Pembelajaran Kemampuan Menggali Isi Teks Eksplanasi melalui Teknik Kloz di Kelas VI SD

Authors

  • Satria SD Negeri 006 Senayang, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Suntoko Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Singaperbangsa, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.14

Keywords:

menggali isi, teks eksplanasi, teknik teks kloz

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan menggali isi teks eksplanasi melalui pembelajaran teknik kloz per siklus. Penelitian dilaksanakan di semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian berjumlah 12 siswa kelas VI SD Negeri 006 Senayang, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau. Semua mereka belum tuntas dalam pembelajaran masa orientasi. Penelitian tindakan kelas ini menerapkan 4 prosedur per siklus yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus berisi 3 kali pertemuan termasuk sekali pertemuan yang didominasi oleh kegiatan tes formatif. Instrumen penelitian tindakan kelas ini: 1) LKPD teks eksplanasi dalam bentuk teks kloz; 2) RPP; 3) pedoman observasi; 4) tes kloz berbasis teks eksplanasi. Data dikumpulkan dalam pembelajaran konvensional di bulan September 2021. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif yakni mean dan persen. Analisis data kualitatif dilakukan secara tematik tentang kegiatan guru dan siswa dalam pembelajaran. Ditemukan penelitian tindakan dalam 2 siklus. Untuk siklus pertama terdapat 4 siswa (40,00 persen) yang mencapai KKM 80,00. Untuk siklus kedua, siswa mencapai KKM sebanyak 6 orang (60,00 persen) dari jumlah siswa.

 

References

Apriliya, S. 2007. Manajemen Kelas untuk Menciptakan Iklim Belajar yang Kondusif. Bandung: Visindo.

Mulial, Dini S. & Suwarno. 2016. PTK dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dan Penulisan Artikel Ilmiah di SD Negeri Kalisube, Banyumas, Khazanah Pendi-dikan: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Volume IX, Nomor 2, Maret 2016, 1-16.

Nurmahanani, Indah. 2015. Penggunaan Media Grafik Organized untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Anak pada Mahasiswa PGSD, Proseding Seminar Internasional 2015. Sekolah Pascasar-jana, UPI, 215.

Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmadani, Anisa; Razak, Abdul; & Septyanti, Elvryn. 2021. Implementasi Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi di Kelas VIII SMP Negeri 23 Pekanbaru, Jurnal Sastranesia, Volume 9, Nomor 1, Maret 2021, 147-158.

Razak, Abdul. 2006. Membaca Lanjut: Alternatif Pengajaran di Sekolah Dasar. Pekanbaru: UR Press.

Razak, Abdul. 2010. Penelitian Kependidikan: Deskripsi, Eksposisi, dan Argumentasi Pekanbaru: Autografika.

Razak, Abdul. 2020. Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Razak, Abdul. 2020. Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajartan Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.

Reni, Santi Asti. 2018. ‘Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Pekanbaru’. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Riau.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Downloads

Published

2022-03-02

How to Cite

Satria, & Suntoko. (2022). Pembelajaran Kemampuan Menggali Isi Teks Eksplanasi melalui Teknik Kloz di Kelas VI SD. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(2), 151–160. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.14

Issue

Section

Articles