Reproduksi Paragraf Prosedur Tema Matematika Fase C sebagai Materi Pembelajaran Keterampilan Membaca

Authors

  • Samsul Hadi SMK Negeri 3 Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Septi Suci Lestari SMK Negeri 3 Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Inu Adhytia Auzar SMK Negeri 3 Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Gurmarni SMK Negeri 3 Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Sudarmono SD Negeri 006 TPI Kota, Kepulauan Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.575

Keywords:

reproduksi, paragraf prosedur, tema matematika fase C, materi pembelajaran, keterampilan membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan reproduksi paragraf prosedur tema matematika fase C sebagai materi pembelajaran keterampilan membaca. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 006 TPI Kota, Tanjungpinang Kota, Kepulauan Riau pada awal semester genap 2023/2024. Populasi adalah para siswa kelas 5 yang mengikuti tes kloz untuk menghasilkan data keterbacaan teks prosedur tema matematika fase C. Mereka berjumlah 22 siswa. Sampel ditetapkan sebanyak 21 siswa yang dipilih secara random tanpa pengembalian. Instrumen penelitian adalah tes kloz dan daftar cek-ricek. Data teks prosedur dianalisis secara tematik yakni analisis menurut perspektif stuktur teks prosedur dan menurut perspektif bahasa. Data keterbacaan teks prosedur dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif. Hasil penelitian: 1) adanya reproduksi 3 paragraf prosedur subtema prosedur perkalian cepat bilangan kuadrat; 2) adanya reproduksi 3 paragraf prosedur subtema prosedur perkalian cepat bilangan satu angka dengan 9; 3) adanya reproduksi 3 paragraf prosedur subtema prosedur perkalian cepat bilangan dua angka dengan 99; 4) adanya reproduksi 3 paragraf prosedur subtema prosedur perkalian cepat bilangan puluhan dengan angka 11. 

References

Andriyani, S. S., & Razak, A. (2022). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru Bahasa Indonesia dan Guru Matematika untuk Mereproduksi Teks Prosedur . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 595–606. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.253

Bandur, A. (2014). Penelitian Kualitatif: Metodologi, Desain, dan Teknik Analisis Data dengan NVIVO10. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Penerjemah: Ahmad Fawaid. Editor: Saifudin Zuhri Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mondolalo, D., & Mulyadi. (2023). Keterampilan Menulis Struktur Deskripsi Umum Teks Deskripsi dalam Pembelajaran Menggunakan Teknik Tugas Menyalin Pendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 693–700. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.530

Pasmawati. (2023). Keampuhan Bahasa melalui Teknik Tugas Menyalin dalam LKPD Sederhana terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(6), 729–742. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.543

Pringga, R., & Sujatmiko, B. (2021). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 317-329. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/37489

Putra, Z., & Sujatmiko, B. (2021). Studi Literatur Pengaruh Pembelajaran Berbasis Andorid untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ssiwa SMK. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 489-496. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/38146

Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2022). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Setiawan, N. (2007). "Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya'. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.

Yanti, R., & Harti, S. (2022). Hubungan antara Keterampilan Membaca Teks Laporan Hasil Observasi dan Keterampilan Membaca Teks Prosedur. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(5), 661–668. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.149

Zazuli, M. Z., Auzar, & Faizah, H. (2023). The Student Assessment of the Use of Online Journal-Based Google Form Media in Learning to Write Procedure Texts. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(2), 85–98. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i2.10

https://www.youtube.com/watch?v=fsN44kBQQ3o&t=12s

https://www.youtube.com/watch?v=hAUev68rTxY

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Hadi, S., Lestari, S. S., Auzar, I. A. ., Gurmarni, & Sudarmono. (2024). Reproduksi Paragraf Prosedur Tema Matematika Fase C sebagai Materi Pembelajaran Keterampilan Membaca . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(2), 251–260. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.575

Issue

Section

Articles