Pembelajaran Identifikasi Pendekatan Kajian Sastra melalui Bahan Ajar Berbasis Google Form Menggunakan Teknik Ganda

Authors

  • Welsi Damayanti Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia
  • Istiqomah Putri Lushinta Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.653

Keywords:

identifikasi pendekatan, kajian sastra, bahan ajar, google form, teknik ganda

Abstract

Google form memiliki banyak fungsi dalam dunia pendidikan. Di antara fungsi itu adalah dapat dijadikan media untuk menempatkan bahan ajar dan strategi pembelajaran seperti teknik tugas menyalin dan teknik tes dalam suatu pembelajaran di perguruan tinggi. Penelitian ini betujuan untuk mengeksplorasi: 1) prosedur pembelajaran identifikasi pendekatan kajian sastra melalui bahan ajar berbasis google form menggunakan teknik ganda; 2) hasil belajar identifikasi pendekatan kajian sastra melalui bahan ajar berbasis google form menggunakan teknik ganda. Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Indonesia pada semester ganjil tahun akademis 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah para mahasiswa semester-1 yang mengikuti prosedur pembelajaran identifikasi pendekatan kajian sastra melalui bahan ajar berbasis google form menggunakan teknik ganda. Mereka berjumlah 24 mahasiswa yang submit dari 27 mahasiswa. Seluh anggota populasi diikutsertakan menjadi anggota sampel. Data pembelajaran dikumpulkan menggunakan teknik tes via google form. Data pembelajaran dianalisis secara tematik sedangkan data hasil belajar dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaran identifikasi pendekatan kajian sastra melalui bahan ajar berbasis google form menggunakan teknik ganda melibatkan 3 kegiatan awal, 35 kegiatan inti, dan 5 kegiatan akhir; 2) hasil belajar identifikasi pendekatan kajian sastra melalui bahan ajar berbasis google form menggunakan teknik ganda mencapai nilai mean A. 

References

Akbar,S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Aryani, T. F., Ariani, F., & Amelia, R. (2024). Prosedur Perencanaan Pembelajaran Apresiasi Cerita Rakyat Kepulauan Riau Menggunakan Teknik Tes Teks Kloz. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 187–202. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.573

Aryani, T. F., & Ariani, F. (2024). Prosedur Pembelajaran Apresiasi Cerita Rakyat Kepulauan Riau Menggunakan Teknik Kloz melalui Bahan Ajar Mandiri. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(5), 631–642. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.631

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas: Interpretasi dan Komputasi. Yogyakarta: Liberty.

Banont, A. M. R., & Nur, B. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Opini Menggunakan Metode Model dan Teknik Tugas Menyalin . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(4), 499–508. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.614

Damayanti, W. (2024). ‘Sastra sebagai Media Komunikasi Politik dan Sosial’. Komunikasi dan Seni Sastra. Editor: Kadek Ayu Ekasari. Bali: Infes Media.

Daeng, S., Hairuddin, Raharjo, S., Jauharsah, & Prasetyo, G. (2023). Prosedur Pengadaan Teks Kloz Versi Cerpen Profetik sebagai Media Pembelajaran Membaca Pemahaman. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 597–612. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.459

Delfiana. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Prosedur Topik Perkalian Menggunakan Teknik Scaffolding dan Teknik Tugas Menyalin. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(4), 451–464. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.610

Fraenkel, Jack R.; Wallen, N. E., Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition New York: McGraw-Hill.

Harahap, A. Z., & Ningsih, S. D. (2024). Keterampilan Mengembangkan Paragraf Fiksi Menggunakan Metode Model dan Teknik Tugas Menyalin melalui Media LPKD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 179–186.

Hasanah, B. N., & Suhendar, D. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Induktif Berbasis Paragraf Deduktif Menggunakan Bahan Ajar Pengayaan. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(5), 693–700.

Karisma, B., & Azizah, N. (2023). Teknik Tes File Upload dan Multiple Choice di Google Form dalam Pembelajaran Membaca Teks Eksposisi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(6), 775–786.

Listiyanti, S. P., & Nanda, Y. (2024). Penggunaan Metode Model dan Pendekatan Individual dalam Pembelajaran Keterampilan Deklamasi Pantun. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(5), 623–630. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.630

Malik, R. S. & Hamied, F. A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.

Mulyadi, M. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Topik Profetik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(4), 499–508.

Purwanto, N. M. (2008). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.

Razak, A. (2017). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Damayanti, W., & Lushinta, I. P. (2024). Pembelajaran Identifikasi Pendekatan Kajian Sastra melalui Bahan Ajar Berbasis Google Form Menggunakan Teknik Ganda. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(6), 825–832. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.653