
Sriyono dkk. (2010). Ilmu Pengetahuan Alam 6: Untuk SD/MI Kelas 6. Editor: Samino. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Tulzahra, F., & Elmustian. (2023). Unsur Kesenian dan Nilai Pendidikan dalam Randai Grup Sanggar Mambang Kayo Pekanbaru. Gaung: Jurnal Ragam Budaya Gemilang, Volume 1, Nomor 3, September 2023, 161-170. DOI: https://doi.org/10.55909/gj.v1i3.20
Zauha, J. & Ragains, P. (2011). Teaching Matters: Is There a Text in This Class? E-readers, E-books, and Information Literacy. Communications in Information Literacy, 5 (2), 68-73.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Harianto, Anita Wulandari, Nislaini, Ramlawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.