Pesan Utama Cerpen Profetik menurut Interpretasi Siswa SMA Negeri 2 Senayang, Kabupaten Lingga
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.142Keywords:
pesan utama, cerpen profetik, interpretasi siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pesan utama cerpen profetik menurut interpretasi siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Senayang, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau yang berlangsung pada awal semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Senayang, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau yang mengisi dan submit jawaban di google form. Mereka berjumlah 100 siswa; terbagi dari kelas 12 sebanyak 35 siswa, kelas 11 sebanyak 33 siswa, dan kelas 10 sebanyak 32 siswa. Sampel ditetapkan sebanyak 80 siswa dengan rincian kelas 12 sebanyak 28 siswa, kelas 11 sebanyak 26 siswa, dan kelas 10 sebanyak 26 siswa. Anggota sampel ditarik menggunakan teknik random sederhana dari anggota kelompok populasi dengan sistem tanpa pengembalian. Instrumen penelitian adalah kuesioner via google form yang menenuhi syarat validitas isi dan validitas konstruk. Data dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif. Pesan utama cerpen profetik menurut interpretasi para siswa adalah ‘jadilah perempuan yang taat karena akan mendapatkan suami yang taat juga’ yang dibuktikan opsi ini dipilih oleh 37 siswa (46,25 persen). Pesan utama cerpen profetik menurut interpretasi para siswa adalah ‘janganlah mengambil peran melebihi dari hal-hal yang diamanahkan oleh majikan’ yang dibuktikan opsi ini dipilih oleh 16 siswa (20,00 persen). Pesan utama cerpen profetik menurut interpretasi para siswa adalah ‘carilah calon suami untuk anak gadis yang didasari kepada ketaatan menjalankan syariat’ yang dibuktikan opsi ini dipilih oleh 9 siswa (11,25 persen).
References
Ajis & Siahaan, Rachel Yoan K.P. 2022. Pengetahuan dan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa SMA Negeri 1 Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Riau. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 3, Mei 2022, 343-354.
Andriyani, Sy. Silvia. 2022. Penyusunan Tes Pilihan Ganda Keterampilan Membaca Teks Eksposisi: Supervisi Klinik Kepala Sekolah Bermetode Workshop. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 2, Maret 2022, 215-226.
Asy-Syinawi, Abdul Aziz 2013. Biografi Imam Abu Hanifah: Kehidupan, Sikap, dan Pendapatnya. Penerjemah: Abdul Majid. Editor: Haryono Adiyanto. Solo: Aqwam.
Barnas, Syarif & Ridwan, Irwan Muhammad. 2019. Perbedaan Gender dalam Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Mahasiswa Pendidikan Fisika, DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, Volume 1, Nomor 2, Desember 2019, 34-41.
Bastian. 2022. Supervisi Klinik Kepala Sekolah terhadap Guru untuk Menyusun LKPD Naratif Berbasis Mediasi Guru Bahasa Indonesia. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 2, Maret 2022, 243- 252.
Damayanti, Welsi. 2022. Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 2, Maret 2022, 141-150.
Dewi, Yulis Sulistiana & Nurhasanah. 2022. Keefektifan Teknik Debat untuk Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Tipe Teks Debat. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 2, Maret 2022, 227-234.
Elmustian & Razak, Abdul. 2021. 'Pengembangan Bahan Ajar Menulis Pantun Berpendekatan Konstruktivis-me untuk Kelas X SMA/MA/SMK'. Laporan Penelitian Pengembangan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau.
Fraenkel, Jack R. dkk. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education. Eighth Edition. New York: McGraw-Hill Companies.
Furqon. 2013. Statistika Terapan untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Ginanjar, Agi Ahamad. 2020. Analisis Tingkat Keterbacaan Teks dalam Buku Ajar Bahasa Indonesia, Literasi: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, Volume 4, Nomor 2, Oktober 2020, 175-181.
Hadi, Wisman & Ansari, Khairil. 2022. Perspektif Teks Anekdot dalam Kurikulum 2013 menurut Penilaian Guru Bahasa Indonesia Jenjang SLTA. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 3, Mei 2022, 333-342.
Kadirun & Ismail, Hartiwiyanti. 2022. Upaya Meningkatkan Interpretasi Drama melalui Pembelajaran Berpendekatan Konstruktivisme di Kelas VIII SMP Negeri 5 Watubangga. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 2, Maret 2022, 271-280.
Malik, Ranbir S. & Hamied, Fuad A. 2014. Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.
Marta, Fajar & Alqo, Diki Salman. 2022. Kemampuan Membaca Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA: Pendekatan Dua Bahasa. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 1, Januari 2022, 53-64.
Mondolalo, Darminton & Muda, La. 2022. Keterampilan Membaca Pemahaman Level Menengah Paragraf Deskriptif Siswa Kelas VII SMP Karuna Dipa Palu. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 2, Maret 2022, 263-270.
Padaameen, Sawawee; Pauji, Resa Restu; & Hassan, Nik Rakib Nik. 2022. Keterbacaan dan Kelogisan Cerita Humor ‘Tangga Sakti’ menurut Penilaian Mahasiswa Indonesia dan Thailand, Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 3, Mei 2022, 311-320
Rahman, E. 2016. Karakter Bangsa dalam Komponen Sastra: Satu Kajian Deskriptif. Bangi: Universitas Kebangsaan Malaysia
Razak, Abdul. 2018. Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual, Edisi VII. Pekanbaru: Ababil Press.
Razak, Abdul. 2021. How to Teach Your Student to Write the Text: Student Worksheets Bank in Learning to Write in Senior High School. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Rusnah. 2022. Pembelajaran Membaca Permulaan Bermedia LKPD Berbasis Supervisi Klinik Kepala Sekolah. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 1, Januari 2022, 11-22.
Sari, Triana Hesti. 2022. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Opini Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Bermedia LKPD. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 3, Mei 2022, 281-292
Suhana, Prihatin; Erlina; & Thahir, Asriani. 2022. Amanat Teks Anekdot ‘Anak Anjing’ menurut Interpretasi Siswa. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1, Nomor 1, Januari 2022, 75-84.
Suharjo, Bambang. 2013. Statistik Terapan :Diserta Contoh Aplikasi SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Zulfadhli, Muhammad. 2022. Pengetahuan tentang Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa Baru: Hasil Prates Menggunakan Google Form. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Volume 1,Nomor1, Januari 2022, 1-10.
Wati, Erdila; Elmustian; & Auzar. 2019. Karakteristik Budaya Melayu dalam Kumpulan CeritaYong Dolah versi Abdul Razak, Jurnal Tuah: Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, Volume 1, Nomor1, Juni 2019, 51-58
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Juriati Juriati, Evi Fitrianingrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.