Tanggapan Siswa terhadap Penggunaan Topik Matematika melalui Bahan Ajar Khusus dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Prosedur

Authors

  • Karimatuzzahra SMK Darul Hikmah Pekanbaru, Riau, Indonesia
  • Wastra Leni MA Darul Hikmah Pekanbaru, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.626

Keywords:

tanggapan siswa, topik matematika, bahan ajar khusus, menulis paragraf prosedur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) tanggapan siswa terhadap penggunaan topik matematika melalui bahan ajar khusus dalam pembelajaran menulis paragraf prosedur; 2) sama-tidaknya tanggapan siswa terhadap penggunaan topik matematika melalui bahan ajar khusus dalam pembelajaran menulis paragraf prosedur per kelompok sampel. Penelitian ini dilaksanakan di awal semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian dilakukan di kelas X SMK dan MA Darel Hikmah, Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas X SMK dan MA Darel Hikmah Pekanbaru kelompok ahwat yang mengikuti pembelajaran menulis paragraf prosedur melalui topik matematika dalam bahan ajar khusus. Mereka berjumlah 36 siswa yang terbagi dari 13 siswa SMK dan 23 siswa MA. Sampel ditetapkan sebanyak 33 siswa yang terbagi dari 12 siswa SMK dan 21 siswa MA. Data tanggapan siswa terhadap penggunaan topik matematika melalui bahan ajar khusus dalam pembelajaran menulis paragraf prosedur dikumpulkan menggunakan instrumen kuesioner tertutup yang berisi empat opsi. Kuesioner memenuhi syarat validitas isi karena disusun sesuai dengan prosedur objektif dan sistematis. Data tanggapan siswa terhadap penggunaan topik matematika melalui bahan ajar khusus dalam pembelajaran menulis paragraf prosedur dianalisis secara kualitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif melalui prinsip persen dalam distribusi frekuensi secara manual. Semua hasil analisis data divalidasi secara internal. Hasil penelitian: 1) tanggapan siswa terhadap penggunaan topik matematika melalui bahan ajar khusus dalam pembelajaran menulis paragraf prosedur berkategori sangat mudah; 2) tidak terdapat perbedaan tanggapan siswa terhadap penggunaan topik matematika melalui bahan ajar khusus dalam pembelajaran menulis paragraf prosedur per kelompok sampel. 

References

Afriza, A., & Zulfadhli, M. (2022). Peringkat Cerita Rakyat ‘Patahnya Gunung Daik: Kumpulan Cerita Rakyat Kepulauan Riau’ menurut Persepsi Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(5), 623–638. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.145

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Responden Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, Vol. 2, No. 2, Desember 2013, 127-133.

Fraenkel, Jack R.; Wallen, N. E., Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.

Malik, R. S. & Hamied, F. A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.

Razak, A. (2020). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia: UR Press.

Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Razak, A. (2024). Penggunaan Topik Matematika melalui Bahan Ajar Khusus dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Prosedur. Pekanbarui: Lembaga Riset Pendidikan Sosial dan Eksakta.

Setiawan, N. (2007). "Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya'. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.

Syamsuddin & Damaianti, V. S. (2011). Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyati, S. (2019). Peningatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Model Pembelajaran Resiprokal pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Rambutan Banyuasin. Pembahsi: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 9, Nomor 1, 2019, 58-65.

Zita. (2023). Keterampilan Membaca Teks Eksposisi: Perbandingan antara Topik Profetik dan Topik Matematika. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(4), 489–498. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.320

Downloads

Published

2024-10-08

How to Cite

Karimatuzzahra, & Leni, W. (2024). Tanggapan Siswa terhadap Penggunaan Topik Matematika melalui Bahan Ajar Khusus dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Prosedur. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(5), 593–612. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.626