Peningkatan Menulis Puisi Menggunakan Strategi Ganda melalui Media Gambar Seri dalam Bahan Ajar Khusus

Authors

  • Aan Hasanah Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Suryakancana Cianjur, Jawa Barat, Indonesia
  • Tena Fitria Adela SD Negeri Wargasari, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i2.705

Keywords:

menulis puisi, strategi ganda, media gambar seri, bahan ajar khusus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) prosedur penelitian tidakan kelas untuk pembelajaran menulis puisi menggunakan strategi ganda melalui media gambar seri dalam bahan ajar khusus per siklus; 2) besaran ketuntasan per siklus pembelajaran menulis puisi menggunakan strategi ganda melalui media gambar seri dalam bahan ajar khusus. Strategi ganda dalam artikel adalah pendekatan keterampilan proses, teknik tugas menyalin, dan teknik tes. Penelitian ini berlangsung di awal semester genap 2024/2025. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 4 prosedur: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi untuk KKM 80,00. Subjek penelitian ini adalah para siswa kelas 5 SD Negeri Wargasari yang mengikuti pembelajaran repetisi untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi menggunakan strategi ganda melalui media gambar seri dalam bahan ajar khusus. Mereka berjumlah 36 siswa yang terbagi dari 16 laki-laki dan 20 perempuan. Data prosedur pembelajaran dikumpulkan menggunakan instrumen pedoman observasi. Data hasil pembelajaran dikumpulkan menggunakan tes unjuk kerja menulis puisi. Data pembelajaran dianalisis melalui pendekatan tematik. Data hasil belajar menulis puisi menggunakan strategi ganda melalui media gambar dalam bahan ajar khusus seri per siklus dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian: 1) prosedur penelitian tidakan kelas untuk pembelajaran menulis puisi menggunakan strategi ganda melalui media gambar dalam bahan ajar khusus seri per siklus: a) perencanaan; b) pelaksanaan pembelajaran yang melibatkan 4 kegiatan awal, 14 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir pada setiap siklus; c) observasi untuk guru dan kegiaan siswa dalam pembelajaran; d) refleksi yakni semua kegiatan pembelajaran tida mengalami perubahan pada siklus yang berbeda; 2) besaran tuntas pada siklus-1 52,38 persen dan 100,00 persen pada siklus-2.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Azwar, S. (2013). Validitas dan Reliabilitas Tes. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chapelle, C. (2012). 'Validation Language Assessment'. Handbooks of Research in Second Language Teaching and Leraning. Volume 2. Editor: Eli Hinkel. New York: Routledge.

Elmustian, E., Razak, A., & Nurkholijah, N. (2021). Menulis Pantun: Bahan Ajar Pengayaan Bahasa Indonesia untuk Kelas X SMA/MA/SMK. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Halil, M. A., & Hilmi, H. S. (2024). Pembelajaran Keterampilan Menulis Pantun Berbasis Teks Naratif Menggunakan T3M. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(2), 227–234. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i2.583

Harjasujana, A. S., & Damaianti, V. S. (2013). Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara

Hasanah, A., & Hasanah, E. (2024). Pembelajaran Mengedit Larik Pantun Profetik Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses melalui Bahan Ajar Pengayaan. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 3(6), 701–714. https://doi.org/10.55909/jpbs.v3i6.640

Niswanti, S., Novmarengga, N., Maulana, Y., & Asahy, F. (2023). Efektivitas Pendekatan Konstruktivisme melalui Media LKPD dalam Pembelajaran Pengetahuan Struktur dan Skema Teks Deskripsi Profetik. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(5), 683–692. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.527

Razak, A. (2018). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: UR Press.

Razak, A. (2017). Metode Penelitian: Deskripsi, Eksposisi, dan Argumentasi. Pekanbaru: Ababil Pres.

Rusnah. (2022). Upaya Meningkatkan Gagasan Bacaan melalui Pemaknaan Leksikal: Supervisi Klinik Kepala Sekolah di Kelas 4 SD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(2), 173–188.

Satria, & Suntoko. (2022). Pembelajaran Kemampuan Menggali Isi Teks Eksplanasi melalui Teknik Kloz di Kelas VI SD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(2), 151–160. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.14

Suhirman, S. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Pendekatan Teoritis dan Praktis). Editor: M. Harja Efendi. Mataram: Sanabil

Wardana, A., & Wachid, A. (2021). Pantun sebagai Media Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 5(3), 603–610. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2178

Winarto, W. (2016). Penelitian Tindakan Kleas: Kompetensi Pedagogik. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

Yamin, M. & Faridah, F. (2023). Peningkatan Keterampilan Menemukan Pokok Pikiran Paragraf Profetik melalui Pendekatan Konstruktivisme Menggunakan LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 203–212. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i2.251

https://thexandria.com/unesco-tetapkan-pantun-sebagai-warisan-budaya-indonesia-dan-malaysia-cakeppppp/diakses pada 27/03/2021

Downloads

Published

2025-04-01

How to Cite

Hasanah, A., & Adela, T. F. (2025). Peningkatan Menulis Puisi Menggunakan Strategi Ganda melalui Media Gambar Seri dalam Bahan Ajar Khusus. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 4(2), 273–280. https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i2.705

Issue

Section

Articles