Keterbacaan Teks Cerpen ‘Pagar’ Menggunakan Teknik Kloz

Authors

  • Muhammad Yatim SMA Negeri 1 Bangkinang Kota, Riau, Indonesia
  • Yusneli SMA Negeri 2 Bangkinang Kota, Riau, Indonesia
  • Abdul Razak Lembaga Riset Pendidikan Sosial dan Eksakta, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.598

Keywords:

keterbacaan, teks cerpen, 'Pagar', teknik kloz

Abstract

Tujuan penelitian dalam artikel ini untuk mendeskripsikan keterbacaan teks cerpen ‘Pagar’ menggunakan teknik kloz. Penelitian ini berlangsung di semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Dalam rangka pelaksanaan teknik kloz, penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Negeri 1 Bangkinang Kota. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas X yang mengikuti tes menggunakan teknik kloz cerpen ‘Pagar’ yang mengisi dan mengembalikan lembar tes teknik kloz. Mereka hanya berjumlah 59 siswa dari 65 siswa kelas X dan siswa kelas XI. Sampel ditetapkan sejumlah 52 siswa; masingmasing 27 siswa kelas X dan 25 siswa kelas XI; masingmasing untuk satu rombongan belajar. Instrumen penelitian adalah tes teknik kloz berjumlah 50 untuk teks cerpen sepanjang 1.340 kata. Tes teks kloz disusun secara objektif dan sistematis sehingga memenuhi syarat instrumen tes yang valid. Instrumen lain dalam penelitian kolaborasi ini adalah daftar cek ricek yang bertujuan untuk memvalidasi kuesioner, memvaldiasi peskoran data teks kloz, dan memvaliasi hasil analisis data penelitian. Data keterbacaan teks cerpen ‘Pagar’ menggunakan teknik kloz dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif melalui mean dan persen yang dilakukan secara manual berbatuan excel. Hasil penelitian adalah keterbacaan teks cerpen ‘Pagar’ menggunakan tes teknik kloz berkategori ‘keterbacaan normal’.

Kata Kunci: keterbacaan, teks cerpen, ‘Pagar’, teknik kloz

References

DAFTAR PUSTAKA

Akbar,S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Alfalah, A., Wulandesember, N. S., & Fauzan, K. (2024). Keterbacaan Struktur Pendahuluan Artikel Ilmiah Jurnal Online Fokus Pendidikan Terakreditasi Sinta-4-6. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(1), 129–140. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.565

Elmustian, Rasdana, O., & Alfalah, A. (2024). Tema Utama Cerpen Profetik menurut Respon Mahasiswa Baru. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 203–212. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.576

Farokhah, L., Agustina, A., & Syahrami, J. A. (2024). Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Cerpen Profetik Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik melalui LPKD. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(2), 271–280. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.579

Harjasujana, A. S. & Damaianti, V. S. (2013). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.

Indariawan, A., Ismail, H., & Hilmi, H. S. (2022). Pengembangan Teks Kloz sebagai Teknik Pembelajaran Keterampilan Membaca Cerpen Faktual Profetik di SMP/MTs. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(5), 651–660. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.147

Razak, A. (1982). ‘Pagar: Sebuah Goresan’. Horison: Majalah Sastra, No. 3-4 Maret-April-1982 Tahun XVII. Jakarta: Yayasan Indonesia.

Razak, A. (2021). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, A. (2022). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Sabarani & Razak, A. (2023). Reproduksi, Tokoh, dan Amanat ‘Sengkang Kera’: Tinjauan Kepustakaan Kumpulan Cerita Rakyat Kabupaten Lingga. Gaung: Jurnal Ragam Budaya Gemilang, Volume 1, Nomor 1, Januari 2023, 17-40.

Setiawan, N. (2007). ‘Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya'. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.

Suhana, P., Erlina, & Thahir, A. (2022). Amanat Teks Anekdot ‘Anak Anjing’ menurut Interpretasi Siswa. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 75–84. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.19

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Yatim, M., Yusneli, & Razak, A. (2024). Keterbacaan Teks Cerpen ‘Pagar’ Menggunakan Teknik Kloz . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(3), 413–420. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.598

Issue

Section

Articles