Pembelajaran Penempatan Tanda Jeda Pantun Menggunakan Pendekatan Proses melalui Bahan Ajar Inovatif
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.632Keywords:
pendekatan proses, bahan ajar inovatif, penempatan tanda jeda, pantunAbstract
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi: 1) prosedur penggunaan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar inovatif dalam pembelajaran penempatan tanda jeda pantun; 2) hasil belajar penggunaan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar inovatif dalam pembelajaran penempatan tanda jeda pantun. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 20 Batam, Kepulauan Riau pada awal semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 7C yang mengikuti pembelajaran penempatan tanda jeda pantun yang menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar inovatif. Mereka berjumlah 32 siswa. Sampel ditetapkan sebanyak 30 siswa yang dipilih secara random sederhana tanpa pengembalian. Instrumen pertama penelitian ini adalah rencana pembelajaran penempatan tanda jeda pantun menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar inovatif. Instrumen kedua adalah tes unjuk kerja penempatan tanda jeda pantun. Instrumen ketiga adalah tes unjuk kerja penempatan tanda jeda pantun. Semua instrumen disusun menggunakan prosedur objektif dan sistematis. Data prosedur pembelajaran dianalisis secara tematik, tanpa analisis statistik. Data penempatan tanda jeda pantun dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif yakni mean dan persen. Hasil penelitian: 1) prosedur penggunaan pendekatan keterampilan proses dam bahan ajar inovatif dalam pembelajaran penempatan tanda jeda pantun mencakup 3 jenis kegiatan awal, 32 jenis kegiatan inti, dan 4 jenis kegiatan akhir; 2) hasil belajar penggunaan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar inovatif dalam pembelajaran penempatan tanda jeda pantun mencapai batas minimal 75,00.
References
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer. Volume 14 , No. 1, Juni 2023, 15-31.
Andriyani, S. S., & Yuliana. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Pantun Tiga Seuntai melalui Two to Three Methods Berbasis LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 131–140. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.21
Banont, A. M. R. & Nur, B. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Opini Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 2, Nomor 4, Juli 2023, 499-508. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.614
Debataraja, M. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Gagasan Paragraf melalui Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin Pemaknaan Leksikal. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 391–400. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.285
Elmustian, E. Razak, A., & Kholijah, K. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Pantun Berpendekatan Konstruktivisme. Laporan Penelitian. Pekanbaru: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau.
Halil, M. A., & Hilmi, H. S. (2024). Pembelajaran Keterampilan Pantun Berbasis Teks Naratif Menggunakan T3M. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 227–234. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.583
Jarkasih, & Pasanea, E. Y. (2023). The Effectiveness of Copying Task Techniques in Teaching Materials for Learning to Appreciate the ’Putri Keong Mas’ Folklore. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(3), 159–172. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i3.18
Mondolalo, D., & Mulyadi. (2023). Keterampilan Menulis Struktur Deskripsi Umum Teks Deskripsi dalam Pembelajaran Menggunakan Teknik Tugas Menyalin Pendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 693–700. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.530
Mulyadi, M. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Topik Profetik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(4), 499–508. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.321
Pasmawati. (2023). Keampuhan Bahasa melalui Teknik Tugas Menyalin dalam LKPD Sederhana terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(6), 729–742.
Rahayu, S. P., & Ikhtiaruddin. (2024). The Learning Results for Skills in Reading Prophetic Short Story Texts Using Copying Task Techniques in Special Teaching Materials. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(2), 99–110. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i2.28
Razak, A. (2023). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.
Resnani, R. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Siswa Melalui Model Multiliterasi. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(1), 62–69. https://doi.org/10.33369/pgsd.14.1.62-69
Santoso, A. (2023). Rumus Slovin: Panacea Masalah Ukuran Sampel? SUKSMA: Jurnal Psikologi Universitas Sanata Dharma. Volume 4, Nomor 2, 24-43. DOI: https://doi.org/10.24071/suksma.v4i2.6434
Setiawan, N. (2007). Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie- Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya’. Bandung: Pustaka Ilmiah.
Rahayu, S. P., & Ikhtiaruddin. (2024). The Learning Results for Skills in Reading Prophetic Short Story Texts Using Copying Task Techniques in Special Teaching Materials. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(2), 99–110. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i2.28
Widiyani, R. (2024). Pencapaian Keterampilan Membaca Teks Eksplanasi melalui Penerapan Teknik Tugas Menyalin dalam Bahan Ajar Khusus . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 3, Nomor 3, Mei 2024, 361-370. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.592
(https://thexandria.com/unesco-tetapkan-pantun-sebagai-warisan-budaya-indonesia-dan-malaysia-cakeppppp/diakses pada 27/03/2021)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rita Amelia, Artimis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.