Pengaruh Bahasa Aspek Membaca Hitungan Cerita terhadap Matematika Aspek Aritmatika Sosial

Authors

  • Sisilia Sombo SD Negeri 5 Ende, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
  • Maximilianus Benge SD Negeri 5 Ende, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.587

Keywords:

keterampilan membaca, soal hitungan cerita, penguasaan artimatika sosial

Abstract

Penelitian ini betujuan mendeskripsikan: 1) bahasa aspek keterampilan membaca soal hitungan cerita; 2) matematika aspek penguasaan artimatika sosial; 3) pengaruh bahasa aspek keterampilan membaca soal hitungan cerita terhadap matematika aspek penguasaan artimatika sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 5 SD Negeri 5 Ende yang mengikuti: a) tes bahasa aspek keterampilan membaca hitungan cerita; b) tes matematika aspek penguasaan artimatika sosial. Mereka berjumlah 38 siswa yang terbagi dari 20 siswa kelas 5A dan 18 siswa kelas 5B. Anggota sampel ditetapkan sebanyak 36 siswa dari 35 jika mengacu kepada formula Slavin. Jumlah sampel per kelompok masingmasing 19 siswa kelas 5A dan 17 siswa kelas 5B SD Negeri 5 Ende. Setiap jenis data dikumpulkan menggunakan instrumen tes unjuk kerja yakni: a) tes bahasa aspek keterampilan membaca soal hitungan cerita; b) tes matematika aspek penguasaan artimatika sosial. Daftar cek-ricek dipakai untuk memvalidasi setiap butir tes dan memvalidasi setiap hasil penskoran setiap lembar jawaban anggota sampel. Data dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial parametrik yakni uji t satu sampel dan uji t sampel indpenden. Hasil penelitian: 1) bahasa aspek keterampilan membaca soal hitungan cerita berkategori tinggi; 2) matematika aspek penguasaan artimatika sosial berkategori sedang; 3) terdapat pengaruh signifikan bahasa aspek keterampilan membaca soal hitungan cerita terhadap matematika aspek penguasaan artimatika sosial.

References

Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Balaka, M. Y. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Editor: Iskandar Akhmaddien. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Fitrianawati, M., Surtiani, I., & Istiandaru, A. (2022). Matematika untuk SD/MI Kelas 5. Penelaah: Supriadi & Yudia Satria. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Hariyati, S. (2022). Komparasi antara Penguasaan Soal Cerita Matematika dan Membaca Instruksi Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 65–74. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.1

Harjasujana, Ahmad S. & Damaianti, Vismaia S. (2013). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.

Hatch, E. & Farhady, H. (1982). Reseacrh Design and Statistics. Rowley, Massachusetts, USA: Newbury House Publishers.

Juriati, J., & Muhamad, D. (2022). Efektivitas Teknik Substitusi Numerik dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Prosedur. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(1), 85–92. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.15

Malik, R. S. & Hamied, F. A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.

Mondolalo, D., & Mulyadi. (2023). Keterampilan Menulis Struktur Deskripsi Umum Teks Deskripsi dalam Pembelajaran Menggunakan Teknik Tugas Menyalin Pendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 693–700. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.530

Mulyadi, M. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Topik Profetik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(4), 499–508. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.321

Niswanti, S., Novmarengga, Maulana, Y., & Asahy, F. (2023). Efektivitas Pendekatan Konstruktivisme melalui Media LKPD dalam Pembelajaran Pengetahuan Struktur dan Skema Teks Deskripsi Profetik. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(5), 683–692. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.527

Pasmawati. (2023). Keampuhan Bahasa melalui Teknik Tugas Menyalin dalam LKPD Sederhana terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(6), 729–742. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.543

Purnomosidi; Wiyanto; Safiroh; Gantini, I. (2018). Senang Belajar MatematikaSD/MIKelas 5. Penelaah: Swasosono Rahardjo, Tutik Arindah. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Purwanto, N. (2008). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Razak, A. (2017). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil.

Razak, A. (2018). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivime dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A. (2021). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Rivai, R., & Hartani, N. O. (2023). Keterampilan Menyelesaikan Aritmatika Sosial dan Membaca Paragraf Faktual Siswa Kelas 7 SMP Negeri 63 Batam . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(3), 379–390. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.287

Rohaeni, E., & Sugiharti, R. E. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Kata Dasar Tanpa Konsonan Rangkap Menggunakan Metode Struktur Plus. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(1), 103–110. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.18

Sa’adah. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Paragraf Berbasis Matematika melalui Teknik Tes Pilihan Ganda Menggunakan Media Alternatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2), 213–222. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.248

Setiawan, N. (2007). "Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya'. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.

Sumarni, M. T., & Kamsiati, S. (2009). Asyiknya Belajar Matematika untuk SD/MI Kelas 5. Penelaah: Sherly Hasnawati. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Yamin, M. & Faridah, F. (2023). Peningkatan Keterampilan Menemukan Pokok Pikiran Paragraf Profetik melalui Pendekatan Konstruktivisme Menggunakan LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 203–212. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.251

Downloads

Published

2024-05-16

How to Cite

Sombo, S., & Benge, M. . . (2024). Pengaruh Bahasa Aspek Membaca Hitungan Cerita terhadap Matematika Aspek Aritmatika Sosial. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(3), 293–306. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.587

Issue

Section

Articles