Peringkat Cerita Rakyat Kalimantan Tengah menurut Pilihan Siswa Kelas Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.648Keywords:
: peringkat cerita rakya, Kalimantan Tengah, pilihan siswa, kelas tinggiAbstract
Inilah tiga di antara banyak cerita rakyat Kalimantan Tengah, yakni: 1) Asal Usul Pulau Nusa; 2) Asal Usul Danau Malewa; 3) Asal Usul Burung Elang. Cerita rakyat ini tersebar di media sosial sehingga mudah diakses. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan: 1) peringkat cerita rakyat Kalimantan Tengah menurut pilihan siswa kelas tinggi; 2) sama-tidaknya peringkat cerita rakyat Kalimantan Tengah menurut pilihan siswa kelas tinggi per kelompok sampel. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 2 Kotawaringin Hilir pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas tinggi yang mengikuti pembelajaran apresiasi cerita rakyat Kalimantan Tengah. Mereka berjumlah 61 siswa yang terdiri atas 30 siswa kelas 5 dan 31 siswa kelas 6. Sampel ditetapkan sebanyak 53 siswa berdasarkan rumus statistik. Jumlah ini terdiri atas 27 siswa kelas 5 dan 26 siswa kelas 6. Untuk mengumpulkan data cerita rakyat Kalimantan Tengah menurut pilihan siswa kelas tinggi digunakan instrumen nontes yakni kuesioner. Pedoman cek-ricek juga digunakan yang bertujuan untuk memvalidasi secara internal baik data yang terkumpul maupun hasil analisis data. Data penelitian dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif yakni frekuensi dan persen. Hasil penelitian: 1) peringkat-1 cerita rakyat Kalimantan Tengah menurut pilihan siswa kelas tinggi adalah Asal Usul Pulau Nusa; peringkat-2 adalah Asal Usul Burung Elang; dan 3) peringkat-3 adalah Asala Usul Danau Malewa; 2) terdapat perbedaan cerita rakyat Kalimantan Tengah menurut pilihan siswa kelas tinggi per kelompok sampel.
References
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.
Afriza, A., & Zulfadhli, M. (2022). Peringkat Cerita Rakyat ‘Patahnya Gunung Daik: Kumpulan Cerita Rakyat Kepulauan Riau’ menurut Persepsi Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 623–638. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.145
Agustina, A., Yuliana,Y., & Erlina, E. (2024). Reproduksi dan Keterbacaan Cerita Rakyat ‘Hantu Berburu’ melalui Formula Kriteria Indeks Fog Modifikasi Abdul Razak. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(4), 465–478. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.612
Aminah, & Magal, M. . . (2024). Hubungan antara Keterampilan Membaca Pemahaman dan Penguasaan Matematika Indikator Aritmatika Sosial. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(3), 353–360. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.591
Anggito, A. & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Editor: Deffi Lestari. Sukabumi: Jejak.
Balagaize, H. T., & Asrori, M. (2024). Kelayakan Bahasa Cerita Rakyat Papua bagi Siswa Kelas Tinggi SD/MI menurut Indeks Fog. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(1), 101–108, https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i1.568
Balaka, M. Y. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Editor: Iskandar Akhmaddien. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Danandjaja, J. (2002). Foklore Indonesia Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama.
Debataraja, M. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Gagasan Paragraf melalui Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin Pemaknaan Leksikal. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 391–400. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.285
Fraenkel, Jack R.; Wallen, N. E., Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.
Hariyati, S. (2022). Komparasi antara Penguasaan Soal Cerita Matematika dan Membaca Instruksi Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 65–74. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.1
Harjasujana, Ahmad S. & Damaianti, Vismaia S. (2013). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.
Malik, R. S. & Hamied, F. A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.
Razak, A. (2017). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil.
Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.
Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.
Zaenuddin, A. R., Djuanda, D., Syahid, A. A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Membaca dengan Menerapkan Model Pembelajaran Quantum Berbantuan Komputer dalam Menentukan Kalimat Utama pada Tiap Paragaraf. Jurnal Pena Ilmiah Volume 2, Nomor 1, 2017, 1521-1530.
https://seringjalan.com/5-cerita-rakyat-dari-kalimantan-tengah/; diakses pada Sabtu, 2 November 2024
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syahminan, Marlina Wati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.