Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan di Kelas Rendah SD Menggunakan Teknik Analogi Kata Dasar melalui LKPD

Authors

  • Safaruddin SD Negeri 20 Kendari, Sulawesi Tenggara, Inoonesia
  • Nurfadilah SD Negeri 20 Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.586

Keywords:

keterampilan membaca permulaan, teknik analogi, kata dasar

Abstract

Penelitian ini betujuan mendeskripsikan: 1) prosedur perencanaan kegiatan belajar-mengajar keterampilan membaca permulaan melalui teknik analogi kata dasar siswa kelas 2 SD Negeri 20 Kendari; 2) prosedur pelaksanaan pembelajaran keterampilan membaca permulaan melalui teknik analogi kata dasar menggunakan media LKPD sederhana siswa kelas 2 SD Negeri 20 Kendari; 3) besaran ketuntasan pembelajaran keterampilan membaca permulaan melalui teknik analogi kata dasar menggunakan media LKPD sederhana siswa kelas 2 SD Negeri 20 Kendari per siklus. Penelitian tindakan kelas ini didasarkan kepada masih rendahnya hasil belajar membaca kata dasar yang berisi konsonan ganda [ny] dan [ng]. Subjek penelitian ini adalah para siswa kelas 2 SD Negeri 20 Kendari yang belum tuntas dalam pembelajaran keterampilan membaca kata dasar berkonsonan [ng] dan [ny]. Merela berjumlah 18 dari 26 siswa. Data pembelajaran dikumpulkan menggunakan instrumen rekaman audio-video di aplikasi HP. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan instrumen tes unjuk kerja yakni keterampilan membaca permulaan. Daftar cek-ricek dipakai untuk memvalidasi hasil skor data mentah dan hasil analisis data kegiatan belajar-mengajar secara internal. Data dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif yakni mean dan persen. Hasil penelitian: 1) prosedur perencanaan pembelajaran keterampilan membaca permulaan melalui teknik analogi kata dasar mencakup seperangkat kegiatan belajar-mengajar; 2) prosedur pelaksanaan pembelajaran keterampilan membaca permulaan melalui teknik analogi kata dasar; 3) adanya 11 siswa tuntas pada siklus-1 dan 7 siswa tuntas di siklus-2 pada KKM 70,00.

 

References

Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.

Astuti, I. M. J. (2017). Hidup Rukun: Tema 1. Penelaah: Titi Tri Hartiti Retnosari dkk. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Aqib, Z., Jaiyaroh, S., Diniati, E., & Khotimah, K. (2011). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bahri, A. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Balaka, M. Y. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Editor: Iskandar Akhmaddien. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Budiadji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Responden Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Ilmu Perikanan. Volume 2, No. 2, 2013, 127-133.

Fahmi dkk. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Editor: Adirasa Hadi Prasetyo. Indramayu, Jawa Barat: Adab.

Fraenkel, Jack R.; Wallen, E. N.; Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Re- search in Education. New York: McGraw- Hill.

Hariyati, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Metode Analogi Pendekatan Individual Menggunakan LKPD Khusus. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2), 141–154. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.243

Harjasujana, Ahmad S. & Damaianti, Vismaia S. (2013). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.

Hasnawati. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Metode Struktur Plus Pendekatan Individual Bermedia LKPD Daftar Kata Dasar. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(4), 441–456. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.70

Hatch, E. & Farhady, H. (1982). Reseacrh Design and Statistics. Rowley, Massachusetts, USA: Newbury House Publishers.

Malik, R. S. & Hamied, F. A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.

Mulyani (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Kata Dasar Bersuku-Dua melalui Pendekatan Individual Teknik Analogi Menggunakan Bahan Ajar Khusus. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 831–840. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.213

Novarila, N. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Kata Dasar Konsonan Rangkap Berpendekatan Kelompok Kecil Menggunakan Teknik Analogi Suku Kata. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(4), 533–542. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.119

Purnomosidi. (2017). Tugasku Sehari-hari: Tema 3. Penelaah: Advenri Krystiandaru dkk. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Purwanto, N. (2008). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Razak, A. (2010). Struktur Plus: Metode Alternatif Pembelajaran Membaca Permulaan. Pekanbaru: Cendikia Insani.

Razak, A. (2017). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil.

Razak, A. (2018). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivime dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A. (2021). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media

Taufina. (2017). Bermain di Lingkunganku: Tema 2. Penelaah: Widia Pekerti dkk. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Downloads

Published

2024-05-16

How to Cite

Safaruddin, & Nurfadilah. (2024). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan di Kelas Rendah SD Menggunakan Teknik Analogi Kata Dasar melalui LKPD . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(3), 307–322. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.586

Issue

Section

Articles