Penyebab Utama Rendahnya Hasil Tes Formatif Keterampilan Menulis Paragraf Faktual
Metode Campuran Strategi Eksplanatori Sequensial
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.636Keywords:
faktor penyebab utama, keterampilan menulis, paragraf faktual, metode campuran, strategi eksplanatori sequensialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi: 1) hasil tes formatif keterampilan menulis paragraf faktual topik IPA; 2) faktor-faktor dominan yang menyebabkan tinggi-rendahnya hasil tes formatif keterampilan menulis paragraf faktual topik IPA. Artikel ini menggunakan metode campuran strategi eksplanatori sequensial. Populasi data kuantitatif yakni data keterampilan menulis paragraf faktual topik IPA adalah siswa kelas X SMA yang mengikuti tes keterampilan menulis paragraf faktual topik IPA yang berjumlah 215. Sampel ditetapkan sebanyak 140 siswa. Responden data kualitatif yakni faktor-faktor penyebab utama tinggi-rendahnya keterampilan menulis paragraf faktual topik IPA berjumlah 10 orang dari kelompok siswa dan 5 orang dari kelompok guru Bahasa Indonesia. Data kuantitatif dikumpulkan menggunakan instrumen tes esai versi google form opsi file upload. Data kualitatif dikumpulkan menggunakan instrumen pedoman wawancara. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif karena data berdistribusi tidak normal. Data kualitatif dianalisis secara tematik sehingga diperoleh faktor-faktor penyebab utama tinggi-rendahnya tingkat keterampilan menulis paragraf faktual topik IPA. Hasil penelitian: 1) hasil tes formatif keterampilan menulis sparagraf faktual topik IPA bagi siswa kelas X SMA berkategori rendah; 2) faktor utama yang menyebabkan rendahnya hasil tes formatif keterampilan menulis paragraf faktual topik IPA: a) buku Bahasa Indonesia untuk kelas X tidak memuat materi pembelajaran menulis paragraf faktual tetapi berisi pembelajaran menulis teks naratif; b) rendahnya sikap psikomotorik guru untuk menghadirkan bahan ajar keterampilan menulis paragraf faktual topik IPA; c) sikap bahasa siswa yang negatif.
References
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer. Volume 14 , No. 1, Juni 2023, 15-31.
Azwar, S. (2016). Konstruksi Tes Kemampuan Kognitif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Creswell, John W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Cetakan IV. Penerjemah: Ahmad Fawaid. Editor: Saifudin Zuhri Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Banont, A. M. R., & Nur, B. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Opini Menggunakan Metode Model dan Teknik Tugas Menyalin . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(4), 499–508. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.614
Creswell, J. W., Clack, Vicki, L. P., Gutmann, M. L., & Hansen, W. E. (2010). ‘Rancangan Penelitian Metode Campuran yang Modern’. Editor: Abbas Tashakkori dan Charles Teddlie. Handbook Mixed Methods in Social and Behavioral Research. Penerjemah: Daryanto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Curral, S. C. & Towler, A. J. (2010). ‘Metode Penelitian dalam Penelitian Manajemen dan Organisasi: Menuju Integrasi Teknik Kualitatif dan Kuantitatif’. Editor: Abbas Tashakkori dan Charles Teddlie. Handbook Mixed Methods in Social and Behavioral Research. Penerjemah: Daryanto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dalman, D. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Dornyei, Z. (2009). Research Methods in Applied Linguistics: Quantitative, Qualitative, and Mixeds Methodologies. London: Oxford University Press.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Re- search in Education. New York: McGraw- Hill.
Johnson, B. & Timer, L. A. (2010). 'Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Metode Campuran'. Handbooks Mixed Methods in Social and Behaveor Research. Editor: Abbas Tashakori dan Charles Teddlie. Penerjemah: Daryanto. Editor: Saifudin Zuhrin Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Juliantini, L. (2024). Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X: Editor: Rina Nurfauziah. Bogor: Quadra Inti Solusi
Juriati, J., & Muhamad, D. (2022). Efektivitas Teknik Substitusi Numerik dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Prosedur. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 85–92. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.15
Katsir, I. (2008). Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 7. Cetakan Kelima. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar dan Abu Ikhsan al-Atsari. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.
Kemper, Elizabeth A., Stringfield, S., & Teddie, C. (2010). ‘Teknik Penyampelan Metode Campuran dalam Penelitian Ilmu Sosial’. Editor: Abbas Tashakkori dan Charles Teddlie. Handbook Mixed Methods in Social and Behavioral Research. Penerjemah: Daryanto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Komariah, P. D. (2024). Bahasa Indonesia untuk SMK/MAK Kelas X. Editor: Nanda Restu Pratiwi & Rikard Rahmat. Jakarta: Erlangga.
Maxwell, J. A., & Loomis, D. (2010). ‘Rancangan Metode Campuran: Sebuah Pendekatan Alternatif’. Editor: Abbas Tashakkori dan Charles Teddlie. Handbook Mixed Methods in Social and Behavioral Research. Penerjemah: Daryanto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Morce, J. M. (2010). Prinsip-Prinsip Metode Campuran dan Rancangan Penelitian Multimedia. Handbooks Mixed Methods in Social and Behaveor Research. Editor: Abbas Tashakori dan Charles Teddlie. Penerjemah: Daryanto. Editor: Saifudin Zuhrin Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Onwuegbuzie, A. J. & Teddlie, C. (2010). 'Kerangka Analisis Dalam Penelitian Metode Campuran. Handbooks Mixed Methods in Social and Behaveor Research. Editor: Abbas Tashakori dan Charles Teddlie. Penerjemah: Daryanto. Editor: Saifudin Zuhrin Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.
Razak, A. (2015). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, A. (2019). How to Teach Your Student to Read and Warite: Student Worksheet in Elementary School. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, A. (2023). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Sadiah, T., & Herdiansyah, J. (2023). The Effectiveness of Numerical Substitution Techniques through Special Teaching Materials to Improve Mathematical Paragraph Writing Skills. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(3), 145–158. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i3.17
Santoso, A. (2023). Rumus Slovin: Panacea Masalah Ukuran Sampel? SUKSMA: Jurnal Psikologi Universitas Sanata Dharma. Volume 4, Nomor 2, 24-43. DOI: https://doi.org/10.24071/suksma.v4i2.6434
Tashakkori, A. & Teddlie, C. (2010). Masa Lalu dan Masa Depan Penelitian Metode Campuran: Dari Triangulasi Data Hingga Rancangan Model Campuran. Editor: Abbas Tashakkori dan Charles Teddlie. Handbook Mixed Methods in Social and Behavioral Research. Penerjemah: Daryanto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Waszak, C. & Sines, M. (2010). Metode Campuran dalam Penelitian Psikologis. Handbooks Mixed Methods in Social and Behaveor Research. Editor: Abbas Tashakori dan Charles Teddlie. Penerjemah: Daryanto. Editor: Saifudin Zuhrin Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abdul Razak
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.