Respon Siswa terhadap Penerapan Teknik Tugas Menyalin dalam Bahan Ajar Khusus melalui Pembelajaran Menulis Pantun

Authors

  • Seppi Yeni MA Darul Hikmah Pekanbaru, Riau, Indonesia
  • Delviza Yuliandari MA Darul Hikmah Pekanbaru, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.625

Keywords:

respon siswa, teknik tugas menyalin, bahan ajar khusus, menulis pantun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) respon siswa terhadap penerapan teknik tugas menyalin dalam bahan ajar khusus melalui pembelajaran menulis pantun; 2) sama-tidaknya respon siswa terhadap penerapan teknik tugas menyalin dalam bahan ajar khusus melalui pembelajaran menulis pantun per kelompok sampel. Penelitian ini dilaksanakan pada awal semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian dilakukan di kelas X Madrasyah Aliyah Darel Hikmah, Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas X ihwan dan ahwat yang mengikuti pembelajaran menulis pantun melalui teknik tugas menyalin dalam bahan ajar khusus. Mereka berjumlah 50 siswa yang terbagi dari 23 ahwat dan 27 ihwan. Sampel ditetapkan sebanyak 45 siswa yang terbagi dari 21 ahwat dan 24 ihwan. Data respon siswa terhadap penerapan teknik tugas menyalin di bahan ajar khusus dalam pembelajaran menulis pantun dikumpulkan menggunakan instrumen kuesioner tertutup yang berisi empat opsi. Kuesioner memenuhi syarat validitas isi karena disusun seseuai dengan prosedur objektif dan sistematis. Data respon siswa terhadap penerapan teknik tugas menyalin di bahan ajar khusus dalam pembelajaran menulis pantun dianalisis secara kualitatif melalui pendekatan tematik. Data sama-tidaknya respon siswa terhadap penerapan teknik tugas menyalin dalam bahan ajar khusus melalui pembelajaran menulis pantun per kelompok sampel dianalisis menggunakan statistik deskriptif melalui pendekatan persen dalam distribusi frekuensi secara manual. Semua hasil analisis data juga dilakukan validasi internal. Hasil penelitian: 1) respon siswa terhadap penerapan teknik tugas menyalin dalam bahan ajar khusus melalui pembelajaran menulis pantun berkategori sangat suka; 2) terdapat perbedaan respon siswa terhadap penerapan teknik tugas menyalin dalam bahan ajar khusus melalui pembelajaran menulis pantun per kelompok sampel; kelompok ihwan berkategori suka. 

References

Andriani, R. & Rasto. (2019). Motivasi Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Volume 4, Nomor 1, Januari 2019, 80-86

Astuti, N, P., & Probowisi, P. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi. Primary:Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar,11 (4), 1168-1176. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8610.

Bakar, R. (2014). The effect of learning motivation on student’s productive competencies in vocational high school, West Sumatra. International Journal of Asian Social Science, 4(6), 722-732

Elmustian, E., Razak, A., & Nurkholijah. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Pantun Berpendekatan Konstruktivisme untuk Siswa Kelas X SMA/MA/SMK. Pekanbaru: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Volume 5 No. 2, 172-182. DOI:10.22373/lj.v5i2.2838

Fraenkel, Jack R.; Wallen, N. E., Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.

Harahap, A. Z., & Ningsih, S. D. (2024). Keterampilan Mengembangkan Paragraf Fiksi Menggunakan Metode Model dan Teknik Tugas Menyalin melalui Media LPKD. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(2), 179–186. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.577

Irsyad, N., Damayanti, N., Damayanti, N., Arrizky, N. M., Za’idah, K., & Faridah, R. A. N. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi dan Literasi terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa UMS Masa Pandemi Covid 19. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 4, Nomor 2, Desember 2021, 77-82.

Malik, R. S. & Hamied, F. A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.

Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal, Volume 4, Nomor 2, Juli, 87-97. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i2.

Mulyadi, & Mondolalo, D. (2023). Pencapaian Belajar Menulis Pantun Berbasis Teks Eksplanasi Bermedia LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(3), 315–324. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.277

Mustakdiakh, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Google Form terhadap Keterampilan Membaca Teks Laporan Hasil Observasi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(4), 519–526. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.323

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219- 230.

Nurdin, A, A., & Iskandar, S. (2022). Kemampuan Kepribadian Pemimpin Sekolah Masa Kini Dalam Motivasi Kinerja Guru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (2), 509-526. DOI: h t t p : / / d x . d o i . o r g / 1 0 . 3 3 5 7 8 /jpfkip.v11i2.8879

Razak, A. (2020). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia: UR Press.

Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Razak, A. (2021). How to Teach Your Student to Write: Student Worksheets Bank in Learning to Write in Junior High School. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Rosnawati, R. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Berbasis Teks Pantun melalui Metode Latihan Kelompok Kecil. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(4), 543–552. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.121

Rospiati, R. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Manajemen Pembelajaran Guru SMP Negeri. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (2), 547-557. DOI: h t t p : / / d x . d o i . o r g / 1 0 . 3 3 5 7 8 /jpfkip.v11i2.8649.

Syamsuddin & Damaianti, V. S. (2011). Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sinamo, J. H. (2003). Ethos21: Etos Kerja Profesional di Era Digital Global. Jakarta: Mahardika

Sukmadinata, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sutardi & Sugiharsono. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi, Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 188-198. DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.8400

Tafanao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), Juli, 103-114.DOI:10.32585/jkp.v2i2.113

Umar, U. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), Januari-Juli, 131-144.

Wahidin, U. & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 47-65.DOI:10.30868/ei.v7i01.222

Widiyani, R. (2024). Pencapaian Keterampilan Membaca Teks Eksplanasi melalui Penerapan Teknik Tugas Menyalin dalam Bahan Ajar Khusus . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(3), 361–370. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.592

Wibowo, K.P., & Marzuki. (2015). Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Harmoni Sosial, Jurnal Pendidikan IPS, September 2015, Volume 2, No.2, 158-69

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Yeni, S., & Yuliandari, D. . (2024). Respon Siswa terhadap Penerapan Teknik Tugas Menyalin dalam Bahan Ajar Khusus melalui Pembelajaran Menulis Pantun. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(5), 561–580. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.625