Pembelajaran Menemukan Amanat Kisah Teladan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme melalui Google Form

Authors

  • Sumiharti Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Batanghari, Jambi, Indonesia
  • Triana Hesti Sari SMA Negeri 5 Kota Jambi, Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i2.704

Keywords:

pembelajaran amanat, kisah teladan, pendekatan konstruktivisme, google form

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi: 1) prosedur pembelajaran menemukan amanat kisah teladan menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui google form opsi file upload; 2) hasil belajar menemukan amanat kisah teladan menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui google form opsi file upload. Penelitian ini berlangsung di semester genap tahun akademik 2024/2025. Populasi penelitin ini adalah para siswa kelas X SMA Negeri 5 Kota Jambi yang mengikuti pembelajaran menemukan amanat kisah teladan menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui google form opsi file upload. Mereka berjumlah 32 siswa. Sampel ditetapkan sebanyak 30 siswa berdasarkan formula statistik. Pedoman observasi digunakan untuk mengumpulkan data prosedur pembelajaran. Instrumen tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar menemukan amanat kisah teladan. Tes berbentuk objektif disusun secara objektif dan sistematis sehingga terpenuhi syarat tes yang memiliki validitas isi. Data prosedur pembelajaran menemukan amanat kisah teladan menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui google form opsi file upload dianalisis secara tematik. Data hasil belajar dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial parametrik. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaran menemukan amanat kisah teladan menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui google form opsi file upload melibatkan 3 kegiatan awal, 20 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir; 2) hasil belajar menemukan amanat kisah teladan menggunakan pendekatan konstruktivisme melalui google form opsi file upload mencapai target mean baku 87,50. 

References

Abubakar, R. (2021). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Cetakan Kedua. Bandung: Rosda Remajakarya.

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer. Volume 14 , No. 1, Juni 2023, 15-31.

Azwar, S. (2013). Validitas dan Reliabilitas Tes. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Balaka, M. Y. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Editor: Iskandar Akhmaddien. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Penerjemah: Ahmad Fawaid. Editor: Saifudin Zuhri Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dafittra, F., Putri, A. H., Miswanto, & Nurlela. (2023). Pengaruh Teknik Scaffolding Berbasis Media Inovatif dalam Pembelajaran Menulis Struktur Tesis Teks Eksposisi Profetik. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(5), 667–674. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.528

Damayanti, W. (2022). Keefektifan Metode Model Teknik Tugas Menyalin dalam Pembelajaran Pengetahuan Menulis Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa Baru. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(3), 293–300. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.45, https://pembahas.dialeks.id/index.php/jp/article/view/45

Damayanti, W., Harini, Y. N., & Lushinta, I. P. (2024). Tema dan Amanat Sastra Nusantara menurut Apresiasi Mahasiswa melalui Teknologi Informasi Digital. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(3), 323–342. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i3.588

Debataraja, M. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Gagasan Paragraf melalui Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin Pemaknaan Leksikal. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3), 391–400. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.285

Fraenkel, J. R., Wallen, E. W., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.

Harahap, A. Z., & Nugroho, R. A. (2022). Amanat Utama Cerpen Faktual Profetik ‘Sengketa Bayi’ menurut Respon Siswa Kelas X dan XI . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(3), 321–332. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.49

Harjasujana, A. S., & Damaianti, V. S. (2013). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara

Jarkasih, & Pasanea, E. Y. (2023). The Effectiveness of Copying Task Techniques in Teaching Materials for Learning to Appreciate the ’Putri Keong Mas’ Folklore. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(3), 159–172. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i3.18

Karisma, B., & Azizah, N. (2023). Teknik Tes File Upload dan Multiple Choice di Google Form dalam Pembelajaran Membaca Teks Eksposisi . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(6), 775–786. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.548

Mahamod, Z. (2014). Inovasi P & P dalam Pendidikan Bahasa Melayu. Tanjong Malim, Perak, Malaysia: Universiti Pendidikan Sultan Idris

Mondolalo, D., & Mulyadi, M. (2023). Keterampilan Menulis Struktur Deskripsi Umum Teks Deskripsi dalam Pembelajaran Menggunakan Teknik Tugas Menyalin Pendekatan Individual. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 693–700. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.530

