Penyusunan Tes Formatif Bentuk Pilihan Ganda Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Berbasis Validitas Isi

Authors

  • Iman Sabarullah SMA Negeri 1 Teluk Bintan, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Agustina SMA Negeri 1 Teluk Bintan, Kepulauan Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.634

Keywords:

validitas isi, tes formatif, bentuk pilihan ganda, keterampilan membac

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan: 1) perangkat tes pilihan ganda empat opsi keterampilan membaca teks eksposisi topik matematika berbasis validitas isi bagi siswa kelas X SMA; 2) perangkat tes pilihan ganda empat opsi keterampilan membaca teks eksposisi topik profetik berbasis validitas isi bagi siswa kelas X SMA. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Teluk Bintan pada semester ganjil 2024/2025. Penyusunan perangkat tes keterampilan membaca teks eksposisi dan profetik berbasis prosedur objektif yang deskriptif tanpa melibatkan penghitungan statistik. Kuesioner digunakan untuk memvalidasi secara internal prosedur penyusunan tes terutama perosedur penyusunan spesifikasi tes, memvalidasi secara internal kesesuaian antara butir tes dengan spesifikasi tes, dan memvalidasi secara internal objektivitas kunci tes. Hasil penelitian: 1) tersedianya perangkat tes pilihan ganda empat opsi keterampilan membaca teks eksposisi topik matematika berbasis validitas isi bagi siswa kelas X SMA yang berisi 12 butir pertanyaan yakni 2 pertanyaan tentang kalimat pokok, 4 pertanyaan tentang kalimat pendukung, 2 pertanyaan tentang gagasan pokok, dan 4 pertanyaan tentang gagasan pendukung; 2) tersedianya perangkat tes pilihan ganda empat opsi keterampilan membaca teks eksposisi topik profetik berbasis validitas isi bagi siswa kelas X SMA yang berisi 12 butir pertanyaan yakni 2 pertanyaan tentang kalimat pokok, 4 pertanyaan tentang kalimat pendukung, 2 pertanyaan tentang gagasan pokok, dan 4 pertanyaan tentang gagasan pendukung. 

References

Afrani, A., Suyatno, S., & Mulyono, M. (2024). Pemanfaatan Laman Let’s Read Kategori Cerita Rakyat sebagai Media Pembelajaran Inovatif BIPA Keterampilan Membaca. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 23(2), 146-157. https://doi.org/10.21009/bahtera.232.02

Akbar,S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fraenkel, Jack R.; Wallen, E. N.; Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Re- search in Education. New York: McGraw- Hill.

Fulcher, G. & Davidson, F. (2007). Language Testing and Assessment: An Advaced Resource Book. New York: Routledge Applied Linguistics.

Kusmiatun, A. (2018). Cerita Rakyat Indonesia Sebagai Materi Pembelajaran Bipa: Mengusung Masa Lalu Untuk Pembelajaran Bipa Masa Depan. Diksi, 26(1), 24–28.

Razak, A. (2022). Sengkang Kera: Kumpulan Cerita Rakyat Lingga. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.

Downloads

Published

2024-10-16

How to Cite

Sabarullah, I., & Agustina. (2024). Penyusunan Tes Formatif Bentuk Pilihan Ganda Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Berbasis Validitas Isi. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(5), 661–668. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.634