Rencana dan Hasil Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Deskripsi Menggunakan Teknik Tugas Menyalin melalui Media LKPD

Authors

  • Hj. Nina Rostiana SD Negeri Serang 13, Banten, Indonesia
  • Yunia Fitri SD Negeri Serang 13, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.582

Keywords:

rencana dan hasil belajar, keterampilan membaca, teks deskripsi, teknik tugas menyalin, media LKPD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) RPP yang berisi aspek indikator keterampilan membaca teks cerpen profetik bagi siswa kelas 5, kegiatan belajar-mengajar keterampilan membaca teks cerpen profetik menggunakan teknik tes pilihan ganda opsi unik, dan tes keterampilan membaca teks cerpen profetik bentuk pilihan ganda 4 opsi; 2) hasil belajar keterampilan membaca teks cerpen profetik. Penelitian dilakukan di kelas 5 SDS Muhammadiyah 2 Jakarta; berlangsung pada awal semester genap 2023/2024. Populasi berjumlah 19 siswa yang mengikuti kegiatan belajar keterampilan membaca teks cerpen profetik menggunakan teknik tes pilihan ganda opsi unik. Sampel ditetapkan sebanyak 18 siswa yang dipilih secara random tanpa pengembalian. Untuk pedoman pembelajaran digunakan RPP yang berisi aspek: 1) indikator keterampilan membaca teks cerpen profetik bagi siswa kelas 5; 2) kegiatan belajar-mengajar keterampilan membaca teks cerpen profetik menggunakan teknik tes pilihan ganda opsi unik; 3) tes keterampilan membaca teks cerpen profetik bentuk pilihan ganda 4 opsi. Instrumen tes disusun mengikuti spesifikasi tes sehingga syarat validitas terpenuhi. Data memntah hasil tes diolah dengan cara memberi skor 1 untuk setiap jawaban benar, tetapi skor 0 untuk jawaban salah. Data mentah dianalisis menggunakan statistik deskriptif yakni prinsip mean, pers

References

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiadji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Responden Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Ilmu Perikanan. Volume 2, No. 2, 2013, 127-133.

Dahhan, Noor Z. A. dkk. (2016). Understanding Reading and Reading Difficulties through Naming Speed Tasks: Bridging the Gaps among Neuroscience, Cognition, and Education. AERA Open, October-December 2016, Vol. 2, No. 4, 1-15.

Harjasujana, A. S. & Damaianti, V. S. (2003). Membaca dalam Teori dan Praktek. Bandung: Mutiara.

Horowitz-Kraus, T. & Finucane, S. (2016). Separating the Different Domains of Reading Intervention Programs: A Review. SAGE Open, April-June 2016, 1 –26.

Katsir, I. (2008). Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 7. Cetakan V. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Liadi, F. dkk. (2018). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme sebagai Upaya Meningkatkan Membaca Pemahaman Interpretatif bagi Siswa. Jurnal Transformatif, Volume 2, Nomor 1, April 2018, 17-26.

Mondolalo, D., & Muda, L. (2022). Keterampilan Membaca Pemahaman Level Menengah Paragraf Deskriptif Siswa Kelas VII SMP Karuna Dipa Palu. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(2), 263–270. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.34

Mondolalo, D., & Mulyadi. (2023). Keterampilan Menulis Struktur Deskripsi Umum Teks Deskripsi dalam Pembelajaran Menggunakan Teknik Tugas Menyalin Pendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 693–700. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.530

Razali, K. & Razali, I. (2013). Strategies in Improving Reading Comprehension through Vocabulary Aquisition. Englisia Vol. 1, No.1, 1-16 November 2013, 1-16.

Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2022). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Setiawan, N. (2007). "Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya'. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.

Wahyuningsih, U., & Andriani, F. (2022). Keterampilan Menemukan Kalimat dan Gagasan Teks Deskripsi Siswa Kelas VIII dan IX Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(4), 431–440. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.59

Zahara, Dina & Afnita. 2020. Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bonjol. Diksa: Jurnal Penedidikan Bahasa dan Sastra Indone- sia, Volume 6, Nomor 2, Desember 2022, 83-92.

https://www.youtube.com/watch?v=Iv8UcwgDTOk&t=799s

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Rostiana, H. N., & Fitri, Y. (2024). Rencana dan Hasil Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Deskripsi Menggunakan Teknik Tugas Menyalin melalui Media LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(2), 235–242. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.582

Issue

Section

Articles