Pembelajaran Menulis Daftar Pustaka Artikel Ilmiah Menggunakan Strategi Ganda Berbasis Google Form Opsi File Upload
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i2.698Keywords:
menulis daftar pustaka, artikel ilmiah, srategi ganda, google form, file uploadAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi: 1) prosedur pembelajaran keterampilan menulis daftar pustaka artikel ilmiah menggunakan pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes melalui bahan ajar berbasis google form opsi file upload; 2) hasil belajar keterampilan menulis daftar pustaka artikel ilmiah menggunakan pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes melalui bahan ajar berbasis google form opsi file upload. Penelitian ini berlangsung di semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025. Populasi penelitin ini adalah para siswa kelas XII SMA Negeri 12 Pekanbaru. Mereka berjumlah 34 siswa. Sampel penelitian diterapkan sebanyak 32 siswa yang dipilih secara random sederhana tanpa pengembalian. Pedoman observasi digunakan untuk mengumpulkan data prosedur pembelajaran. Instrumen ini disusun berdasarkan spesifikasi pedoman observasi. Tes keterampilan menulis daftar pustaka artikel ilmiah digunakan untuk memperoleh data hasil belajar. Tes berbentuk tertulis berbasis kasus. Untuk memvalidasi data dan hasil analisis data secara internal digunakan daftar cek-ricek. Data prosedur keterampilan menulis daftar pustaka artikel ilmiah menggunakan pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes melalui bahan ajar berbasis google form opsi file upload dianalisis secara tematik. Data hasil belajar dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial parametrik. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaran keterampilan menulis daftar pustaka artikel ilmiah menggunakan pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes melalui bahan ajar berbasis google form opsi file upload melibatkan 3 kegiatan awal, 19 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir; 2) hasil belajar keterampilan menulis daftar pustaka artikel ilmiah menggunakan pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes melalui bahan ajar berbasis google form opsi file upload mencapai target mean baku 85,00.
References
Amaya, M., & Robo, A. (2024). Pembelajaran Menulis Paragraf Faktual Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tes Pilahan Ganda. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 793–800. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.647
Andriani, R. & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Volume 4, Nomor 1, Januari 2019, 80-86.
Achmad, A., Chuzaimah, & Hilmi, H. S. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Isi Surat Lamaran Pekerjaan Menggunakan Metode Model Bermedia LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 121–130. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.20
Aryani, A. & Achmad, A. M. (2024). Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Berbasis Artikel Ilmiah Jurnal Online Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 731–744. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.642
Astuti, N, P., & Probowisi, P. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar,11 (4), 1168-1176. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8610
Banont, A. M. R., & Nur, B. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Opini Menggunakan Metode Model dan Teknik Tugas Menyalin . Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(4), 499–508. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.614
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1989). Educationa Research: An Intriduction, Fith Edition. New York: Pitman Publishing Inc.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Penerjemah: Ahmad Fawaid. Editor: Saifudin Zuhri Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daniar, M. A., Soe’oed, R., & Hefni, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Game dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas XI. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 71-82. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i1.332
Damayanti, W., & Hamidah, S. (2023). The Writing Skills Reducing Background of Scientific Articles Online Journal of Indonesian Education University Freshmen. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i1.1
Damayanti, W., Harini, Y. N., & Lushinta, I. P. (2024). Tema dan Amanat Sastra Nusantara menurut Apresiasi Mahasiswa melalui Teknologi Informasi Digital. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(3), 323–342. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.588
Delfiana, D. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Paragraf Prosedur Topik Perkalian Menggunakan Teknik Scaffolding dan Teknik Tugas Menyalin. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(4), 451–464. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i4.610
Dewi, Y. S. & Nurhasanah, N. (2022). Keefektifan Teknik Debat untuk Penyusunan Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa Baru. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(2), 227–234. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.29
Dewi, Y. S., Halil, M. A., Hasanah, A., & Damayanti, D. A. (2025). The Prophetic Short Story Reading Skills Learning Using Constructivism Approach via File Upload Google Form Option. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 3(1), 29–44. https://doi.org/10.55909/dj3l.v3i1.41
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2, 172-182. DOI: 10.22373/lj.v5i2.2838
Farianti, S., & Amrillah. (2024). Reproduksi Bahan Ajar Cerita Rakyat ‘Tupai dan Buaya’ Menggunakan Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 775–784. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.645
Florina, N., & Atmazaki, A. (2023). Pengaruh Model Flipped Classroom dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Proposal Kegiatan Siswa Kelas XI. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(1), 79-94. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i1.624
Fraenkel, J. R., Wallen, E. N., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition. New York: McGraw-Hill.
Furqon, F. (2018). Statistik Terapan untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Harjasujana, A. S., & Damaianti, V. S. (2013). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.
