Pemanfaatan Media Artikel Ilmiah Jurnal Online sebagai Model Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Prosedur Tema Matematika

Authors

  • Bella Karisma Universitas Terbuka UPBJJ Tangerang
  • Nurul Azizah Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.629

Keywords:

media artikel ilmiah, jurnal online, model pembelajaran, menulis paragraf prosedur, topik matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi: 1) hasil belajar keterampilan menulis paragraf prosedur topik matematika dengan memanfaatkan media artikel ilmiah jurnal online sebagai model pembelajaran; 2) sama-tidaknya hasil belajar keterampilan menulis paragraf prosedur topik matematika dengan memanfaatkan media artikel ilmiah jurnal online sebagai model pembelajaran per kelompok sampel. Penelitian ini dilaksanakan pada awal semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian dilakukan di kelas X SMK Swasta PAB 12 Saentis. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas X yang mengikuti pembelajaran menulis paragraf prosedur secara online. Mereka berjumlah 63 siswa yang terbagi dari 3 kelas paralel. Sampel ditetapkan sebanyak 34 siswa. Data hasil belajar keterampilan menulis paragraf prosedur topik matematika dengan memanfaatkan media artikel ilmiah jurnal online dikumpulkan menggunakan instrumen tes esai secara online. Instrumen tes memenuhi syarat validitas isi karena disusun sesuai dengan prosedur objektif dan sistematis. Data hasil belajar keterampilan menulis paragraf prosedur topik matematika dengan memanfaatkan media artikel ilmiah jurnal online dianalisis mengunakan statistik inferensial parametrik. Uji t satu sampel dipakai untuk mengetahui tujuan penelitian-1 sedangkan uji Anova searah digunakan untuk mengetahui tujuan penelitian-2. Hasil penelitian: 1) hasil belajar keterampilan menulis paragraf prosedur topik matematika dengan memanfaatkan media artikel ilmiah jurnal online sebagai model pembelajaran bagi siswa kelas X SMK Swasta PAB 12 Saentis mencapai batas minimal 71,00; 2) terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan menulis paragraf prosedur topik matematika dengan memanfaatkan media artikel ilmiah jurnal online sebagai model pembelajaran per kelompok sampel. 

References

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer. Volume 14 , No. 1, Juni 2023, 15-31.

Andriani, R. & Rasto. (2019). Motivasi Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Volume 4, Nomor 1, Januari 2019, 80-86

Artini, A. O. & Sanjaya, N. A. (2018). Hubungan antara Penggunaan Teknologi Media BK dengan Kepuasan Layanan Bimbingan Klasikal. Jurnal Transformatif, Volume 2, No. 2, Oktober 2018, 158-169.

Banont, A. M. R., & Nur, B. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Opini Menggunakan Metode Model dan Teknik Tugas Menyalin. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(4), 499–508. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.614

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Penerjemah: Ahmad Fawaid. Editor: Saifudin Zuhri Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Delfiana, D. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Prosedur Topik Perkalian Menggunakan Teknik Scaffolding dan Teknik Tugas Menyalin. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(4), 451–464. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.610

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Volume 5 No. 2, 172-182. DOI:10.22373/lj.v5i2.2838

Fraenkel, Jack R.; Wallen, N. E., Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.

Harahap, A. Z., & Ningsih, S. D. (2024). Keterampilan Mengembangkan Paragraf Fiksi Menggunakan Metode Model dan Teknik Tugas Menyalin melalui Media LPKD. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(2), 179–186. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.577

Irsyad, N., Damayanti, N., Damayanti, N., Arrizky, N. M., Za’idah, K., & Faridah, R. A. N. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi dan Literasi terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa UMS Masa Pandemi Covid 19. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 4, Nomor 2, Desember 2021, 77-82.

Karisma, B., & Azizah, N. (2023). Teknik Tes File Upload dan Multiple Choice di Google Form dalam Pembelajaran Membaca Teks Eksposisi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(6), 775–786. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.548.

Lee, M. F. & Yusoff, S. N. M. (2019). Needham Model Based Instructional Multimedia Material for Teaching Digital Logic Gates. Journal of Technical Education and Training, Vol. 11, No. 1 (2019), 54-62.

Malik, R. S. & Hamied, F. A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.

Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal, Volume 4, Nomor 2, Juli, 87-97. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i2.

Muttaqien, M. Z., Ma'rof, A., & Hardjanto, T. (2019). Systemic Cohesion in Social Media Conversations: Cases on Facebook and Twitter. Indonesian Joernal of Aplied Linguistics, Vol. 9 No. 2, September 2019, 413-423.

Ngubaidillah, A. & Kartadie, R. (2018). Pengaruh Media Visual Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 35, Nomor 2, Tahun 2018, 95-102.

Nurdin, A, A., & Iskandar, S. (2022). Kemampuan Kepribadian Pemimpin Sekolah Masa Kini Dalam Motivasi Kinerja Guru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (2), 509-526. DOI: h t t p : / / d x . d o i . o r g / 1 0 . 3 3 5 7 8 /jpfkip.v11i2.8879

Razak, A. (2020). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia: UR Press.

Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Razak, A. (2022). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Rospiati, R. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Manajemen Pembelajaran Guru SMP Negeri. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (2), 547-557. DOI: h t t p : / / d x . d o i . o r g / 1 0 . 3 3 5 7 8 /jpfkip.v11i2.8649.

Sinamo, J. H. (2003). Ethos21: Etos Kerja Profesional di Era Digital Global. Jakarta: Mahardika

Sukmadinata, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sutardi & Sugiharsono. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi, Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 188-198. DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.8400

Wahidah, D. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknik Substitusi Numerik melalui Media LKPD dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Matematika. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(6),701–714. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.544

Wibowo, K.P., & Marzuki. (2015). Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Harmoni Sosial, Jurnal Pendidikan IPS, September 2015, Volume 2, No.2, 158-69

Downloads

Published

2024-10-16

How to Cite

Karisma, B., & Azizah, N. (2024). Pemanfaatan Media Artikel Ilmiah Jurnal Online sebagai Model Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Prosedur Tema Matematika. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(5), 613–622. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.629