Niswanti, S., Novmarengga, Maulana, Y., & Asahy, F. (2023). Efektivitas Pendekatan Konstruktivisme melalui Media LKPD dalam Pembelajaran Pengetahuan Struktur dan Skema Teks Deskripsi Profetik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(5), 683–692. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.527

Priatno, B., Suntoko, & Aminudin, A. A. (2025). Pembelajaran Amanat Utama Cerpen Profetik ‘Tidur di Masjid’ Menggunakan Metode Tanya Jawab. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 4(1), 133–140. https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i1.684

Rahayu, S. P., & Ikhtiaruddin. (2024). The Learning Results for Skills in Reading Prophetic Short Story Texts Using Copying Task Techniques in Special Teaching Materials. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(2), 99–110. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i2.28

Rahayu, M. S., & Sukmawan, F. R. (2024). The Teaching Materials Using Short Answer Option Test Techniques for Integrated Learning Focusing on Indonesian. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(1), 41–52. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i1.21

Razak, A., Syihabuddin, S., Damaianti, V.S., Mulyati, Y. (2020). The Effectiveness of Islamic Characters by Approaching Construtivism ini Reading Understanding Ability. JOMSIGN: Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling. Volume 4, No. 2, September 2020, 114-130 DOI: https://doi.org/ 10.17509/jomsign.v4i2.26214

Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.

Razak, A. (2017). Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edisi-1. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, A., Hermandra, H., & Elmustian, E. (2021). Developing Descriptive Text Reading Materials based on Constructivism Approach. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 5(3), 585-598. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i3.8272

Razak, A., & Elmustian, E. (2024). Penerapan Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes dalam Pembelajaran Online Keterampilan Memperkuat Rima Pantun. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 3, Nomor 6, November 2024, 761-770. DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.644

Sabarullah, I., & Agustina. (2024). The Speed Learning Results Test Scans the Word Adoption in a Manual Dictionary Using Chart Ekspose Model and Media. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(1), 29–40. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i1.20

Santoso, A. (2023). Rumus Slovin: Panacea Masalah Ukuran Sampel? SUKSMA: Jurnal Psikologi Universitas Sanata Dharma. Volume 4, Nomor 2, 24-43.

Sari, T. H. (2023). The Learning Exposition Text Reading Skills Using Test Techniques through Digital Literacy Media. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(2), 111–120. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i2.12

Sariasih, Y., & Praditha, L. E. (2023). The Writing Skills for Online Journal Scientific Article Recommendations for Tidar University Students. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i1.4

Sariwati, S. & Machmudah, F. . (2024). Keterampilan Menemukan Isi Paragraf Faktual dalam Pembelajaran Menggunakan Teknik Tes Pilihan Ganda Opsi Unik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 261–270. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.580

Sukmadinata, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wibowo, S. E., & Sujarwo, S. (2022). The Development of Teaching Materials Based Outcome-Based Education Curriculum to Encourage Teacher Skill. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 9(2), 131-143. doi: https://doi.org/10.21831/jppm.v9i2.53785

Widiastuti, R., Elmustian, E. & Syafrial, S. (2023). The Development of an Assessment Instrument for Learning the Meaning of Proverbs through Essay Tests Using Google Form Media. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 1(2), 73-84. https://doi.org/10.55909/dj3l.v1i2.9

Yulaeha, S., & Handayani, D. F. (2024). The Skills in Finding Factual Paragraph Ideas Using Copying Assignment Techniques on Simple Teaching Material. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(3), 173–180. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i3.36

Zubaidah, & Murni, D. (2024). The Learning Outcomes Ability to Find Ideas for Science Theme Paragraphs through an Individual Approach Using Special Teaching Materials. DISCUSSANT: Journal of Language and Literature Learning, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.55909/dj3l.v2i1.15

Downloads

Published

2025-03-22

How to Cite

Sumiharti, & Sari, T. H. (2025). Pembelajaran Menemukan Amanat Kisah Teladan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme melalui Google Form. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 4(2), 215–224. https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i2.704

Issue

Section

Articles