Supervisi Klinik Kepala Sekolah tentang Penyusunan Bahan Ajar Terpadu Fokus Aspek Bahasa terhadap Guru TK

Authors

  • Julaeha TK Negeri Pembina Kecamatan Reteh, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.201

Keywords:

supervisi klinik kepala sekolah, bahan ajar terpadu, fokus aspek bahasa, guru TK

Abstract

Supervisi klinik kepala sekolah bidang pembelajaran termasuk kegiatan strategis. Bagi para guru, aktivitas kepala sekolah di kelas dapat diamati langsung dan memotivasi guru untuk melaksanakan pembelajaran dengan sukses yang menempatkan bahasa sebagai aspek fokus dengan melibatkan seluruh aspek perkembangan lainnya. Bagi kepala sekolah, supervisi jenis ini bermanfaat untuk memenuhi tugas dan fungsi kepala sekolah sebagai supervisor. Kegiatan supervisi berlangsung di semester ganjil 2022-2023 yang dilakukan di TK Negeri Pembina, Kecamatan Reteh, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Pelaksanaan kegiatan supervisi klinik selama 2 hari bersamaan dengan hari dan atau jam belajar efektif. Subjek penelitian adalah 5 guru TK dan para siswa TK-A. Instrumen penelitian adalah Lembar Kegiatan Guru (LKG) yang memuat gambar kedudukan aspek bahasa sebagai aspek fokus di antara 5 aspek perkembangan lainnya, tes sebagai teknik supervisi, dan contoh bahan ajar terpadu fokus aspek bahasa. Instrumen penelitianini memenuhi syarat validitas isi. Pelatihan dalam rangka supervisi klinik kepala sekolah dilaksanakan di bulan Juli 2022 untuk sehari pertemuan. Analisis data dilakukan secara tematik. Hasil penelitian tindakan sekolah: 1) prosedur kegiatan supervisi klinik; 2) deskripsi bahan ajar terpadu fokus aspek bahasa; 3) prosedur penerapan bahan ajar terpadu fokus aspek bahasa yang melibatkan semua aspek perkembangan individu. Prosedur penerapan ini dipraktekkan langsung oleh supervisor di kelas nyata TK Negeri Pembina Kecamatan Reteh, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

References

Ahmad, Nur Kholis. 2013. Supervisi Klinis. Surakarta: Oase Pustaka.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Edi- tor: Asfiah Rahman. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Al-Qaradhawi, Yusuf. 1989. Al-Quran Menyuruh Kita Sabar. Penerjemah: Aziz Salim Basyarahil. Jakarta: Gema Insani Press.

Al-Qaradhawi, Yusuf. 1996. Sabar dan Tawakkal. Penerjemah: Kathur Suhardi. Jakarta: Pustaka al-Kausar.

Azwar, Syaifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas: Interpretasi dan Komputasi. Yogyakarta: Liberty.

Bandur, A. 2014. Penelitian Kualitatif: Metodologi, Desain, dan Teknik Analisis Data dengan NVIVO10. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Fraenkel, Jack R.; Wallen, E. Norma; Hyun, Helen H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.

Hadi, Sopyan. 2018. Konsep Sabar dalam al-Quran. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora,Volume 1, Nomor 2, 2018, 473-488.

Herayanti, L. dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, No. 2, Th. XXXVI, Juni 2017, hlm. 210-219.

Karo-Karo, Isran R. & Rohani. 2018. Manfaat Media Pembelajaran. Jurnal Axiom, Volume 7, Nomor 1, Januari-Juni 2018, hlm. 91- 96.

Katsir, Ibnu. 2007d. Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 4. Cetakan V. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Katsir, Ibnu. 2007h. Tafsir Ibnu Katsir. Jilid 8. Cetakan V. Penerjemah: M. Abdul Ghoffar. Editor: M. Yusuf Harun dkk. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Cetakan Kedua. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Makawimbang, Jerry. 2013. Supervisi Klinis. Bandung: Alfabeta.

Miftah, M. 2013. Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN, Vol. 1, No.2, Desember 2013, hlm. 95-105.

Muhson, Ali. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Volume 8, Nomor 2, Desember 2010, 1-10.

Nurfatah & Rahmad, Nur. 2018. Pelaksanaan Supervisi oleh Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Volume 3, Nomor 1, Januari 2018, 137-148.

Nurmalina. 2017. Pembinaan Profesional Guru Taman Kanak-Kanak melalui Supervisi. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, Volume 3, Nomor 2, 1–17.

Pidarta, Made. 2009. Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto, M. Ngalim. 2008. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Cetakan XIV. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pranita, Uci; Kurniah, Nina; Suprapto, Anni. 2018. Supervisi Klinis Kepala Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu: Studi Deskriptif Kualitatif di PAUD IT Auliaduna Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, Volume 3, Nomor 1, Januari 2018, 54-65.

Pransiska, Toni. 2016. Konsep Fitrah Manuaia dalam Perspektif Islam dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam Kontemporer. Jurnal Ilmiah Didaktika, Volume 17, Nomor 1, Agustus, 1-17.

Ramayulis. 2017. Pelaksanaan Supervisi Pengajaran oleh Kepala Taman Kanak-Kanak dalam Peningkatan Profesional Guru di TK Cut Meutia Kota Banda Aceh. Jurnal Media Inovasi Edukasi (JMIE), Volume 3, Nomor. 3, 17–25.

Razak, Abdul. 2021. Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Stadar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Slameto. 2016. Supervisi Pendidikan oleh Pengawas Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 3, Nomor 2, 192–206.

Syaiful, Sagala. 2011. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syam, A. Sri Mardiyanti. 2021. Supervisi Akademik Kepala TK terhadap Kinerja Guru pada Masa Pandemi Covid-19. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 11, Nomor 2, Agustus 20121, 163-174.

Susanti, Utia Virli & Mulya, Neni. 2019. Supervisi (PKBM) terhadap Kepala Sekolah Terkait Manajemen Pembelajaran PAUD. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 2, Nomor 2, 47–60.

Saryono. 2016. Konsep Fitrah dalam Perspektif Islam. Medina-Te, Jurnal Studi Islam, Volume 14, Nomor 2, Desember 2016, 161-174.

Suci, Endah Retno. 2019. Pengaruh Model Pembelajran dan Tipe Keperibadian terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP Swasta Al Washliyah Ampera II Medan Helvetia. Jurnal Dialog, Volume 8, Nomor 2, Maret 2019, 854-863.

Yamin, Martinis. 2007. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persadar Press.

Winarso, Widodo. 2015. Perbedaan Tipe Kepribadian terhadap Sikap Belajar Matematika Siswa Kelas 10 SMA Islam al-Azhar 5 Cirebon. Jurnal Saintmart, Volume 4, Nomor 1, Maret, 67–80.

Downloads

Published

2022-11-25

How to Cite

Julaeha. (2022). Supervisi Klinik Kepala Sekolah tentang Penyusunan Bahan Ajar Terpadu Fokus Aspek Bahasa terhadap Guru TK . Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(6), 735–746. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i6.201