Prosedur Pembelajaran Apresiasi Cerita Rakyat Kepulauan Riau Menggunakan Teknik Kloz melalui Bahan Ajar Mandiri

Authors

  • T. Fetty Aryani SMA Negeri 20 Batam, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Firda Ariani SMP Negeri 20 Batam, Kepulauan Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.631

Keywords:

prosedur pembelajaran, apresiasi cerita rakyat, Kepulauan Riau, teknik kloz, bahan ajar mandiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi: 1) prosedur pembelajaran apresiasi cerita rakyat ‘Dewi Perindu’ menggunakan teknik tes kloz bermedia bahan ajar mandiri; 2) hasil belajar apresiasi cerita rakyat ‘Dewi Perindu’ menggunakan teknik tes kloz bermedia bahan ajar mandiri. Penelitian ini berlangsung di awal semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025 di SMP Negeri 20 Batam. Populasi adalah kelompok siswa kelas 7 yang mengikuti pembelajaran apresiasi cerita rakyat ‘Dewi Perindu’ menggunakan teknik tes kloz bermedia bahan ajar mandiri. Mereka berjumlah 29 siswa pada satu kelas 7. Sampel penelitian ini adalah seluruh anggota populasi. Instrumen pertama penelitian ini adalan RPP. Instrumen kedua penelitian ini adalah pedoman observasi yang berfungsi untuk mengumpulkan data prosedur pembelajaran. Instrumen kedua adalah daftar cek-ricek yang berfungsi untuk memvalidasi setiap data pembelajaran. Instrumen ketiga adalah tes tertulis yakni berbentuk pilihan ganda 4 opsi tentang unsur intrinsik cerita rakyat. Data pembelajaran dianalisis secara tematik sedangkan data hasil belajar dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaran apresiasi cerita rakyat ‘Dewi Perindu’ menggunakan teknik tes kloz bermedia bahan ajar mandiri pada kegiatan awal berisi 3 jenis kegiatan; 2) prosedur pembelajaran apresiasi cerita rakyat ‘Dewi Perindu’ menggunakan teknik tes kloz bermedia bahan ajar mandiri pada kegiatan inti berisi 19 jenis kegiatan; 3) prosedur pembelajaran apresiasi cerita rakyat ‘Dewi Perindu’ menggunakan teknik tes kloz bermedia bahan ajar mandiri pada kegiatan akhir berisi 4 jenis kegiatan; 4) hasil belajar apresiasi cerita rakyat ‘Dewi Perindu’ menggunakan teknik tes kloz bermedia bahan ajar mandiri mencapai batas minimal 70,00.

Kata Kunci: prosedur pembelajaran, apresiasi cerita rakyat, Kepulauan Riau, teknik kloz, bahan ajar mandiri

References

Ahyar, A., & Apipurrohman, M. (2024). Cerita Rakyat Pavorit menurut Pilihan Tertulis Siswa Kelas Tinggi SD melalui Pembelajaran Ekstra. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(3), 397–404. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.596

Aryani, T. F., Ariani, F., & Amelia, R. (2024). Prosedur Perencanaan Pembelajaran Apresiasi Cerita Rakyat Kepulauan Riau Menggunakan Teknik Tes Teks Kloz. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 187–202. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.573

Bandur, A. (2014). Penelitian Kualitatif: Metodologi, Desain, dan Teknik Analisis Data dengan NVIVO10. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Penerjemah: Ahmad Fawaid. Editor: Saifudin Zuhri Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Danandjaja, J. (2002). Foklore Indonesia Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama.

Elmustian, Razak, A., & Jalil, A. (2010). Mitos Asal Mula Nama Tempat di Perkampungan Melayu Kabupaten Rokan Hilir. Laporan Penelitian. Bagansiapiapi: Badan Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan Kabupaten Rokan Hilir dan Universitas Riau.

Erlina, Chuzaimah, & Fransisca, C. A. (2023). Level Keterbacaan Cerita Rakyat ‘Batin Mabot’ dalam ‘Patahnya Gunung Daik: Kumpulan Cerita Rakyat Kepulauan Riau’. Gaung: Jurnal Ragam Budaya Gemilang, Volume 1, Nomor 3, September 2023, 183-192. DOI: https://doi.org/10.55909/gj.v1i3.27

Rahman, E.& Jalil, A. (2004). Teori Sastra. Pekanbaru: Labor Bahasa, Sastra, dan Jurnalistik, Universitas Riau

Razak, A. (2010). Hantu Berburu: Sebuah Cerita Rakyat Lingga. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2011). Sengkang Kera: Kumpulan Cerita Rakyat Lingga. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2017). Patahnya Gunung Daik: Kumpulan Cerita Rakyat Kepulauan Riau. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A. (2022). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Sosial dan Eksanta.

Razak, A. (2022). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Downloads

Published

2024-10-13

How to Cite

Aryani, T. F., & Ariani, F. (2024). Prosedur Pembelajaran Apresiasi Cerita Rakyat Kepulauan Riau Menggunakan Teknik Kloz melalui Bahan Ajar Mandiri. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(5), 631–642. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.631