Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin dalam Pembelajaran Online Keterampilan Memperkuat Rima Pantun

Authors

  • Abdul Razak Lembaga Riset Pendidikan Sosial dan Eksakta
  • Elmustian Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.644

Keywords:

pendekatan keterampilan proses, eknik tugas menyalin, pembelajaran online, memperkuat rima pantun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi: 1) hasil belajar keterampilan memperkuat rima interlarik pantun dalam bait sampiran melalui pendekatan keterampilan proses dan teknik tugas menyalin dalam pembelajaran online; 2) hasil belajar keterampilan memperkuat rima interlarik pantun dalam bait sampiran melalui pendekatan keterampilan proses dan teknik tugas menyalin dalam pembelajaran online per kelompok sampel. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas X SMA Negeri 1 Rupat Utara, siswa kelas X SMA Negeri 1 Bungaraya, dan siswa kelas X SMA Negeri 1 Keritang yang mengikuti pembelajaran memperkuat rima interlarik dalam sampiran pantun melalui pendekatan keterampilan proses dan teknik tugas menyalin melalui pembelajaran online via google form. Anggota populasi berjumlah 97 siswa yang terbagi dari 34 siswa kelas X SMA Negeri 1 Rupat Utara, 32 siswa kelas X SMA Negeri 1 Bungaraya, dan 31 siswa kelas X SMA Negeri 1 Keritang. Sampel ditetapkan sebanyak 75 siswa atas dasar rumusan statistik. Anggota sampel kelas X SMA Negeri 1 Rupat Utara sebanyak 34 siswa. Anggota sampel kelas X SMA Negeri 1 Bungaraya berjumlah 32 siswa. Anggota sampel kelas X SMA Negeri 1 Keritang berjumlah 31 siswa. Tes jawaban singkat digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar memperkuat rima pantun dalam bait sampiran via google form. Daftar cek-ricek digunakan untuk memvalidasi data keterampilan memperkuat rima pantun dalam bait sampiran dan memvalidasi data hasil analisis. Data dianalis menggunakan prosedur deskriptif untuk rumusan masalah-1. Data untuk rumusan masalah-2 dianalisis menggunakan prosedur Anova searah. Hasil penelitian: 1) hasil belajar online keterampilan memperkuat rima satu larik pantun dalam bait sampiran berlevel-4 (peprsentase rima terhadap jumlah bunyi pada satu larik sebesar 50,00-60,00; 2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan online memperkuat rima satu larik pantun dalam bait sampiran per kelompok sampel. 

References

Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.

Alfalah, A., & Razak, A. (2023). Prates Keterampilan Membaca Kritis Aspek Nonnaratif Artikel Ilmiah Jurnal Online. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(6), 755–764. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.547

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer. Volume 14, No. 1, Juni 2023, 15-31.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Editor: Jakarta: Raja Renika Cipta.

Aryani, T. F., Ariani, F., & Amelia, R. (2024). Prosedur Perencanaan Pembelajaran Apresiasi Cerita Rakyat Kepulauan Riau Menggunakan Teknik Tes Teks Kloz. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 187–202. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.573

Balaka, M. Y. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Editor: Iskandar Akhmaddien. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Damayanti, W., & Hamidah, S. (2023). The Aplication of the Constructivism Approach in Learning the Skills of Reading Scientific Articles in Online Journals. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(2), 61–72. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i2.8

Delfiana, D. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Prosedur Topik Perkalian Menggunakan Teknik Scaffolding dan Teknik Tugas Menyalin. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(4), 451–464. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.610

Diputra, K. S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 125–133.

Farokhah, L., Agustina, A., & Syahrami, J. A. (2024). Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Cerpen Profetik Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik melalui LPKD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 271–280. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.579

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.

Listini, L., Parwanti, S., Gunawan, G., ustofa, M., & Danto, D., REfson, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Model Pembelajaran Word Square pada Kelas VIII. Jurnal Bindo Sastra. Volume 5, Nomor 2, 47-52, DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v5i2.4277

Malik, R.S. & Hamied, F.A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.

