Penyusunan Tes Formatif Bentuk Pilihan Ganda Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Berbasis Validitas Isi
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.634Keywords:
validitas isi, tes formatif, bentuk pilihan ganda, keterampilan membacAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan: 1) perangkat tes pilihan ganda empat opsi keterampilan membaca teks eksposisi topik matematika berbasis validitas isi bagi siswa kelas X SMA; 2) perangkat tes pilihan ganda empat opsi keterampilan membaca teks eksposisi topik profetik berbasis validitas isi bagi siswa kelas X SMA. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Teluk Bintan pada semester ganjil 2024/2025. Penyusunan perangkat tes keterampilan membaca teks eksposisi dan profetik berbasis prosedur objektif yang deskriptif tanpa melibatkan penghitungan statistik. Kuesioner digunakan untuk memvalidasi secara internal prosedur penyusunan tes terutama perosedur penyusunan spesifikasi tes, memvalidasi secara internal kesesuaian antara butir tes dengan spesifikasi tes, dan memvalidasi secara internal objektivitas kunci tes. Hasil penelitian: 1) tersedianya perangkat tes pilihan ganda empat opsi keterampilan membaca teks eksposisi topik matematika berbasis validitas isi bagi siswa kelas X SMA yang berisi 12 butir pertanyaan yakni 2 pertanyaan tentang kalimat pokok, 4 pertanyaan tentang kalimat pendukung, 2 pertanyaan tentang gagasan pokok, dan 4 pertanyaan tentang gagasan pendukung; 2) tersedianya perangkat tes pilihan ganda empat opsi keterampilan membaca teks eksposisi topik profetik berbasis validitas isi bagi siswa kelas X SMA yang berisi 12 butir pertanyaan yakni 2 pertanyaan tentang kalimat pokok, 4 pertanyaan tentang kalimat pendukung, 2 pertanyaan tentang gagasan pokok, dan 4 pertanyaan tentang gagasan pendukung.
References
Afrani, A., Suyatno, S., & Mulyono, M. (2024). Pemanfaatan Laman Let’s Read Kategori Cerita Rakyat sebagai Media Pembelajaran Inovatif BIPA Keterampilan Membaca. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 23(2), 146-157. https://doi.org/10.21009/bahtera.232.02
Akbar,S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fraenkel, Jack R.; Wallen, E. N.; Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Re- search in Education. New York: McGraw- Hill.
Fulcher, G. & Davidson, F. (2007). Language Testing and Assessment: An Advaced Resource Book. New York: Routledge Applied Linguistics.
Kusmiatun, A. (2018). Cerita Rakyat Indonesia Sebagai Materi Pembelajaran Bipa: Mengusung Masa Lalu Untuk Pembelajaran Bipa Masa Depan. Diksi, 26(1), 24–28.
Razak, A. (2022). Sengkang Kera: Kumpulan Cerita Rakyat Lingga. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Iman Sabarullah, Agustina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.