Validasi Teks Sequensial sebagai Bahan Ajar Alternatif untuk Siswa Kelas Tinggi SD

Authors

  • Syarifah Noor Aida SD Negeri Basirih 11, Kalimantan Selatan, Indonesia
  • Tri Yono SD Negeri Basirih 11, Kalimantan Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.595

Keywords:

validasi, teks sequensial, bahan ajar alternatif, kelas tinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) validasi teks sequensial topik profetik sebagai bahan ajar di kelas tinggi SD; 2) validasi teks sequensial topik matematika sebagai bahan ajar di kelas tinggi SD; 3) validasi teks sequensial topik IPA sebagai bahan ajar di kelas tinggi SD; 4) validasi teks sequensial topik IPS sebagai bahan ajar di kelas tinggi SD; 5) validasi teks sequensial topik PPKn sebagai bahan ajar di kelas tinggi SD; 6) validasi teks sequensial topik seni budaya sebagai bahan ajar di kelas tinggi SD. Penelitian dilaksanakan di semester genap tahun ajaran 2023/2024 di SD Negeri Basirih 11. Subjek penelitian ini adalah tiga guru kelas tinggi SD Negeri Basirih 11. Mereka bertugas sebagai validator yang memvalidasi teks sequensial. Data validasi teks sequensial dikumpulkan menggunakan instrumen kuesioner tertutup berskala 4 dengn sistem progresif. Data teks sequensial dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif menggunakan sistem modus. Hasil penelitian: 1) hasil validasi teks sequensial topik profetik sebagai bahan ajar di kelas tinggi SD berkategori pada modus sangat baik; 2) hasil validasi teks sequensial topik matematika sebagai bahan ajar di kelas tinggi SD berkategori baik; 3) hasil validasi teks sequensial topik IPA sebagai bahan ajar di kelas tinggi SD berkategori sangat baik; 4) hasil validasi teks sequensial topik IPS sebagai bahan ajar di kelas tinggi SD berkategori sangat baik; 5) hasil validasi teks sequensial topik PPKn sebagai bahan ajar di kelas tinggi SD berkategori sangat baik; 6) hasil validasi teks sequensial topik seni budaya sebagai bahan ajar di kelas tinggi SD berkategori sangat baik. 

References

Akbar,S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Amril, A. (2022). Pengembangan Paragraf Profetik bagi Guru Kelas Tinggi: Supervisi Klinik Kepala Sekolah Berbasis Pelatihan. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(4), 511–522. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.117

Anggari, A. S. dkk. (2017). Pahlawan: Tematik Terpadu Kurikulum 2013 untuk SD/MI Kelas IV. Reviwer: Vincentia Irene Meiitiniarti dkk. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Balaka, M. Y. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Editor: Iskandar Akhmaddien. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Budiadji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Responden Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Ilmu Perikanan. Volume 2, No. 2, 2013, 127-133.

Farokhah, L., Agustina, A., & Syahrami, J. A. (2024). Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Cerpen Profetik Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik melalui LPKD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 271–280. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.579

Hariyati, S. (2022). Komparasi antara Penguasaan Soal Cerita Matematika dan Membaca Instruksi Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(1), 65–74. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.1

Juriati & Muhamad, D. (2022). Efektivitas Teknik Substitusi Numerik dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Prosedur. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 1, Januari 2022, 85-92.

Mondolalo, D., Angge, W., & Haria, W. (2023). The Readability of Folk Stories Using Kloz Text Based on Online Journal Scientific Articles. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(3), 173–180. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i3.19

Mustakdiakh, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Google Form terhadap Keterampilan Membaca Teks Laporan Hasil Observasi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(4), 519–526. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.323

Razak, A. (2021). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, A. (2022). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Rizkyanfi, M. W., & Isnaini, H. (2023). Prates Keterampilan Membaca Artikel Ilmiah Jurnal Elekronik Menggunakan Media Google Form bagi Mahasiswa Baru . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(1), 117–124. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i1.229

Sukarni. (2023). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru untuk Mereproduksi Paragraf Terpadu Fokus Bahasa Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(4), 421–432. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.312

Sutrisno, Warsito, Sadikun. (2009). Mengenal Lingkungan Sosialku Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD dan MI Kelas V. Editor: Yusman Hestiyanto. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Yassin, N., & Harun, S. H. (2024). Perencanaan Pembelajaran Kecepatan Memindai Lema Sastra dalam Kamus Manual Menggunakan Model dan Media Chart Ekspose. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(1), 85–92. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.564

Downloads

Published

2024-05-27

How to Cite

Aida, S. N., & Yono, T. . (2024). Validasi Teks Sequensial sebagai Bahan Ajar Alternatif untuk Siswa Kelas Tinggi SD. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(3), 389–396. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.595

Issue

Section

Articles