Hasanah, A., & Hasanah, E. (2024). Pembelajaran Mengedit Larik Pantun Profetik Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses melalui Bahan Ajar Pengayaan. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 701–714. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.640
Jarkasih, & Pasanea, E. Y. (2023). The Effectiveness of Copying Task Techniques in Teaching Materials for Learning to Appreciate the ’Putri Keong Mas’ Folklore. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(3), 159–172. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i3.18
Kusno, A., Arifin, M. B., & Mulawarman, W. G. (2022). Identifikasi Konteks Ekstralingual Virtual Bahasa Media Sosial sebagai Penunjang Analisis Bahasa sebagai Alat Bukti Hukum. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1s), 261-282. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i1s.401
Lukmawati, D. M., & Oktiwati, R. . . (2024). Pembelajaran Apresiasi Cerita Rakyat ‘Candi Prambanan’ Menggunakan Teknik Baca-Tulis melalui Bahan Ajar Singkat. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 715–730. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.641
Malik, R. S., & Hamied, F. A. (2014). Research Methods: A Guide for Firt Time Researches. Bandung: UPI Press.
Maryani, I., & Yusparizan. (2023). Peningkatan Kemampuan Menyampaikan Pesan dalam Cerita Rakyat melalui Teknik Tugas Menyalin Berbasis LKPD Berpendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 181–190. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.249
Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 1, Nomor 2, 2013, 95-105.
Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal, Volume 4, Nomor 2, Juli, 87-97. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881
Mulyadi, M. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Topik Profetik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(4), 499–508.
Ngubaidillah, A. & Kartadie, R. (2018). Pengaruh Media Visual Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 35, Nomor 2, Tahun 2018, 95-102.
Nurdin, A, A., & Iskandar, S. (2022). Kemampuan Kepribadian Pemimpin Sekolah Masa Kini dalam Motivasi Kinerja Guru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (2), 509-526. DOI: h t t p : / / d x . d o i . o r g / 1 0 . 3 3 5 7 8 /jpfkip.v11i2.8879
Priatno, B., & Zulfadhli, M. (2023). Uji Keterbacaan Teks Eksposisi dalam Artikel Ilmiah Jurnal Online Menggunakan Teknik Tes Kloz. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 273–280. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.258
Rahayu, M. S., & Sukmawan, F. R. (2024). The Teaching Materials Using Short Answer Option Test Techniques for Integrated Learning Focusing on Indonesian. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(1), 41–52. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i1.21
Rahayu, S. P., & Ikhtiaruddin. (2024). The Learning Results for Skills in Reading Prophetic Short Story Texts Using Copying Task Techniques in Special Teaching Materials. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(2), 99–110. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i2.28
Razak, A. (2015). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.
Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, A. (2020). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Razak, A. (2024). Penyebab Utama Rendahnya Hasil Tes Formatif Keterampilan Menulis Paragraf Faktual: Metode Campuran Strategi Eksplanatori Sequensial. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(5), 669–676. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i5.636
Razak, A., & Elmustian, E. (2024). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin dalam Pembelajaran Online Keterampilan Memperkuat Rima Pantun. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 761–774. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.644
Reynolds, D. & Goodwin, A. (2016). Supporting Students Reading Complex Texts: Evidence for Motivational Scaffolding. AERA Open, October-December 2016, Vol. 2, No. 4, 1 –16.
Rospiati, R. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Manajemen Pembelajaran Guru SMP Negeri. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (2), 547-557. DOI: h t t p : / / d x . d o i . o r g / 1 0 . 3 3 5 7 8 / jpfkip.v11i2.8649.
Safitri, D., & Mirawati, M. (2022). Keterampilan Memahami Isi Struktur Tesis Teks Eksposisi: Klasifikasi Bentuk dan Sifat Teks. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(4), 421–430. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.58
Sari, T. H. (2023). The Learning Exposition Text Reading Skills Using Test Techniques through Digital Literacy Media. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(2), 111–120. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i2.12
Satria, S. & Suntoko, S. (2022). Pembelajaran Kemampuan Menggali Isi Teks Eksplanasi melalui Teknik Kloz di Kelas VI SD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(2), 151–160. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.14
Sutardi, S. & Sugiharsono, S. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi, Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 188-198. DOI: https://doi.org/ 10.21831/hsjpi.v3i2.8400
Tyas, D. K., Winarti, A., & Rini, Y. D. R. (2022). Keterampilan Menulis Teks Eksposisi dan Teks Eksplanasi Siswa SMA Negeri 3 Sintang, Kalimatan Barat. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 607–622. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.144
Umar, U. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, Volume 11, Nomor 1, Edisi Januari-Juli 2014, 131-144.
Wahidin, U. & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam Vol. 07, No. 1, 2018, 47-65.
Widiastuti, R., Elmustian, E. & Syafrial, S. (2023). The Development of an Assessment Instrument for Learning the Meaning of Proverbs through Essay Tests Using Google Form Media. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(2), 73–84. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i2.9
Zazuli, M. Z., Auzar, & Faizah, H. (2023). The Student Assessment of the Use of Online Journal-Based Google Form Media in Learning to Write Procedure Texts. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(2), 85–98. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i2.10
Zazuli, M.Z., Hermandra, H., & Mustafa, M.N. (2025). Learning to Write Procedural Texts on Mathematics Topic Using Mutiple Strategies Through Google Form-Based Learning Materials. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 9(1), 126-143. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v9i1.10159
Zulfadhli, M. (2022). Pengetahuan tentang Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa Baru: :Hasil Prates Menggunakan Google Form. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.10
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abdul Razak

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.