Majdina, N. I., Pratikno, B., & Tripena, A. (2024). Penentuan Ukuran Sampel Menggunakan Rumus Bernoulli Slovin: Konsep dan Aplikasinya. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol. 16 No. 1, Juni 2024, 73-84.

Maryani, I., & Yusparizan. (2023). Peningkatan Kemampuan Menyampaikan Pesan dalam Cerita Rakyat melalui Teknik Tugas Menyalin Berbasis LKPD Berpendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 181–190. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.249

Mondolalo, D., & Mulyadi. (2023). Keterampilan Menulis Struktur Deskripsi Umum Teks Deskripsi dalam Pembelajaran Menggunakan Teknik Tugas Menyalin Pendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 693–700. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.530

Mukhlis, M. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa melalui Pembelajaran Model Problem Solving Materi Stoikiometri. Lantanida Journal, Volume 5, Nomor 2, 145-159, DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2836

Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal, Volume 4, Nomor 2, Juli, 87-97. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i2.188

Mulyadi. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Topik Profetik . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(4), 499–508. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.321

Mustakdiakh, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Google Form terhadap Keterampilan Membaca Teks Laporan Hasil Observasi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(4), 519–526. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.323

Pasmawati. (2023). Keampuhan Bahasa melalui Teknik Tugas Menyalin dalam LKPD Sederhana terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(6), 729–742. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.543

Priatno, B., & Zulfadhli, M. (2023). Uji Keterbacaan Teks Eksposisi dalam Artikel Ilmiah Jurnal Online Menggunakan Teknik Tes Kloz. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 273–280. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.258

Puspita, A. M. I., & Purwo, S. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Literasi Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Al Aulad: Journal of Islamic Primary Education.Volume 2, Nomor 1, 1-7, DOI :10.15575/al-aulad.v2i1.4426

Puspita, A. M. I., Puspitaningsih, F., & Cahyono, Y. N. (2022). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Audiobook Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Al Aulad: Journal of Islamic Primary Education.Volume 5, Nomor 1, 1-11, DOI :10.15575/al-aulad.v5i1.10191

Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Razak, A. (2017). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2021). How to Teach Your Student to Read and Warite: Student Worksheet in Senior High School School. Pekanbaru: Ababil Press.

Rizkyanfi, M. W., & Isnaini, H. (2023). Prates Keterampilan Membaca Artikel Ilmiah Jurnal Elekronik Menggunakan Media Google Form bagi Mahasiswa Baru. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(1), 117–124. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i1.229

Sa’adah. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Paragraf Berbasis Matematika melalui Teknik Tes Pilihan Ganda Menggunakan Media Alternatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 213–222. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.248

Sabariah, S. & Norisah, N. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Eksposisi melalui Media LKPD Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 223–232. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.252

Santoso, A. (2023). Rumus Slovin: Panacea Masalah Ukuran Sampel? SUKSMA: Jurnal Psikologi Universitas Sanata Dharma. Volume 4, Nomor 2, 24-43. DOI: https://doi.org/10.24071/suksma.v4i2.6434

Sugiarti, U. (2012). Pentingnya Pembinaan Kegiatan sebagai Implikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 1, Nomor 2, 11-18, DOI : 10.24114/bss.v1i1.201

Suwena, I. N., & Putra, P. H. P. (2024). Pembelajaran Keterampilan Membaca Lanjut Menggunakan Teknik Tes Jawaban Singkat Terpadu dalam Bahan Ajar Manual. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(5), 677–684. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.637

Sustiyaningsih, S., Jumiah, J., Citra, Y., & Yanti, S. (2023). Pengaruh Teknik Tugas Menyalin melalui Media LKPD terhadap Keterampilan Melafalkan Kata Dasar Suku Tertutup. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 639–650. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.483

Zulfadhli, M. (2022). Pengetahuan tentang Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa Baru: :Hasil Prates Menggunakan Google Form. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.10

Downloads

Published

2024-11-23

How to Cite

Razak, A., & Elmustian. (2024). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin dalam Pembelajaran Online Keterampilan Memperkuat Rima Pantun. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(6), 761–774. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.644