Pelatihan Menulis Proposal Penelitian Tindakan Kelas Menggunakan Pendekatan Berbasis Aktivitas di Pondok Pesantren Nurul Fitri

Authors

  • Neneng Maelasari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Bale Bandung, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i2.697

Keywords:

menulis proposal, penelitian tindakan kelas, pendekatan berbasis aktivitas

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) prosedur pelatihan pola workshop menulis proposal penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan berbasis aktivitas; 2) hasil pelatihan pola workshop menulis proposal penelitian tindakan kelas berbasis pendekatan aktivitas menggunakan pendekatan berbasis aktivitas. Pendekatan berbasis aktivitas (activity-based approach) merupakan suatu pendekatan yang di dalamnya terdiri atas berbagai aktivitas. Aktivitas ini ditinjau dari berbagai aspek yakni (1) aspek kognitif yang meliputi aktivitas berpikir, intelektual, dan bernalar, (2) aspek afektif meliputi aktivitas emosional/sikap, dan mental/rohani, (3) aspek psikomotor yang meliputi aktivitas fisik/jasmani dan aktivitas keterampilan berbahasa, serta aktivitas mengindera (visual, auditorial, dan kinestetik). Kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Nurul Fitri Kabupaten Karawang. Kegiatan dilakukan pada tanggal 18 Desember 2024. Peserta pelatihan adalah para guru guru TK, SD, SMP, dan SMA Pondok Pesantren Nurul Fitri di Kabupaten Purwakarta. Mereka berjumlah 32 orang yang terbagi dari 4 guru TK, 8 guru SD, 10 guru SMP, dan 10 guru SMA. Pelatihan ini menggunakan metode workshop sehingga melahirkan produk yakni proposal penelitian tindakan kelas per kelompok peserta. Perangkat pelatihan pertama adalah bahan ajar menulis proposal penelitian tindakan kelas yang disusun khusus menggunakan pendekatan berbasis aktivitas. Data hasil pelatihan dikumpulkan menggunakan tes keterampilan menulis proposal penelitian tindakan kelas yang disusun secara objektif dan sistematis sehingga memenuhi syarat tes yang valid. Data prosedur pelatihan pola workshop menulis proposal penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan berbasis aktivitas dianalisis secara kualitatif. Data hasil pelatihan pola workshop menulis proposal penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan berbasis aktivitas dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif. Hasil pelatihan: 1) prosedur pelatihan pola workshop menulis proposal penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan berbasis aktivitas melibatkan 3 kegiatan awal, 31 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir; 2) enam proposal penelitian tindakan kelas sebagai produk workshop. 

References

A.R., Syamsuddin & Damaianti, V. S. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Akhadiah, S. dkk. (1995). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Andriani, R. & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Volume 4, Nomor 1, Januari 2019, 80-86.

Apriliya, S., & Keliobas, S. (2025). The Learning Outcomes of Writing Paragraphs Procedural Skills on Mathematical Topics Using Numerical Substitution Techniques through Special Teaching Materials. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 3(1), 45–52. https://doi.org/10.55909/dj3l.v3i1.42

Arikunto, S., Supardi, S., & Suharjo, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Azizah, D. (2016). Penerapan Differentiated Instruction terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 1–8. https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/article/view/1017

Dewi, Y. S., Halil, M. A., Hasanah, A., & Damayanti, D. A. (2025). The Prophetic Short Story Reading Skills Learning Using Constructivism Approach via File Upload Google Form Option. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 3(1), 29–44. https://doi.org/10.55909/dj3l.v3i1.41

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2, 172-182. DOI: 10.22373/lj.v5i2.2838

Fraenkel, J. R., Wallen, E. N., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition. New York: McGraw-Hill.

Hapsari, T. P. R. N., & Wulandari, A. (2020). Analisis Kelayakan Buku Ajar Milenial Berbasis Augmented Reality (AR) sebagai Media Pembelajaran Teks Prosedur di Magelang. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(4), 351-364. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i4.125

Harjasujana, A. S., & Damaianti, V. S. (2013). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.

Kriswanto, M., & Fauzi, N. B. (2023). Inovasi Diferensiasi Produk dengan Metode Alih Wahana pada Materi Teks Laporan Hasil Observasi. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(1), 43-52. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i1.53

Liadi, F. at al. (2018). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme sebagai Upaya Meningkatkan Meningkatkan Membaca Pemahaman Interpretatif bagi Siswa. Jurnal Transformatif, Volume 2, Nomor 1, April 2018, 17-26.

Maelasari, N. (2009). Model Pembelajaran Menulis Karya Tulis Ilmiah dengan Menggunakan Pendekatan Berbasis Aktivitas. Tesis. Bandung: Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia.

