Penerapan Teknik Skema Teks dan Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Deskripsi
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.585Keywords:
tema, amanat, sastra nusantara, apresiasi mahasiswa, teknologi informasi digitalAbstract
Penelitian ini betujuan untuk: 1) mendeskripsikan kegiatan belajar-mengajar keterampilan menulis teks deskripsi dalam pembelajaran yang menggunakan teknik konvensional di kelas kontrol; 2) mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi dalam pembelajaran yang menggunakan teknik konvensional; 3) mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi dalam pembelajaran yang menggunakan teknik skema teks di kelas perlakuan; 4) mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi dalam pembelajaran yang menggunakan teknik skema teks; 5) pengaruh penggunanaan teknik skema teks dalam pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan model quasi-eksperimen via desain posttest-pretest control groups. Populasi penelitian ini adalah 42 siswa kelas 7 SMP Negeri 1 Lawa yang berlokasi di Wamelai, Kecamatan Lawa, Kabupaten Muna Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara. Sampel berjumlah 40 siswa yang ditarik secara random tanpa pengembalian; terbagi dari 21 siswa kelas 7A sebagai kelas kontrol dan 19 siswa kelas 7B sebagai kelompok perlakuan. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes unjuk kerja yakni keterampilan menulis teks deskripsi. Daftar cek-ricek dipakai untuk memvalidasi hasil skor data mentah dan hasil analisis data secara internal. Data dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial yakni uji dua beda. Semua syarat pengujian terpenuhi. Hasil penelitian: 1) keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas 7 SMP Negeri 1 Lawa dalam pembelajaran menggunakan teknik konvensional di kelas kontrol tidak mencapai mean pembanding 17,00 (70,83 persen); 2) keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas 7 SMP Negeri 1 Lawa dalam pembelajaran menggunakan skema teks mencapai mean sebesar 17,00 (70,83 persen); 3) penggunanaan skema teks dalam pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi terhadap siswa kelas 7 SMP Negeri 1 Lawa berpengaruh signifikan.
References
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Editor: Jakarta: Raja Renika Cipta.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Balaka, M. Y. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Editor: Iskandar Akhmaddien. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Budiadji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Responden Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Ilmu Perikanan. Volume 2, No. 2, 2013, 127-133.
Fraenkel, Jack R.; Wallen, E. N.; Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Re- search in Education. New York: McGraw- Hill.
Harjasujana, Ahmad S. & Damaianti, Vismaia S. (2013). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.
Harsiati, T., Triano, A., & Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Penelaah: Dwi Purnanto dkk. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Hatch, E. & Farhady, H. (1982). Reseacrh Design and Statistics. Rowley, Massachusetts, USA: Newbury House Publishers.
Jaya, L. (2023). Kabupaten Muna Barat Dalam Angka 2023. Raha: Badan Pusat Statistik Kabupaten Muna Barat.
Kosasih, E. (2014). Bahasa Indonesia untuk Kelas IX SMP/MTs: Edisi Revisi. Reviuwer: Cut Nilawati. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Malik, R. S. & Hamied, F. A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.
Mardiana, D. & Pane, R. (2023). Keterampilan Membaca Teks Deskripsi Topik Profetik Siswa Kelas VIII SMP Al-Kahfi International School Batam. Pembahas: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 2, Nomor 4, Juli 2023, 461-470. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.318
Mondolalo, D., & Mulyadi. (2023). Keterampilan Menulis Struktur Deskripsi Umum Teks Deskripsi dalam Pembelajaran Menggunakan Teknik Tugas Menyalin Pendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(5), 693–700. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.530
Purwanto, N. (2008). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Rahmawati, Y., Dwinita, S., & Pebriani, Y. (2022). Perbandingan Model Problem Based Learning dengan Model Think Talk Write terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 701–710. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.200
Razak, A. (2017). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil.
Razak, A. (2018). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.
Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivime dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.
Razak, A. (2021). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wa Suria, La Ode Didang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.