Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Berbasis Artikel Ilmiah Jurnal Online Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses

Authors

  • Aryani SMA Negeri 7 Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
  • Ai Marhayanti Achmad SMA Negeri 4 Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.642

Keywords:

pembelajaran keterampilan membaca, teks eksposisi, artikel ilmiah, jurnal online, pendekatan keterampilan proses

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi: 1) prosedur pembelajaran keterampilan membaca teks eksposisi berbasis artikel ilmiah jurnal online menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui media google form; 2) hasil belajar keterampilan membaca teks eksposisi berbasis artikel ilmiah jurnal online menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui media google form; 3) sama-tidaknya hasil belajar keterampilan membaca teks eksposisi berbasis artikel ilmiah jurnal online menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui media google form per jenis kelamin per asal sekolah. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 7 Pontianak. Penelitian berlangsung pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Pontianak yang mengikuti pembelajaran keterampilan membaca teks eksposisi berbasis artikel ilmiah jurnal online menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui media google form. Mereka berjumlah 33 siswa. Sampel ditetapkan sebanyak 31 siswa melalui formula statistik. Instrumen utama adalah tes keterampilan membaca teks eksposisi berbasis artikel ilmiah jurnal online melalui media google form. Data pembelajaran dianalisis secara tematik. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji satu sampel dan uji t sampel berpasangan melalui penghitungan SPSS. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaran keterampilan membaca teks eksposisi berbasis artikel ilmiah jurnal online menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui media google form mencakup 4 kegiatan awal, 35 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir; 2) hasil belajar keterampilan membaca teks eksposisi berbasis artikel ilmiah jurnal online menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui media google form berkategori tinggi; 3) hasil belajar keterampilan membaca teks eksposisi berbasis artikel ilmiah jurnal online menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui media google form per gender per kecepatan submit. 

References

Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.

Alfalah, A., Firnadia, E., & Jendriadi. (2022). Keefektifan Teknik Tes Menggunakan Media Literasi Digital dalam Kuliah Bahasa Indonesia terhadap Mahasiswa Baru. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(5), 693–700. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.194

Amalia, R. & Artimis, A. (2024). Pembelajaran Penempatan Tanda Jeda Pantun Menggunakan Pendekatan Proses melalui Bahan Ajar Inovatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 3, Nomor 5, September 2024, 643-652. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.632

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer. Volume 14 , No. 1, Juni 2023, 15-31.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Editor: Jakarta: Raja Renika Cipta.

Aryani, A. & Achmad, A. M. (2024). Pembelajaran Apresiasi Cerita Rakyat Kabupaten Lingga Berbasis Artikel Ilmiah Jurnal Online melalui Media Google Form. Gaung: Jurnal Ragam Budaya Gemilang, Volume 2, Nomor 3, September 2024, 199-214. DOI: https://doi.org/10.55909/gj.v2i3.71

Asy-Syinawi, A. A. (2013). Biografi Imam Syafi’i: Kehidupan, Sikap, dan Pendapatnya. Penerjemah: Abdul Majid. Editor: YasirAmri.Solo:Aqwam

Azwar, S. (2016). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Balaka, M. Y. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Editor: Iskandar Akhmaddien. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Efendi, M., Safitri, D., & Mirawati. (2022). Kecepatan Memindai Kamus Manual Menggunakan Media Chart Ekspose Siswa SMA Negeri 1 Keritang, Indragiri Hilir . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(5), 685–692. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.189

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Volume 5, Nomor 2, 172-182. DOI:10.22373/lj.v5i2.2838

Harahap, A. Z., & Ningsih, S. D. (2024). Keterampilan Mengembangkan Paragraf Fiksi Menggunakan Metode Model dan Teknik Tugas Menyalin melalui Media LPKD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 179–186. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.577

Karisma, B. (2023). Teknik Tes File Upload dan Multiple Choice di Google Form dalam Pembelajaran Membaca Teks Eksposisi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(6), 775–786. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.548

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida’, 37(1), 27-35.

Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal, Volume 4, Nomor 2, Juli, 87-97. DOI:http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i2.188

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Volume 8, Nomor 2, Desember 2010, 1-10.

Mukhlis, M. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa melalui Pembelajaran Model Problem Solving Materi Stoikiometri. Lantanida Journal, Volume 5, Nomor 2, 145-159, DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2836

Priatno, B., & Zulfadhli, M. (2023). Uji Keterbacaan Teks Eksposisi dalam Artikel Ilmiah Jurnal Online Menggunakan Teknik Tes Kloz. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 273–280. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.258

Pujadi, A. (2007). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa, Studi Kasus di Fakultas Ekonomi. Businees and Management Journal Bunda Mulia. 3(2), 40-51.

Razak, A. (2017). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.

Rospiati, R. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Manajemen Pembelajaran Guru SMP Negeri. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (2), 547-557. DOI:h t t p : / / d x . d o i . o r g / 1 0 . 3 3 5 7 8 /jpfkip.v11i2.8649

Sabariah, S. & Norisah, N. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Eksposisi melalui Media LKPD Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 223–232. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.252

Santoso, A. (2023). Rumus Slovin: Panacea Masalah Ukuran Sampel? SUKSMA: Jurnal Psikologi Universitas Sanata Dharma. Volume 4, Nomor 2, 24-43. DOI: https://doi.org/10.24071/suksma.v4i2.6434

Sariasih, Y., & Praditha, L. E. (2023). The Writing Skills for Online Journal Scientific Article Recommendations for Tidar University Students. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i1.4

Suyono, S. (2007). Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal Bercirikan Keterampilan Proses. Cakrawala Pendidikan. Vol. XXVI, No. 2, Juni 2007, 235-254, DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.8582

Umroh, H., Sanjaya, B., & Ridwan, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Ispring Suite 9 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(2), 102–118. https://doi.org/10.46963/aulia.v9i2.1377

Wilujeng, I., Setiawan, A., & Liliasari, L. (2020). Kompetensi IPA Terintegrasi melalui Pendekatan Keterampilan Proses Mahasiswa S-1 Pendidikan IPA. Cakrawala Pendidikan, Vol. XXIX No. 3, November 2020, 353-364, DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.363

Yassin, N., & Harun, S. H. (2024). Perencanaan Pembelajaran Kecepatan Memindai Lema Sastra dalam Kamus Manual Menggunakan Model dan Media Chart Ekspose. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(1), 85–92. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.564

Yuniarti, L., Putria, Y. Z., & Gusriani, A. (2023). The Relationship between Reading Skills of Online Journal Articles and Writing Skills Reduction of Online Journal Article Findings. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(1), 13–22. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i1.7

Zita, Z. (2023). Keterampilan Membaca Teks Eksposisi: Perbandingan antara Topik Profetik dan Topik Matematika. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(4), 489–498. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.320

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

Aryani, & Achmad, A. M. (2024). Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Berbasis Artikel Ilmiah Jurnal Online Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(6), 731–744. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.642