Tema Utama Cerpen Profetik menurut Respon Mahasiswa Baru

Authors

  • Elmustian Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau, Riau, Indonesia
  • Oki Rasdana Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau, Indonesia
  • Adib Alfalah Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Uniersitas Riau, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.576

Keywords:

tema utama, cerpen profetik, respon mahasiswa baru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) tema utama cerpen profetik ‘Sebelah Apel’ menurut respon mahasiswa baru; 2) tema utama cerpen profetik ‘Juraij’ menurut respon mahasiswa baru. Penelitian dilaksanakan di awal semester ganjil 2023/2024 yang bertempat di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau. Populasi penelitian adalah para mahasiswa baru yang melakukan submit di google form. Mereka berjumlah 87 mahasiswa yang terbagi dari 3 kelas yakni kelas 2023A, kelas 2023B, dan kelas 2023C. Sampel ditetapkan sebanyak 72 mahasiswa yang dipilih secara random dari setiap kelompok populasi. Untuk mengumpulkan data tema utama cerpen profetik ‘Sebelah Apel’ menurut respon mahasiswa baru digunakan kuesioner versi google form dalam bentuk kuesioner tertutup 5 opsi. Opsi yang dimaksud: 1) ikhlas menerima setiap keputusan; 2) menerima menantu atas dasar ketaqwaan; 3) tidak malu mengaku salah saat sadar berbuat salah; 4) patuh kepada perintah agama melalui orang tua yang taat; 5) pekerja yang sangat amanah dalam melaksanakan pekerjaan. Opsi tema utama untuk ‘Juraij’: 1) dendam membuat seseorang berupaya untuk membalasnya; 2) perkataan orang tua selalu makbul; 3) pemuda taat menjalankan ibadah; 4) kesaksian memukau dapat menyelamatkan seseorang dari tuduh keji; 5) penggembala yang mudah tergoda. Untuk memvalidasi data dan hasil analisis data digunakan daftar cek-ricek dengan sistem triangulasi waktu. Data tema utama cerpen profetik ‘Sebelah Apel’ menurut respon mahasiswa baru dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif yang prinsip yakni modus dan persen. Hasil penelitian: 1) tema utama cerpen profetik ‘Sebelah Apel’ menurut respon mahasiswa baru adalah patuh kepada perintah agama melalui perintah orang tua; 2) tema utama cerpen profetik ‘Juraij’ menurut respon mahasiswa baru adalah kesaksian memukau dapat menyelamatkan seseorang dari tuduhan keji. 

References

Asy-Syinawi, A. A. (2013). Biografi Imam Abu Hanifah: Kehidupan, Sikap, dan Pendapatnya. Penerjemah: Abdul Majid. Editor: Yasir Amri. Solo: Aqwam.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas: Interpretasi dan Komputasi. Yogyakarta: Liberty.

Bandur, A. (2014). Penelitian Kualitatif: Metodologi, Desain, dan Teknik Analisis Data dengan NVIVO10. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Responden Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, Vol. 2, No. 2, Desember 2013, 127-133.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Penerjemah: Ahmad Fawaid. Editor: Saifudin Zuhri Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daeng, S., Hairuddin, Raharjo, S., Jauharsah, & Prasetyo, G. (2023). Prosedur Pengadaan Teks Kloz Versi Cerpen Profetik sebagai Media Pembelajaran Membaca Pemahaman . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(5), 597–612. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.459

Harahap, A. Z., & Nugroho, R. A. (2022). Amanat Utama Cerpen Faktual Profetik ‘Sengketa Bayi’ menurut Respon Siswa Kelas X dan XI . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(3), 321–332. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.49

Juriati, & Fitrianingrum, E. (2022). Pesan Utama Cerpen Profetik menurut Interpretasi Siswa SMA Negeri 2 Senayang, Kabupaten Lingga. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(5), 585–594. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.142

Pringga, R., & Sujatmiko, B. (2021). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 317-329. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/37489

Putra, Z., & Sujatmiko, B. (2021). Studi Literatur Pengaruh Pembelajaran Berbasis Andorid untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ssiwa SMK. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 489-496. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/38146

Rahman, E.& Jalil, A. (2004). Teori Sastra. Pekanbaru: Labor Bahasa, Sastra, dan Jurnalistik, Universitas Riau

Razak, A. (2018). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A. (2023). Teks Eksplanasi: Mediasi Akademik Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP/MTs. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2022). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Sari, T. H. (2023). Nilai Humor Teks Anekdot ‘Anak Anjing’ menurut Penilaian Siswa Kelas X. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(5), 675–682. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.533

Sumiyadi & Durrachman, M. (2014). Sanggar Sastra: Pengalaman Artistik dan Estetik. Sastra. Bandung: Alfabeta.

Wahab, M. B. H. A. (2013). 99 Kisah Orang Shahih. Penerjemah: Munawarah Hanan. Jakarta: Darul Haq.

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Elmustian, Rasdana, O., & Alfalah, A. (2024). Tema Utama Cerpen Profetik menurut Respon Mahasiswa Baru . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(2), 203–212. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.576

Issue

Section

Articles