Manurung, J. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Mardiana, D. & Pane, R. (2023). Keterampilan Membaca Teks Deskripsi Topik Profetik Siswa Kelas VIII SMP Al-Kahfi International School Batam. Pembahas: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 2, Nomor 4, Juli 2023, 461-470. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.318

Misyani, M. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Pengukuran Sudut Pelajaran Matematika Melalui Penerapkan Pembelajaran Two Stray Two Stay Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Merigi Kabupaten Kepahiang. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 120–127. https://doi.org/10.33369/pgsd.11.2.120-127

Mondolalo, D., & Mulyadi, M. (2023). Keterampilan Menulis Struktur Deskripsi Umum Teks Deskripsi dalam Pembelajaran Menggunakan Teknik Tugas Menyalin Pendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 693–700. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.530

Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal, Volume 4, Nomor 2, Juli, 87-97. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881

Mulyo, S., Ilyas, M., & Ridhani, A. (2019). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Dengan Metode Field Trip pada Peserta Didik Kelas IX SMP Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(2), 115-126. https://doi.org/10.30872/diglosia.v2i2.23

Mustakdiakh, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Google Form terhadap Keterampilan Membaca Teks Laporan Hasil Observasi. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(4), 519–526. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i4.323

Nasir, F., Azainil, A., & Hudiyono, Y. (2023). Pengaruh Kepercayaan Diri, Minat Belajar, dan Peran Orang Tua terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Pada Materi Teks Negosiasi Kelas X SMAN 10 Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(1), 65-78. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i1.603

Niswanti, S., Novmarengga, Maulana, Y., & Asahy, F. (2023). Efektivitas Pendekatan Konstruktivisme melalui Media LKPD dalam Pembelajaran Pengetahuan Struktur dan Skema Teks Deskripsi Profetik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 683–692. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.527

Putri, A. L., Yulistio, D., & Utomo, P. (2021). Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Seluma. Jurnal Ilmiah Korpus, Volume 5, Nomor 1, 2021, 45-51.

Putri, L. M., & Ramadhan, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 13-30. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i1.316

Raman, M. (2007). Activity-Based Approach for Teaching Scientific and Technical Writing in English. India: Langages Group.

Razak, A. (2010). Metode Penelitian: Deskripsi, Eksposisi, dan Argumentasi. Pekanbaru: Autografika.

Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A., Syihabuddin, Damaianti, V. S., & Mulyati, Y. (2020). The Effectiveness of Islamic Characters by Approaching Constructivism in Reading Understanding Ability. JOMSIGN: Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling, 4(2),1-12. https://ejournal.upi.edu/index.php/JOMSIGN/article/view/26214

Razak, A. (2025). Reproduksi Teks Prosedur Topik Matematika dan Sain Berbasis Kelayakan Isi dan Kelayakan Bahasa. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i1.669

Reyaan, C., & Wutwensa, N. Y. (2024). The Reproduction of Mathematics Theme Procedure Paragraphs for Reading Skills Learning Materials. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(2), 111–120. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i2.29

Rivai, R., & Hartani, N. O. (2023). Keterampilan Menyelesaikan Aritmatika Sosial dan Membaca Paragraf Faktual Siswa Kelas 7 SMP Negeri 63 Batam. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 379–390. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.287

Rusyana, Y. (1994). Keterampilan Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sadiah, T., & Herdiansyah, J. (2023). The Effectiveness of Numerical Substitution Techniques through Special Teaching Materials to Improve Mathematical Paragraph Writing Skills. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(3), 145–158. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i3.17

Saputri, N. W., & Zulkardi. (2020). Pengembangan LKPD Pemodelan Matematika Siswa SMP Menggunakan Konteks Ojek Online. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 1–14.

Sugiyono, S. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Slam, Z. (2021). Metode Penelitian Tindakan Kelas: Dilengkapi Contoh Proposal dan Laporan Hasil Penelitian PTK. Pasuruan: Qiara Media.

Supardan, D. (2016). Teori dan Praktik Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jurnal Edunomic, Volume 4, No.1, Tahun 2016, 1-12.

Supriyadi, S. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Berpendekatan Konstruktivisme. Litera: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Volume 14, Nomor 2, Oktober 2015, 361-375.

Sutoyo, S. (2020). Teknik Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas. Penyunting. Hasna Wijaya. Suraakarta: UNISRI Press.

Suyanto, S. & Jihad, A. (2016). Betapa Mudah Menyusun Tulisan Ilmiah. Jakarta: Erlangga.

Tampubolon, D.P. (1987). Membaca Pemahaman: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.

Tompkins, K. (1987). Language Arts: Content and Teaching Strategies.New York. Charles E. Merril Publishing Company.

Winarni, E. W., Koto, I., Yusnia, Ventri, & Putri. (2023). Studi Deskriptif Penggunaan Bahan Ajar IPA Berbasis STEAM untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 16(2), 133–140. https://doi.org/10.33369/pgsd.16.2.133-140

Yanti, R., & Harti, S. (2022). Hubungan antara Keterampilan Membaca Teks Laporan Hasil Observasi dan Keterampilan Membaca Teks Prosedur. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 661–668. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.149

Zazuli, M. Z., Auzar, & Faizah, H. (2023). The Student Assessment of the Use of Online Journal-Based Google Form Media in Learning to Write Procedure Texts. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(2), 85–98. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i2.10

Zazuli, M. Z., Hermandra, H., Mustafa, M. N. (2025). Learning to Write Procedural Texts on Mathmatics Topik Using Multiple Stategies through Google Form Based Teaching Materials. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 9(1) 126-143. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v9i1.10159.

Zulharby, P., Rafli, Z., & Setiadi, S. (2022). Interferensi Morfologi Bahasa Pertama terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(4), 749-762. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i4.510

Downloads

Published

2025-03-05

How to Cite

Maelasari, N. (2025). Pelatihan Menulis Proposal Penelitian Tindakan Kelas Menggunakan Pendekatan Berbasis Aktivitas di Pondok Pesantren Nurul Fitri . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 4(2), 175–186. https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i2.697

Issue

Section

Articles