Pembelajaran Apresiasi Cerita Rakyat ‘Candi Prambanan’ Menggunakan Teknik Baca-Tulis melalui Bahan Ajar Singkat
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.641Keywords:
pembelajaran cerita rakyat, Candi Prambanan, teknik baca-tulis, bahan ajar singkatAbstract
Penelitian deskriptif ini betujuan mendeskripsikan: 1) kesesuaian prosedur pembelajaran apresiasi cerita rakyat ‘Candi Prambanan’ menggunakan teknik baca-simak bermedia bahan ajar singkat dengan rencana pembelajaran; 2) keaktifan siswa dalam pembelajaran apresiasi cerita rakyat ‘Candi Prambanan’ menggunakan teknik baca-simak bermedia bahan ajar singkat. Penelitian ini yang menggunakan metode deskriptif ini berlangsung di awal semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 di kelas 5 SD Negeri 1 Bantul. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 5 SD Negeri 1 Bantul yang mengikuti pembelajaran apresiasi cerita rakyat ‘Candi Prambanan’ menggunakan teknik baca-simak bermedia bahan ajar singkat. Jumlah mereka 26 siswa yang sekaligus menjadi anggota sampel penelitian ini. Untuk mengumpulkan data prosedur pembelajaran cerita rakyat ‘Candi Prambanan’ dan data keaktifan belajar menggunakan teknik baca-simak bermedia bahan ajar singkat digunakan pedoman observasi. Data prosedur pembelajaran cerita rakyat ‘Candi Prambanan’ menggunakan teknik baca-simak bermedia bahan ajar singkat dianalisis secara tematik. Data keaktifan siswa dalm pembelajaran cerita rakyat ‘Candi Prambanan’ menggunakan teknik baca-simak bermedia bahan ajar singkat dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaran cerita rakyat ‘Candi Prambanan’ menggunakan teknik baca-simak bermedia bahan ajar singkat sesuai dengan rencana pembelajaran; 2) siswa aktif mengikuti pembelajaran cerita rakyat ‘Candi Prambanan’ menggunakan teknik baca-simak bermedia bahan ajar singkat.
References
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.
Andriani, R. & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Volume 4, Nomor 1, Januari 2019, 80-86.
Ahyar, A., & Apipurrohman, M. (2024). Cerita Rakyat Pavorit menurut Pilihan Tertulis Siswa Kelas Tinggi SD melalui Pembelajaran Ekstra. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(3), 397–404. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.596
Aryani, T. F., Ariani, F., & Amelia, R. (2024). Prosedur Perencanaan Pembelajaran Apresiasi Cerita Rakyat Kepulauan Riau Menggunakan Teknik Tes Teks Kloz. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 187–202. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.573
Aryani, T. F., & Ariani, F. (2024). Prosedur Pembelajaran Apresiasi Cerita Rakyat Kepulauan Riau Menggunakan Teknik Kloz melalui Bahan Ajar Mandiri. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(5), 631–642. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.631
Balaka, M. Y. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Editor: Iskandar Akhmaddien. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Debataraja, M. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Gagasan Paragraf melalui Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin Pemaknaan Leksikal. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(3), 391–400. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.285
Delfiana, D. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Prosedur Topik Perkalian Menggunakan Teknik Scaffolding dan Teknik Tugas Menyalin. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(4), 451–464. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.610
Harahap, A. Z., & Ningsih, S. D. (2024). Keterampilan Mengembangkan Paragraf Fiksi Menggunakan Metode Model dan Teknik Tugas Menyalin melalui Media LPKD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 179–186. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.577
Hariyati, S., Setiyawati, M., Inderawati, N., Dani, E., Asmiah, & Hayati, A. (2024). The Preparation of Student Worksheet for Cursive Writing Based on Pantun Using the Copy Assignment Technique. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(1), 53–60. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i1.23
Harjasujana, Ahmad S. & Damaianti, Vismaia S. (2013). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.
Malik, R. S. & Hamied, F. A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.
Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal, Volume 4, Nomor 2, Juli, 87-97. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881
Nurdin, A, A., & Iskandar, S. (2022). Kemampuan Kepribadian Pemimpin Sekolah Masa Kini Dalam Motivasi Kinerja Guru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (2), 509-526. DOI: http:// dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8879
Razak, A. (2017). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil.
Razak, A. (2018). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.
Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivime dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.
Razak, A. (2021). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Rospiati, R. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Manajemen Pembelajaran Guru SMP Negeri. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (2), 547-557. DOI: http:/ /dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8649.
Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media.
Wahyusari, A., Elfitri, L. ., & Juriati. (2024). Antonim Bahasa Melayu Kepulauan Riau dan Perencanaan Pembelajaran Terpadu Fokus Bahasa Indonesia melalui Teknik Tugas Menyalin. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(2), 141–152. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.574
Wibowo, K.P., & Marzuki. (2015). Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Harmoni Sosial. Jurnal Pendidikan IPS, September 2015, Volume 2, No. 2, 158-169, DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7667
Widoyoko, S.E.P., & Rinawati, A. (2012). Pengaruh Kinerja Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Juni 2012, Th. XXXI, No. 2, 278-289, DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v5i2.1563
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewanti Mashitoh Lukmawati, Radita Oktiwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.