Antonim Bahasa Melayu Kepulauan Riau dan Perencanaan Pembelajaran Terpadu Fokus Bahasa Indonesia melalui Teknik Tugas Menyalin
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.574Keywords:
antonim, bahasa Melayu Kepulauan Riau, perencanaan pembelajaran terpadu, fokus bahasa Indonesia, tugasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) antonim bahasa Melayu Kepulauan Riau; 2) perencanaan pembelajaran antonim bahasa Melayu Kepulauan Riau fokus Bahasa Indonesia melalui teknik tugas menyalin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk memperoleh sekumpulan antonim bahasa Melayu Kepulauan Riau secara objektif. Penelitian berlangsung di semester ganjil 2023/2024. Instrumen utama penelitian ini adalah pedoman observasi untuk mengumpulkan data 12 antonim kosa kata bahasa Melayu Kepulauan Riau. Instrumen lainnya adalah daftar cek-ricek dan kuesioner. Daftar cek-ricek melalui triangulasi waktu digunakan untuk memvalidasi setiap data antonim yang dikumpulkan dan yang dianalisis dan memvalidasi data perencanaan pembelajaran yang menggunakan teknik tugas menyalin dalam LKPD terbatas. Kuesioner digunakan untuk memvalidasi data antonim dan data perencanaan pembelajaran antonim melalui LKPD terbatas yang menggunakan teknik tugas menyalin melalui sistem progresif pada nilai skala 1-4. Hasil penelitian: 1) adanya 12 antonim bahasa Melayu Kepulauan Riau; 2) hadirnya kegiatan belajar-mengajar dalam RPP antonim bahasa Melayu Kepulauan Riau fokus Bahasa Indonesia melalui teknik tugas menyalin dalam LKPD terbatas.
References
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bandur, A. (2014). Penelitian Kualitatif: Metodologi, Desain, dan Teknik Analisis Data dengan NVIVO10. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Budiadji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Responden Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Ilmu Perikanan. Volume 2, No. 2, 2013, 127-133.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Penerjemah: Ahmad Fawaid. Editor: Saifudin Zuhri Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hermandra, Nisa, A. C., Aisyah, R. A., & Kartika, W. (2024). Makna Konseptual Lirik Lagu Tiara Andini dan Prospek sebagai Materi Alternatif Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.550
Masduki. (2023) Relasi Makna (Sinonimi, Antonimi, dan Hiponimi) dan Seluk Beluknya. Prosodi: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, Volume 7, Nomor 1, 1-13.
Pringga, R., & Sujatmiko, B. (2021). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 317-329. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/37489
Purba, A. (2008). Keantoniman: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan. Volume 5, Nomor 1, 150-160, DOI : 10.26499/mm.v5i1.801
Putra, Z., & Sujatmiko, B. (2021). Studi Literatur Pengaruh Pembelajaran Berbasis Andorid untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ssiwa SMK. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 489-496. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/38146
Rahman, E.& Jalil, A. (2004). Teori Sastra. Pekanbaru: Labor Bahasa, Sastra, dan Jurnalistik, Universitas Riau
Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, A. (2022). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Sulastri, S. (2020). Relasi Makna Antonim Verba Bahasa Dayak Kanayan Kalimantan Barat.Medan Makna: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan. Volume 18, Nomor 2, DEsmeber, 150-160, DOI : 10.26499/mm.v18i2.2317
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahada Wahyusari, Legi Elfitri, Juriati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.