Hubungan antara Keterampilan Membaca Pemahaman dan Penguasaan Matematika Indikator Aritmatika Sosial

Authors

  • Aminah SD Negeri Normal, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
  • Marselina Magal SD Negeri Normal, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.591

Keywords:

hubungan, keterampilan membaca pemahaman, penguasaan matematika, aritmatika sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keterampilan membaca pemahaman siswa kelas 5 SD; 2) keterampilan matematika indikator aritmatika sosial siswa kelas 5 SD; 3) korelasi antara keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan matematika indikator aritmatika sosial siswa kelas 5 SD. Penelitian dilakukan di SD Negeri Normal, Desa Normal, Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kegiatan penelitian berlangsung di awal semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 5 SD yang mengikuti tes keterampilan membaca pemahaman dan tes keterampilan matematika indikator aritmatika sosial siswa kelas 5 SD. Para siswa kelas 5 berjumlah 10 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel total. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan instrumen tes keterampilan membaca pemahaman dan tes keterampilan matematika indikator aritmatika sosial siswa kelas 5 SD. Untuk mencapai tujuan pertama dan rumusan masalah kedua digunakan prosedur mean dan persen. Untuk mencapai tujuan ketiga digunakan statistik inferensial nonparametrik yakni uji korelasi jenjang. Hasil penelitian: 1) keterampilan membaca pemahaman siswa kelas 5 SD berkategori sedang; 2) keterampilan matematika indikator aritmatika sosial siswa kelas 5 SD berkategori sedang; 3) korelasi antara keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan matematika indikator aritmatika sosial siswa kelas 5 SD berkategori sedang. 

References

Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Editor: Jakarta: Raja Renika Cipta.

Akbar,S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Budiningsih, C.A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman, D. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Press.

Debataraja, M. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Gagasan Paragraf melalui Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin Pemaknaan Leksikal. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 391–400. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.285

Hariyati, S. (2022). Komparasi antara Penguasaan Soal Cerita Matematika dan Membaca Instruksi Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 65–74. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.1

Malik, R.S. & Hamied, F.A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.

Mondolalo, D., & Muda, L. (2022). Keterampilan Membaca Pemahaman Level Menengah Paragraf Deskriptif Siswa Kelas VII SMP Karuna Dipa Palu. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(2), 263–270. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.34

Mondolalo, D., & Mulyadi. (2023). Keterampilan Menulis Struktur Deskripsi Umum Teks Deskripsi dalam Pembelajaran Menggunakan Teknik Tugas Menyalin Pendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 693–700. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.530

Mulyadi. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Topik Profetik . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(4), 499–508. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.321

Pasmawati. (2023). Keampuhan Bahasa melalui Teknik Tugas Menyalin dalam LKPD Sederhana terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(6), 729–742. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.543

Razak, A. (2022). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, A. (2022). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Sardiman AM. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suharjo, B. (2013). Statistika Terapan: Disertai Contoh Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zaenuddin, A. R., Djuanda, D., Syahid, A. A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Membaca dengan Menerapkan Model Pembelajaran Quantum Berbantuan Komputer dalam Menentukan Kalimat Utama pada Tiap Paragaraf. Jurnal Pena Ilmiah Volume 2, Nomor 1, 2017, 1521-1530.

Downloads

Published

2024-05-16

How to Cite

Aminah, & Magal, M. . . (2024). Hubungan antara Keterampilan Membaca Pemahaman dan Penguasaan Matematika Indikator Aritmatika Sosial. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(3), 353–360. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.591

Issue

Section

Articles