Reproduksi Bahan Ajar Cerita Rakyat ‘Tupai dan Buaya’ Menggunakan Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.645Keywords:
reproduksi bahan aja, cerita takyat, teknik tugas menyalin, teknik tesAbstract
Cerita rakyat berbasis kearifan lokal Kabupaten Lingga, Provinsi Riau tersedia dalam bentuk buku cetak. Satu di antara cerita rakyat itu berjudul ‘Sengkang Kera: Kumpulan Cerita Rakyat Kabupaten Lingga’. Buku cerita ini berisi 10 cerita, yakni: 1) Sengkang Kera; 2) Ngidam Daging Pelanduk; 3) Tupai dan Buaya; 4) Nyamuk Penasaran; 5) Wak Wang; 6) Elang dan Yaoben; 7) Karena Ular; 8) Yaoben; 9) Sekatimono; 10) Burung Kayangan. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan: 1) profil bahan ajar apresiasi cerita rakyat ‘Tupai dan Buaya’ menggunakan teknik tugas menyalin; 2) satu unit tes jawaban singkat berbasis cerita rakyat ‘Tupai dan Buaya’ sebagai teknik pembelajaran untuk siswa kelas tinggi SD. Penelitian berlangsung di semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Data cerita rakyat ‘Tupai dan Buaya’ dikumpulkan melalui teknik dokumentasi. Melalui teknik ini digunakan pula instrumen nontes yakni pedoman observasi. Instrumen ini dipakai untuk memperoleh deskripsi cerita rakyat ‘Tupai dan Buaya’ yang diperoleh dari teknik dokumentasi. Data cerita rakyat yang direproduksi ke dalam bahan ajar divalidasi menggunakan teknik triangulasi waktu. Hasil penelitian: 1) tersedianya bahan ajar apresiasi cerita rakyat ‘Tupai dan Buaya’ menggunakan teknik tugas menyalin untuk siswa kelas timggi SD yang melibatkan 12 item tugas menyalin dan melibatkan 11 item tugas menyalin untuk materi unsur intrinsik; 2) tersedianya 11 soal jawaban singkat berbasis cerita rakyat ‘Tupai dan Buaya’ untuk siswa kelas tinggi SD.
References
bubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.
Anggito, A. & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Editor: Deffi Lestari. Sukabumi: Jejak.
Balaka, M. Y. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Editor: Iskandar Akhmaddien. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Banont, A. M. R., & Nur, B. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Opini Menggunakan Metode Model dan Teknik Tugas Menyalin . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(4), 499–508. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.614
Mansyur, M., Dahlan, M. A., & Okhtiyanto, R. (2023). Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru untuk Menyusun Tes Pilihan Ganda sebagai Teknik Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 625–638. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.482
Mulyadi, M. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Topik Profetik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(4), 499–508. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.321
Indariawan, A., Ismail, H., & Hilmi, H. S. (2022). Pengembangan Teks Kloz sebagai Teknik Pembelajaran Keterampilan Membaca Cerpen Faktual Profetik di SMP/MTs. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 651–660. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.147
Juriati, J. & Razak, A. (2023). Tokoh, Tema, dan Amanat Cerita Rakyat ‘Wak Wang’ menurut Penilaian Siswa SMA Negeri 2Senayang. Gaung: Jurnal Ragam Budaya Gemilang, Volume 1, Nomor 2, Mei 2023, 141-148. DOI: https://doi.org/10.55909/gj.v1i2.15
Kusumastuti, A. & Khoirun, A. M. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Soekarno Pressindo.
Razak, A. (2011). Sengkang Kera: Kumpulan Cerita Rakyat Lingga. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, A. (2017). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil.
Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivime dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.
Royani, R., & Sumantri, W. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menentukan Huruf Kapital dalam Paragraf Morse Menggunakan Teknik Tes melalui Bahan Ajar Spesial. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(4), 509–518. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.615
Sa’adah, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Paragraf Berbasis Matematika melalui Teknik Tes Pilihan Ganda Menggunakan Media Alternatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(2), 213–222. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.248
Sabariah, & Norisah. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Eksposisi melalui Media LKPD Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 223–232. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.252
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syarifah Farianti, Amrillah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.