Pembelajaran Mengedit Larik Pantun Profetik Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses melalui Bahan Ajar Pengayaan
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.640Keywords:
pembelajaran mengedit, larik pantun profetik, pendekatan keterampilan proses, bahan ajar pengayaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) prosedur pembelajaran mengedit larik pantun profetik menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar pengayaan; 2) hasil belajar mengedit larik pantun profetik menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar pengayaan; 3) sama-tidaknya hasil belajar mengedit larik pantun profetik menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar pengayaan per kelompok sampel. Metode deskriptif-kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini berlangsung di bulan Agustus 2024. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 6 SD Negeri Bangbayang 02 yang mengikuti pembelajaran mengedit larik pantun menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar pengayaan. Mereka berjumlah 32 siswa yang terbagi dari masingmasing 16 siswa dan siswi. Sampel dipilih secara random dari kelompok populasi sebanyak 30 siswa. Jumlah ini didasarkan kepada formula statistik. Data prosedur pembelajaran dikumpulkan menggunakan instrumen pedoman observasi. Data kuantitatif dikumpulkan menggunakan tes unjuk kerja mengedit larik pantun profetik. Daftar cek-ricek digunakan juga untuk memvalidasi data penelitian. Data mengedit larik pantun dianalisis menggunakan statistik inferensial parametrik. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaran mencakup 3 kegiatan awal, 18 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir; 2) hasil belajar mengedit pantun profetik menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar pengayaan mencapai skor baku 78,20 karena nilai t satu sampel sebesar 1,149 berada pada sig. 0,260 > 0,05 pada mean ekspektasi yang berkategori tinggi; 3) tidak terdapat perbedaan hasil belajar mengedit pantun profetik menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar pengayaan per kelompok sampel karena nilai t sampel independen sebesar 1,694 berada pada sig. 0,101 > 0,05.
References
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35-42. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Abidin, Z. (2016). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech, 1(1), 9–20. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1784
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.
Ahmady, A., Davarpanah, A., Mirshekari, B., & Boroumand-E Motlagh, S. (2020). The need for media literacy in public education. Journal of Advanced Pharmacy Education & Research, 10(1), 153-156.
Al-Aufi, A. (2020). Investigating Omani college teachers’ perspective on critical media literacy. AWEJ: Arab World English Journal, 1(1), 259-272.
Ainina, I. A. (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History Education, 3(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/3909
Amelia, R., & Artimis. (2024). Pembelajaran Penempatan Tanda Jeda Pantun Menggunakan Pendekatan Proses melalui Bahan Ajar Inovatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(5), 643–652. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.632
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer. Volume 14 , No. 1, Juni 2023, 15-31.
Andriani, R. & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Volume 4, Nomor 1, Januari 2019, 80-86.
Andriyani, S. S., & Yuliana. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Pantun Tiga Seuntai melalui Two to Three Methods Berbasis LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 131–140.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Editor: Jakarta: Raja Renika Cipta.
Astuti, N, P., & Probowisi, P. 2022. Peran Guru Dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (4), 1168-1176. DOI: http://dx.doi.org/ 10.33578/jpfkip.v11i4.8610.
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Jurnal Kreano, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534.
Azwar, S. (2013). Validitas dan Reliabilitas Tes. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Balaka, M. Y. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Editor: Iskandar Akhmaddien. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Chapelle, C. (2012). 'Validation Language Assessment'. Handbooks of Research in Second Language Teaching and Leraning. Volume 2. Editor: Eli Hinkel. New York: Routledge.
Daryusti, D., Novitri, R., & Muslim, M. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggali Isi dan Amanat Pantun di SD 01 Nan Sabaris. Jurnal Pendidikan Nasional, 2(1), 15–19. https://doi.org/10.55249/jpn.v2i1.23
Effendy, D. I., & Safhida, M. (2019). Social Media as a Form of Literary Learning Innovation for the Millennial. Proceeding of the International Conference on Literature, 262–269. https://doi.org/10.24815/.v1i1.14438
Elmustian, E., Razak, A., & Nurkholijah, N. (2021). Menulis Pantun: Bahan Ajar Pengayaan Bahasa Indonesia untuk Kelas X SMA/MA/SMK. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2, 172-182. DOI:10.22373/lj.v5i2.2838
Erniasih, U., & Pramono, S. E. (2018). Perbedaan Hasil Belajar dengan Menggunakan Media Video Edukasi Dan Media Video Dokumenter Pada Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 12 Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(2), 162–171. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27646
Fraenkel, J. R.; Wallen, N. E., Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.
