Keterampilan Menemukan Isi Paragraf Faktual dalam Pembelajaran Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik

Authors

  • Sariwati SD Negeri Kotalama 1, Jawa Timur, Indonesia
  • Fitria Machmudah SD Negeri Kotalama 1, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.580

Keywords:

isi paragraf faktual, teknik tes pilihan ganda, opsi unik

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) isi RPP keterampilan menemukan isi paragraf faktual mencakup: (a) indikator membaca paragraf faktual; (b) kegiatan belajar-mengajar menggunakan teknik tes pilihan ganda opsi unik; (c) seperangkat tes keterampilan menemukan ide pokok paragraf faktual berbentuk pilihan ganda 4 opsi; 2) keterampilan menemukan isi paragraf faktual menggunakan teknik tes pilihan ganda opsi unik. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Kotalama 1 pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 5 yang mengikuti pembelajaran keterampilan menemukan ide pokok paragraf faktual menggunakan teknik tes pilihan ganda opsi unik yang berjumlah 29 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 27 siswa. Data keterampilan menemukan isi paragraf faktual menggunakan teknik tes pilihan ganda opsi unik dikumpulkan menggunakan instrumen tes tertulis berbentuk pilihan ganda 4 opsi yang disusun secara objektif dan sistematis. Instrumen kuesioner digunakan untuk memvalidasi RPP. Analisis data dilakukan secara statistik deskriptif yakni konsep mean persen. Hasil penelitian: 1) hadirnya RPP yang berisi materi keterampilan menemukan isi paragraf faktual mencakup: (a) 12 indikator membaca paragraf faktual; (b) kegiatan belajar-mengajar menggunakan teknik tes pilihan ganda opsi unik berjumlah 21 jenis kegiatan; (c) seperangkat tes keterampilan menemukan ide pokok paragraf faktual berbentuk pilihan ganda 4 opsi berjumlah 8 item. 

References

Debataraja, M. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Gagasan Paragraf melalui Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin Pemaknaan Leksikal. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 391-400. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.285

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.

Horowitz-Kraus, T. & Finucane, S. (2016). Separating the Different Domains of Reading Intervention Programs: A Review. SAGE Open, April-June 2016, 1-26.

Katan, L. & Baarts, C. A. (2018). Inquiry-Based Reading Towards a Conception of Reading as a Research Method. Arts and Humanities in Higher Education, 0(0), 2018, 1–18.

Kusmiati, A., & Mariah, E. S. (2024). Keterampilan Menemukan Ide Pokok Teks Laporan dalam Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme melalui Teknik Scaffolding. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(1), 117–128. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.567

Lindrawati. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Eksplanasi melalui Teknik Tes Opsi Unik dalam Satuan LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(2), 161–172. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.24

Malik, R.S. & Hamied, F.A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.

Muhyi, M., Hartono, H., Budiyono, S. C., Satianingsih, R., Sumardi, S., Rifai, I., Zaman, A. Q., & Fitriaten, S. R. (2018). Metodologi Penelitian. Editor: Liknin Nugraheni. Surabaya: Adi Buana University Press.

Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, A. (2022a). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, A. (2022b). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A. (2023). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Setiawan, N. (2007). "Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya'. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.

Suharjo, B. (2013). Statistika Terapan: Disertai Contoh Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wahyuningsih, U. & Andriani, F. (2022). Keterampilan Menemukan Kalimat dan Gagasan Teks Deskripsi Siswa Kelas VIII dan IX Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(4), 431–440. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.59

Yamin, M., & Faridah, F. (2023). Peningkatan Keterampilan Menemukan Pokok Pikiran Paragraf Profetik melalui Pendekatan Konstruktivisme Menggunakan LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2), 203–212. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.251

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Sariwati, & Machmudah, F. . (2024). Keterampilan Menemukan Isi Paragraf Faktual dalam Pembelajaran Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(2), 261–270. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.580

Issue

Section

Articles