Perbandingan antara Media Buku Sekolah Elektronik dan Media Khusus dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Naratif

Authors

  • Ranti Widiyani SMP Negeri 1 Singkep Barat, Kepulauan Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.592

Keywords:

pencapaian, keterampilan membaca pemahaman, teks eksplanasi, teknik tugas menyalin, bahan ajar khusus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keterampilan membaca teks naratif melalui teknik tugas menyalin menggunakan media konvensional; 2) keterampilan membaca teks naratif melalui teknik tugas menyalin menggunakan media khusus; 3) sama-tidaknya keterampilan membaca teks naratif antara yang menggunakan teknik tugas menyalin menggunakan media konvensional dan media khusus. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Singkep Barat. Kegiatan penelitian berlangsung di awal semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 8 yang mengikuti pembelajaran keterampilan membaca teks naratif yang menggunakan teknik yang sama tetapi media yang berbeda. Mereka berjumlah 48 siswa dari 52 siswa kelas 8. Sampel ditetapkan sejumlah 42 siswa; masingmasing 21 siswa per kelas paralel. Data hasil belajar keterampilan membaca teks naratif melalui teknik tugas menyalin dikumpulkan menggunakan instrumen tes berbentuk pilihan ganda 4 opsi. Setiap data keterampilan membaca teks naratif dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial yakni uji t satu sampel. Untuk mencapai tujuan ketiga digunakan statistik inferensial parametrik yakni uji t sampel berpasangan. Hasil penelitian: 1) keterampilan membaca teks naratif melalui teknik tugas menyalin menggunakan media konvensional berkategori rendah; 2) keterampilan membaca teks naratif melalui teknik tugas menyalin menggunakan media khusus berkategori sedang; 3) keterampilan membaca teks naratif yang menggunakan teknik tugas menyalin menggunakan media khusus lebih unggul dibandingkan dengan media konvensional.

References

Ahdiati. (2023). Peningkatan Keterampilan Memahami Indikator Akhlak melalui Teknik Tugas Menyalin Teks Cerpen Profetik dalam LKPD Khusus. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(4), 527–536. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.324

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Editor: Asfah Rahman. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Debataraja, M. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Gagasan Paragraf melalui Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin Pemaknaan Leksikal. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 391–400. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.285

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2, 172-182. DOI:10.22373/lj.v5i2.2838

Herayanti, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Volume 37, Nomor 2, Juni, 210-219.

Katsir, I. (2008). Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 8. Penerjemah: Abu Huzaifah. Editor: Abdul Basith Abdul Aziz. Jakarta: Pustaka as-Sunnah.

Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Mahsun. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis T eks2013. Depok: RajaGrafindo Persada.

Mondolalo, D., & Mulyadi. (2023). Keterampilan Menulis Struktur Deskripsi Umum Teks Deskripsi dalam Pembelajaran Menggunakan Teknik Tugas Menyalin Pendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 693–700. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.530

Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal, Volume 4, Nomor 2, Juli, 87-97. DOI:http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i2.188

Mulyadi. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Topik Profetik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(4), 499–508. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.321

Naslinda, N. (2023). Upaya Meningkatkan Pemahaman Kisah Teladan Ashabul Kahfi melalui Teknik Tugas Menyalin di Media LKPD . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 293–302. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.274

Pasmawati. (2023). Keampuhan Bahasa melalui Teknik Tugas Menyalin dalam LKPD Sederhana terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(6), 729–742. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.543

Razak, A. (2017). Teks Eksplanasi: Mediasi Akademik Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP/MTs. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A. (2021). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, A. (2022). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Rospiati, R. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja danSupervisi Kepala Sekolah terhadapManajemen Pembelajaran Guru SMP Negeri. Primary: Jurnal Pendidikan GuruSekolah Dasar, 11 (2), 547-557. DOI:h t t p : / / d x . d o i . o r g / 1 0 . 3 3 5 7 8 /jpfkip.v11i2.8649

Setiawan, N. (2007). "Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya'. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.

Sinamo, Jansen H. (2003). Ethos21: Etos KerjaProfesional di Era Digital Global.Jakarta: Mahardika.

Thaib, H. & Hasballah, Z. (2012). Kumpulan Kisah Teladan. Medan: Perdana Publishing.

Wahidah. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknik Substitusi Numerik melalui Media LKPD dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Matematika. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(6), 701–714. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.544

Downloads

Published

2024-05-21

How to Cite

Widiyani, R. (2024). Perbandingan antara Media Buku Sekolah Elektronik dan Media Khusus dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Naratif. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(3), 361–370. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.592

Issue

Section

Articles