Prosedur Pembelajaran Menentukan Kalimat Pendukung Menggunakan Teknik Latihan Intensif melalui Media Kartu Soal
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.646Keywords:
osedur pembelajaran, menentukan kalimat pendukung, teknik latihan intensi, media kartu soalAbstract
Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan: 1) prosedur pembelajaran menentukan kalimat pendukung atas dasar kalimat utama menggunakan teknik latihan intensif melalui media kartu soal opsi pilihan ganda banyak kunci bagi siswa kelas 6 SD Negeri 17 Kota Bengkulu; 2) hasil belajar menentukan kalimat pendukung atas dasar kalimat utama menggunakan teknik latihan intensif melalui media kartu soal opsi pilihan ganda banyak kunci bagi siswa kelas 6 SD Negeri 17 Kota Bengkulu. Penelitian berlangsung di semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 6 SD Negeri 17 Kota Bengkulu yang mengikuti pembelajaran dan tes menentukan kalimat pendukung atas dasar kalimat utama menggunakan teknik latihan intensif melalui media kartu soal opsi pilihan ganda banyak kunci. Para siswa berjumlah 20 orang. Sampel ditetapkan sebanyak anggota populasi. Pedoman observasi digunakan untuk mengumpulkan data pembelajaran. Tes pilihan ganda banyak kunci digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar menentukan kalimat pendukung atas dasar kalimat utama menggunakan teknik latihan intensif melalui media kartu soal opsi pilihan ganda banyak kunci bagi siswa kelas 6 SD Negeri 17 Kota Bengkulu. Data pembelajaran dianalisis secara tematik sedangkan data hasil belajar dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaran menentukan kalimat pendukung atas dasar kalimat utama menggunakan teknik latihan intensif melalui media kartu soal opsi pilihan ganda banyak kunci bagi siswa kelas 6 SD Negeri 17 Kota Bengkulu melibatkan 3 kegiatan awal, 15 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir; 2) hasil belajar menetapkan kalimat pendukung atas dasar kalimat utama menggunakan teknik latihan intensif melalui media kartu soal opsi pilihan ganda banyak kunci bagi siswa kelas 6 SD Negeri 17 Kota Bengkulu mencapai mean 72,50.
References
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Editor: Jakarta: Raja Renika Cipta.
Balaka, M. Y. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Editor: Iskandar Akhmaddien. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Harjasujana, A. S. & Damaianti, V. S. (2013). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.
Hasanah, B. N., & Suhendar, D. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Induktif Berbasis Paragraf Deduktif Menggunakan Bahan Ajar Pengayaan. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(5), 693–700. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.639
Kusmiati, A., & Mariah, E. S. (2024). Keterampilan Menemukan Ide Pokok Teks Laporan dalam Pembelajaran Mengguna-kan Pendekatan Konstruktivisme melalui Teknik Scaffolding. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(1), 117–128. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.567
Malik, R. S. & Hamied, F. A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.
Razak, A. (2004). Formula 247 Plus: Metode Mendidik Anak Menjadi Pembaca yang Sukses. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autogradika.
Razak, A. (2017). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil.
Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.
Sa’adah, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Paragraf Berbasis Matematika melalui Teknik Tes Pilihan Ganda Menggunakan Media Alternatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 213–222. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.248
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rita Susana, E. Berkah Srimulyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.