Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengubah Pantun menjadi Paragraf Menggunakan Teknik Model Bermedia LKPD Khusus
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i2.27Keywords:
teks pantun, paragraf, teknik model, media LKPD khususAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengubah pantun menjadi paragraf melalui teknik model bermedia LKPD khusus. Penelitian dilakukan di semester genap tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah 10 dari 24 siswa kelas 6 SD Negeri 34 Pontianak Selatan, Kalimantan Barat yang belum tuntas pada pembelajaran reguler. Instrumen penelitian mencakup LKPD khusus yang memuat model pengubahan pantun menjadi paragraf, pedoman observasi, tes formatif mengubah teks pantun menjadi paragraf. Semua instrumen memenuhi syarat validitas isi. Data dikumpulkan dalam pembelajaran konvensional di bulan Februari 2022 yang berlangsung sebanyak 4 kali pertemuan dalam dua pekan. Analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk data hasil pembelajaran sedangkan data proses pembelajaran dianalisis secara tematik. Dihasilkan LKPD khusus yang memuat teknik model mengubah pantun menjadi paragraf, tes formatif mengubah pantun menjadi paragraf berbentuk esai, RPP yang didasarkan pada LKPD khusus, dan pedoman observasi. Terdapat 7 dari 12 siswa (58,3 persen) tuntas pada siklus I dan 4 dari 5 siswa (80,00 persen) tuntas pada siklus II. Teknik model bermedia LKPD khusus merupakan jenis tindakan efektif untuk meningkatkan keterampilan mengubah pantun menjadi paragraf.
References
A.M., Sardiman. 2007. Interkaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Elmustian & Razak, A. 2021. Menulis Pantun: Bahan Ajar Pengayaan Bahasa Indonesia Berintegrasi Teks Naratif untuk Kelas X SMA/MA/SMK. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Kurniasari, Ety Arfiana & Sukamto. 2021. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi melalui Model Concept Sentence dengan Media Gamabar pada Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Tratemulyo. Jurnal Wawasan Pendidikan, Volume 1, Nomor 1, Februari 2021, 11-20.
Mariati. 2019. Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Berbatuan Media Gambar Seri di Kelas VI SD Negeri 025 Teluk Binjai, Kecamatan Dumai Timur, Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran, Volume 3, Nomor 3, Mei 2019, 455-461.
Miftah, M. 2013. Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN, Volume 1, Nomor 2, Desember 2013, 95-105.
Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Rahdiyanta, Dwi. 2016. ‘Penelitian Tindakan Kelas: Pengertian, Prinsip, dan Karakteristik PTK’. Makalah: Disampaikan pada Seminar Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SMK yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta pada tanggal 12 Juli 2012.
Razak, Abdul. 2020. Penelitian Kependidikan: Deskripsi, Eksposisi, dan Argumentasi. Pekanbaru: Autografika.
Razak, Abdul. 2021. How to Teach Your Student to Write: Student Worksheets bank in Learning to Rite in Elementary School. Pekanbaru: Yayasan Pendidikan Raja Zulkarnain.
Wahid, Abdul 2018. Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Istiqra’, Volume 5, Nomor 2, maret 2018, 1-11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tengku Mustikawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




