The Implementation of Project Based Learning Model with Answer Board Media In Improving Students’ Ability to Write Expository Texts.
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v4i4.734Keywords:
project-based learning, answer board media, students’ ability, expocitory textAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar, respon, dan penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) dengan menggunakan media papan jawaban dalam menulis teks eksposisi sesuai dengan struktur, kaidah kebahasaan dan isi teks eksposisi. Penelitian ini menggunakan kuantitatif berbasis eksperimen quasi berupa bentuk pretest-posttest control group design, penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai sampel yaitu kelas eksperimen X-02 dan kelas kontrol X-04. Berdasarkan nilai rata-rata kelas eksperimen memperoleh tes awal (pretest) sebesar 51 dan tes akhir (posttest) sebesar 78. Namun, jika dilihat hasil dari uji Independet Samples Test menunjukkan hasil dari kedua sampel lebih dari 0,05, sehingga hasil dari uji Independet Samples Test menunjukkan bahwa hipotesis HO diterima. Hipotesis tersebut memiliki deskripsi yaitu media pembelajaran papan jawaban tidak dapat meningkatkan interaktivitas peserta didik dalam penggunaan media dalam pengalaman belajar pada tes awal kelas eksperimen. Selanjutnya dilakuan uji Mann-Whitney, hasil dari uji Mann-Whitney menunjukkan hasil dari kedua sampel kurang dari 0,05 yaitu 0,000, sehingga hasil dari uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa hipotesis Ha diterima. Hipotesis tersebut memiliki deskripsi yaitu media pembelajaran papan jawaban eksposisi dapat berpengaruh dalam menulis teks eksposisi dengan baik dan benar [ada tes akhir.
References
Aisha, H., Nasution, W., & Kustina, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas X Ipas 7 SMA Negeri 11 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(1), 1–15.
Alfrid Sentosa, & Norsandi, D. (2022). Model Pembelajaran Efektif di Era New Normal. Jurnal Pendidikan, 23(2), 125–139. https://doi.org/10.52850/jpn.v23i2.7444
Alwasilah, a. c., & Alwasilah, S. Z. (2005). Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat Buku Utama.
Anam, K., Indrariani, E. A., & Nayla, A. (2024). Penerapan Metode Contextual Teaching And Learning dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Eksposisi pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Juwana Pati Tahun Ajaran 2020 / 2021. 12(02), 318–326.
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299
Anidar, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) di Kelas X SMA Negeri 1 Sakti pada Materi Teks Eksposisi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Ssiwa. Jurnal Real Riset, 5(3), 498–507. https://doi.org/10.47647/jrr.v5i3.2000
Aswat, H., Basri, M., Kaleppon, M. I., & Sofian, A. (2019). Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Gambar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 11.
Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY/ : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569
Bistari et al.(2021). Buku Pedoman Metode Brbasis Proyek. Pontianak: Universitas Tanjungpura.
Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan., 2(`1), 31–52. DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v2i1.115
Edi, S., Ihsan, P. A., Tite, J., & Ervan, K. (Eds.). (2020). Model-Model Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Elis Hasanah, & Iis Ristiani. (2024). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Eksposisi. Jurnal Arjuna/: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika, 2(4), 351–362. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i4.1137
Erlianda, T., Fauzi, A., & Amri, K. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Menulis di Atas Pasir. Amfâlunâ: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 74–85. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i2.1336
Fadil, A. R., & Ramadhan, S. (2023). Pengaruh Model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 12(2), 368. https://doi.org/10.26499/rnh.v12i2.6830
Fitriani, Y. (2021). Penggunaan Aplikasi Padlet dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, Pembelajarannya, 4(1), 1–15.
Gorys, K. (1981). Eksposisi dan Deskripsi: Editor: Arnodus. Ende: Nusa Indah.
Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2018). PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif tentang Peran Model Pembelajaran PjBL dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 2(1), 1–11. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/index
Hikmah, S. N. A. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 2(01), 59. https://doi.org/10.30739/tarbiyatuna.v2i01.975
Kosasih., & Kurniawan, E. (2019).Jenis Teks dan Strategi Pembelajarannya di SMA-MA/SMK. Editor: Yendri Mulyadi & A. Andriyani. Bandung: Yramawidya.
Kristyanawati, M. D., Suwandi, S., & Rohmadi, M. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Problem Based Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 192–202. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p192-202
Lazulfa, I. (2019). Keterampilan Berbahasa: Menulis Teks Eksposisi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Marlani, L., & Prawiyogi, A. G. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi di Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 8–12. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4427
Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262
Pramita, P. A. (2017). Tingkatkan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar Melalui Asessmen Portofolio. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Ganesha, March. https://www.researchgate.net/profile/Putu-Ayu-Pramita/amp
Ristiani, I. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa dalam Menulis Puisi Melalui Teknik Satu Peristiwa Satu Karya. Dinamika, 3(1), 1. https://doi.org/10.35194/jd.v3i1.998
Ristiani, I. (2024). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa . 4.
Rosmaya, E. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok di SMP. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 111. https://doi.org/10.33603/deiksis.v5i1.999
Rosmiati, L., & Ristiani, I. (2023). Model Pembelajaran Instruksi Langsung dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa MTs. Jurnal Profesi Pendidikan, 2(1), 30–37. https://doi.org/10.22460/jpp.v2i1.18132
Rusman, R. (2011). Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Jakarta: Taja Grafindo Persada.
Santoso, P. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) sebagai upaya peningkatan hasil belajar ekonomi. Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis UNS, 3(1), 1–7.
Septian, D. A., Kamaruddin, K., & Rasdawita, R. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Materi Menemukan Unsur Karya Fiksi di Kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 14(1), 14. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v14i1.597
Sugiyono (Ed.). (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Edisi 3. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wandira, A., Nugraha, V., & Bias Primandhika, R. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaranteks Eksposisi Siswa Sma. Parole/ : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 13–18. https://doi.org/10.22460/parole.v6i1.11847
Wantoro, S. (2021). Pemanfaatan Moodle Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa SMA. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 7(2), 262–283. https://doi.org/10.32923/edugama.v7i2.1834
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rika Rahmawati, Iis Ristiani, Aan Hasanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.