Fujiyanto, A., Jayadinata, A. K., & Kurnia, D. (2016). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hubungan AntarMakhluk Hidup. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 841-850. https://doi.org/https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3576, DOI: https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3576
Halil, M. A., & Hilmi, H. S. (2024). Pembelajaran Keterampilan Pantun Berbasis Teks Naratif Menggunakan T3M. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 227–234. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.583
Hardianti, & Asri, W. K. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Video dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2), 123–130. https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4408
Intani, L., Ilyas, M., & Suhatmady, B. (2023). Development of Learning Media for Writing Pantun Based on Mobile Learning Using WordPress Content Management System. Lectura : Jurnal Pendidikan, 14(2), 408–420. https://doi.org/10.31849/lectura.v14i2.15100
Lidi, M. W. (2018). Pembelajaran Remedial sebagai suatu Upaya dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Volume 9, No. 1, Fondasia, 15-26, DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26158
Lisa, H., Mardiah, M., & Napratilora, M. (2020). Program Pesantren Kilat Ramadhan untuk Meningkatkan Motivasi Ibadah Siswa SMPN 3 Tembilahan Hulu. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 63–74. DOI: https://doi.org/10.46963/ams.v1i2.268
Maesaroh, S., & Mulyadiprana, A. (2020). Rancangan Multimedia Interaktif tentang Pantun untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 133–142. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i3.25338
Mahirah, K. H., & Widyartono, D. (2024). Implementasi Pembelajaran Inovatif melalui Media Permainan Ular Tangga sebagai Sarana Menulis Puisi di SMP. Journal of Language Literature and Arts, 4(2), 130–136. https://doi.org/10.17977/um064v4i22024p130-136
Malik, Ranbir S. & Hamied, Fuad A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.
Miftah, M. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 1. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v2n1.p1--12
Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal, Volume 4, Nomor 2, Juli, 87-97. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881
Nurdin, A, A., & Iskandar, S. (2022). Kemampuan Kepribadian Pemimpin Sekolah Masa Kini Dalam Motivasi Kinerja Guru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (2), 509-526. DOI: http:// dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8879Powerpoint. International Journal of Educational Research Review, 183–189. https://doi.org/10.24331/ijere.517997
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, Noviarni, & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan Video Pembelajaran Berbasis Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421
Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: UR Press.
Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.
Razak, A. (2022). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet dan Video Sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1238–1243. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9964
Rospiati, R. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Manajemen Pembelajaran Guru SMP Negeri. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (2), 547-557. DOI: http:/ /dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8649.
Santoso, A. (2023). Rumus Slovin: Panacea Masalah Ukuran Sampel? SUKSMA: Jurnal Psikologi Universitas Sanata Dharma. Volume 4, Nomor 2, 24-43. DOI: https://doi.org/10.24071/suksma.v4i2.6434
Semiawan, C. (1992). Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Renieka Cipta.
Setiawan, N. (2007). Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie- Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya. Makalah: Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.
Suyono, S. (2007). Penerapan Pembelajaran Berdasar Masalah untuk Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal Bercirikan Keterampilan Proses. Cakrawala Pendidikan. Vol. XXVI, No. 2, Juni 2007, 235-254.
Wardana, A., & Wachid, A. (2021). Pantun Sebagai Media Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 5(3), 603–610. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2178
Wilujeng, I., Setiawan, A., & Liliasari, L. (2020). Kompetensi IPA Terintegrasi melalui Pendekatan Keterampilan Proses Mahasiswa S-1 Pendidikan IPA. Cakrawala Pendidikan, Vol. XXIX No. 3, November 2020, 353-364
Valtonen, T., Tedre, M., Mäkitalo, K., & Vartiainen, H. (2019). Media literacy education in the age of machine learning. Journal of Media Literacy Education, 11(2), 20-36.
Zhang, L., Zhang, H., & Wang, K. (2020). Media literacy education and curriculum integration: A literature review. International Journal of Contemporary Education, 3(1), 55-64.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aan Hasanah, Ima Ni'mah Sayyidah Khodijah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.