Reviu Pengetahuan Karya Ilmiah Menggunakan Google Form Opsi File Upload
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.581Keywords:
pembelajaran, artikel ilmiah, onlineAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) RPP yang berisi aspek indikator keterampilan membaca teks cerpen profetik bagi siswa kelas 5, kegiatan belajar-mengajar keterampilan membaca teks cerpen profetik menggunakan teknik tes pilihan ganda opsi unik, dan tes keterampilan membaca teks cerpen profetik bentuk pilihan ganda 4 opsi; 2) hasil belajar keterampilan membaca teks cerpen profetik. Penelitian dilakukan di kelas 5 SDS Muhammadiyah 2 Jakarta; berlangsung pada awal semester genap 2023/2024. Populasi berjumlah 19 siswa yang mengikuti kegiatan belajar keterampilan membaca teks cerpen profetik menggunakan teknik tes pilihan ganda opsi unik. Sampel ditetapkan sebanyak 18 siswa yang dipilih secara random tanpa pengembalian. Untuk pedoman pembelajaran digunakan RPP yang berisi aspek: 1) indikator keterampilan membaca teks cerpen profetik bagi siswa kelas 5; 2) kegiatan belajar-mengajar keterampilan membaca teks cerpen profetik menggunakan teknik tes pilihan ganda opsi unik; 3) tes keterampilan membaca teks cerpen profetik bentuk pilihan ganda 4 opsi. Instrumen tes disusun mengikuti spesifikasi tes sehingga syarat validitas terpenuhi. Data memntah hasil tes diolah dengan cara memberi skor 1 untuk setiap jawaban benar, tetapi skor 0 untuk jawaban salah. Data mentah dianalisis menggunakan statistik deskriptif yakni prinsip mean, persen, dan simpangan baku. Hasil penelitian: 1) RPP berisi 10 indikator tersurat dan tersirat, 17 jenis kegiatan belajar-mengajar keterampilan membaca teks cerpen profetik menggunakan teknik tes pilihan ganda opsi unik, dan seperangkat tes keterampilan membaca teks cerpen profetik bentuk pilihan ganda 4 opsi berjumlah 10 soal; 2) hasil belajar keterampilan membaca teks cerpen profetik termasuk dalam kategori tinggi.
References
Afidah, Nuri Nurvianti & Liswati, Khoirotun Nisa. 2022. Prates Keterampilan Membaca Temuan Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa Baru Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 573–584. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.138
Aryani, T. F., & Razak, A. (2023). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru untuk Mereproduksi LKPD Terpadu. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(3), 335–344. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.283
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Badariah, S., & Yuliana, N. L. (2023). Teks Naratif Favorit Pilihan Siswa SMK Islam PB Soedirman 1 Jakarta via Instrumen Google Form . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(1), 125–132. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i1.232
Damayanti, W. (2023). Keterampilan Identifikasi Struktur Metode Artikel Ilmiah Jurnal Online bagi Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(4), 553–560. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.327
Doda, L. B. K. A. (2023). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru tentang Pemanfaatan Teknologi Informasi Digital sebagai Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(4), 471–488. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.319
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.
Fulcher, G. & Davidson, F. (2007). Language Testing and Assessment: An Advaced Resource Book. New York: Routledge Applied Linguistics.
Ma’ruf, A. and E. S. Siregar, “Fixture Planning for Multi-Workpiece Setup for Make-to-Order Industry”, Jurnal Teknik Industri: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Industri, vol. 26, no. 1, Mar. 2024.
Malik, R.S. & Hamied, F.A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.
Mustakdiakh, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Google Form terhadap Keterampilan Membaca Teks Laporan Hasil Observasi. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(4), 519–526. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.323
Purwanto, N. (2008). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
R. A. B. Prasetyo, R. Nurwanti, and M. A. Alhad, “The Effect of Ramadan Intermittent Fasting on Cognitive Work Performance:: A Natural Experiment Approach”, Jurnal Teknik Industri: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Industri, vol. 26, no. 1, Mar. 2024.
Razak, A. (2022). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Razak, A. (2023). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Rehanisafira. (2023). Reviu Pengetahuan Karya Tulis Ilmiah Menggunakan Google Form Opsi File Upload bagi Mahasiswa Baru. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(6), 823–830. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.555
Rizkyanfi, M. W., & Isnaini, H. (2023). Prates Keterampilan Membaca Artikel Ilmiah Jurnal Elekronik Menggunakan Media Google Form bagi Mahasiswa Baru. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(1), 117–124. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i1.229
Setiawan, N. (2007). "Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya'. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.
Zulfadhli, M. (2022). Pengetahuan tentang Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa Baru: :Hasil Prates Menggunakan Google Form. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.10
Widawati, R., & Razak, A. (2022). Hasil Tes Keterampilan Membaca: Komparasi Penggunaan Media Tes Artikel Ilmiah antara Jurnal Online dan Cetak. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(6), 785–796. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.209
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Zulpadhli, Haris Hamdani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.