Peningkatan Penguasaan Frase Menggunakan Teknik Ganda melalui Media Lembar Kerja Siswa
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.652Keywords:
peningkatan penguasaan frase, teknik ganda, lembar kerja siswaAbstract
Pembelajaran penguasan aspek membaca dan menulis lanjut bagi siswa kelas tinggi SD sangat urgen. Untuk memotivasi siswa mengikuti pembelajaran, digunakan materi frase pesona yakni frase yang khusus berisi tentang orang dari berbagai perspektif. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan: 1) hasil prates penguasaan frase pesona; 2) prosedur pembelajaran penguasaan frase menggunakan teknik ganda melalui LKS; 3) hasil postes penguasaan frase pesona menggunakan teknik ganda melalui LKS. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri I Timika pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 6 yang mengikuti prates penguasaan frase pesona, yang mengikuti pembelajaran penguasaan frase menggunakan teknik ganda melalui LKS, dan yang mengikuti postes penguasaan frase pesona. Mereka berjumlah 21 siswa. Sampel ditetapkan sebanyak populasi yakni 21 siswa karena penelitian ini menerapkan sampel ttoal. Data pembelajaran dikumpulkan menggunakan pedoman observasi. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan instrumen tes. Data pembelajaran dianalisis secara tematik sedangkan data hasil belajar dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif. Hasil penelitian: 1) mean prates penguasaan frase pesona siswa kelas 6 SD Negeri I Timika menghasilkan skor baku 56,67; 2) prosedur pembelajaran frase pesona menggunakan teknik ganda melalui LKS melibatkan 3 kegiatan awal, 19 kegiatan inti, dan 3 kegiatan akhir; 3) mean postes penguasaan frase siswa kelas 6 SD Negeri I Timika menghasilkan mean skor baku 76,67 dan nilai minimal 55,00 serta nilai maksimal 100,00.
References
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aqib, Z., Jaiyaroh, S., Diniati, E., & Khotimah, K. (2011). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas: Interpretasi dan Komputasi. Yogyakarta: Liberty.
Bahri, A. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fahmi dkk. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Editor: Adirasa Hadi Prasetyo. Indramayu, Jawa Barat: Adab.
Fraenkel, Jack R.; Wallen, N. E., Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.
Harjasujana, A. S. & Damaianti, Vismaia S. (2013). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.
Malik, R. S. & Hamied, F. A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.
Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.
Razak, A. (2017). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil.
Razak, A. (2010). Penelitian Pendidikan: Deskripsi, Eksposisi, dan Argumentasi. Pekanbaru: Ababil Press.
Rostiana, H. N., & Fitri, Y. (2024). Rencana dan Hasil Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Deskripsi Menggunakan Teknik Tugas Menyalin melalui Media LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 235–242. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.582
Royani, R., & Sumantri, W. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menentukan Huruf Kapital dalam Paragraf Morse Menggunakan Teknik Tes melalui Bahan Ajar Spesial. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(4), 509–518. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.615
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwena, I. N., & Putra, P. H. P. (2024). Pembelajaran Keterampilan Membaca Lanjut Menggunakan Teknik Tes Jawaban Singkat Terpadu dalam Bahan Ajar Manual. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(5), 677–684. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.637
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Magdalena Tubultenan, Wasti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.