Keselarasan antara Tema dan Amanat Utama Cerpen Faktual menurut Ekspresi Siswa melalui Teknologi Informasi Digital

Authors

  • Arshal Zairuby Harahap SMK Negeri 2 Pekanbaru, Riau, Indonesia
  • Fiitia Nugrahwati SMA Negeri 6 Pekanbaru, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.589

Keywords:

keselarasan, tema dan amanat, cerpen faktua, ekspresi siswa, teknologi informasi digital

Abstract

Penelitian ini betujuan mendeskripsikan: 1) tingkat keselarasan antara tema dan amanat utama cerpen faktual menurut ekspresi siswa melalui teknologi informasi digital; 2) sama-tidaknya tingkat keselarasan antara tema dan amanat utama cerpen faktual menurut ekspresi siswa melalui teknologi informasi digital per kelompok sampel. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas XI SMK Negeri 2 Pekanbaru yang mengisi dan submit kuesioner di google form. Mereka hanya berjumlah 38 mahasiswa yang terbagi dari 20 siswa yang submit di kesempatan awal dan 18 siswa yang submit di kesempatan akhir. Penelitian ini menggunakan sampel total. Data keselarasan tema dan amanat utama cerpen faktual menurut ekspresi siswa dikumpulkan menggunakan instrumen kuesioner via google form opsi jawaban singkat. Daftar cek-ricek dipakai untuk memvalidasi setiap butir instrumen dan hasil analisis keselarasan anara tema dan amanat utama cerpen faktual. Data tingkat keselarasan antara tema dan amanat utama cerpen faktual menurut ekspresi siswa melalui teknologi informasi digital dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif yakni modus untuk rumusan masalah-1 sedangkan untuk rumusan masalah-2 digunakan statistik inferensial nonparametrik yakni uji korelasi kontingensi. Hasil penelitian: 1) tingkat keselarasan antara tema dan amanat utama cerpen faktual menurut ekspresi siswa melalui teknologi informasi digital hanya 3 dalam 31; 2) tingkat keselarasan antara tema dan amanat utama cerpen faktual menurut ekspresi siswa melalui teknologi informasi digital per kelompok sampel tidak berbeda. 

References

Ahdiati. (2023). Peningkatan Keterampilan Memahami Indikator Akhlak melalui Teknik Tugas Menyalin Teks Cerpen Profetik dalam LKPD Khusus. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(4), 527–536. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.324

Daeng, S., Hairuddin, Raharjo, S., Jauharsah, & Prasetyo, G. (2023). Prosedur Pengadaan Teks Kloz Versi Cerpen Profetik sebagai Media Pembelajaran Membaca Pemahaman. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 597–612. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.459

Elmustian, Rasdana, O., & Alfalah, A. (2024). Tema Utama Cerpen Profetik menurut Respon Mahasiswa Baru. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 203–212. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.576

Elmustian & Razak, A. (2021). Pembelajaran Apresiasi Sastra. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Farokhah, L., Agustina, A., & Syahrami, J. A. (2024). Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Cerpen Profetik Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik melalui LPKD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 271–280. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.579

Fraenkel, Jack R., Wallen, E. N., Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Re- search in Education. New York: McGraw- Hill.

Harahap, A. Z., & Nugroho, R. A. (2022). Amanat Utama Cerpen Faktual Profetik ‘Sengketa Bayi’ menurut Respon Siswa Kelas X dan XI . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(3), 321–332. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.49

Juriati, & Fitrianingrum, E. (2022). Pesan Utama Cerpen Profetik menurut Interpretasi Siswa SMA Negeri 2 Senayang, Kabupaten Lingga. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 585–594. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.142

Razak, A. (2017). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil.

Razak, A. (2018). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autogtafi.

Sabarani & Razak, A. (2023). Reproduksi, Tokoh, dan Amanat ‘Sengkang Kera’: Tinjauan Kepustakaan Kumpulan Cerita Rakyat Kabupaten Lingga. Gaung: Jurnal Ragam Budaya Gemilang, Volume 1, Nomor 1, Januari 2023, 17-40.

Suhana, P., Erlina, & Thahir, A. (2022). Amanat Teks Anekdot ‘Anak Anjing’ menurut Interpretasi Siswa. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 75–84. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.19

Downloads

Published

2024-05-16

How to Cite

Harahap, A. Z., & Nugrahwati, F. (2024). Keselarasan antara Tema dan Amanat Utama Cerpen Faktual menurut Ekspresi Siswa melalui Teknologi Informasi Digital. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(3), 343–352. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.589

Issue

Section

Articles