Peringkat Cerita Rakyat Kalimantan Tengah menurut Pilihan Siswa Kelas Tinggi

Authors

  • Syahminan SD Negeri 2 Kotawaringin Hilir, Kalimantan Tengah, Indonesia
  • Marlina Wati D Negeri 2 Kotawaringin Hilir, Kalimantan Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.648

Keywords:

: peringkat cerita rakya, Kalimantan Tengah, pilihan siswa, kelas tinggi

Abstract

Inilah tiga di antara banyak cerita rakyat Kalimantan Tengah, yakni: 1) Asal Usul Pulau Nusa; 2) Asal Usul Danau Malewa; 3) Asal Usul Burung Elang. Cerita rakyat ini tersebar di media sosial sehingga mudah diakses. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan: 1) peringkat cerita rakyat Kalimantan Tengah menurut pilihan siswa kelas tinggi; 2) sama-tidaknya peringkat cerita rakyat Kalimantan Tengah menurut pilihan siswa kelas tinggi per kelompok sampel. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 2 Kotawaringin Hilir pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas tinggi yang mengikuti pembelajaran apresiasi cerita rakyat Kalimantan Tengah. Mereka berjumlah 61 siswa yang terdiri atas 30 siswa kelas 5 dan 31 siswa kelas 6. Sampel ditetapkan sebanyak 53 siswa berdasarkan rumus statistik. Jumlah ini terdiri atas 27 siswa kelas 5 dan 26 siswa kelas 6. Untuk mengumpulkan data cerita rakyat Kalimantan Tengah menurut pilihan siswa kelas tinggi digunakan instrumen nontes yakni kuesioner. Pedoman cek-ricek juga digunakan yang bertujuan untuk memvalidasi secara internal baik data yang terkumpul maupun hasil analisis data. Data penelitian dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif yakni frekuensi dan persen. Hasil penelitian: 1) peringkat-1 cerita rakyat Kalimantan Tengah menurut pilihan siswa kelas tinggi adalah Asal Usul Pulau Nusa; peringkat-2 adalah Asal Usul Burung Elang; dan 3) peringkat-3 adalah Asala Usul Danau Malewa; 2) terdapat perbedaan cerita rakyat Kalimantan Tengah menurut pilihan siswa kelas tinggi per kelompok sampel. 

References

Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.

Afriza, A., & Zulfadhli, M. (2022). Peringkat Cerita Rakyat ‘Patahnya Gunung Daik: Kumpulan Cerita Rakyat Kepulauan Riau’ menurut Persepsi Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 623–638. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.145

Agustina, A., Yuliana,Y., & Erlina, E. (2024). Reproduksi dan Keterbacaan Cerita Rakyat ‘Hantu Berburu’ melalui Formula Kriteria Indeks Fog Modifikasi Abdul Razak. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(4), 465–478. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.612

Aminah, & Magal, M. . . (2024). Hubungan antara Keterampilan Membaca Pemahaman dan Penguasaan Matematika Indikator Aritmatika Sosial. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(3), 353–360. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.591

Anggito, A. & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Editor: Deffi Lestari. Sukabumi: Jejak.

Balagaize, H. T., & Asrori, M. (2024). Kelayakan Bahasa Cerita Rakyat Papua bagi Siswa Kelas Tinggi SD/MI menurut Indeks Fog. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(1), 101–108, https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.568

Balaka, M. Y. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Editor: Iskandar Akhmaddien. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Danandjaja, J. (2002). Foklore Indonesia Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama.

Debataraja, M. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Gagasan Paragraf melalui Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin Pemaknaan Leksikal. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 391–400. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.285

Fraenkel, Jack R.; Wallen, N. E., Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.

Hariyati, S. (2022). Komparasi antara Penguasaan Soal Cerita Matematika dan Membaca Instruksi Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 65–74. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.1

Harjasujana, Ahmad S. & Damaianti, Vismaia S. (2013). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.

Malik, R. S. & Hamied, F. A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.

Razak, A. (2017). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil.

Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.

Zaenuddin, A. R., Djuanda, D., Syahid, A. A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Membaca dengan Menerapkan Model Pembelajaran Quantum Berbantuan Komputer dalam Menentukan Kalimat Utama pada Tiap Paragaraf. Jurnal Pena Ilmiah Volume 2, Nomor 1, 2017, 1521-1530.

https://seringjalan.com/5-cerita-rakyat-dari-kalimantan-tengah/; diakses pada Sabtu, 2 November 2024

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Syahminan, & Wati, M. (2024). Peringkat Cerita Rakyat Kalimantan Tengah menurut Pilihan Siswa Kelas Tinggi. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(6), 801–808. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.648