Pemanfaatan Artikel Ilmiah Jurnal Online dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksplanasi melalui Teknik Tes Pilihan Ganda
DOI:
https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.305Keywords:
artikel ilmiah jurnal online, keterampilan membaca, teks eksplanasi, teknik tes pilihan gandaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan membaca teks eksplanasi melalui teknik tes pilihan ganda menggunakan media artikel ilmiah jurnal online; (2) mendeskripsikan mean keterampilan membaca teks eksplanasi. Penelitian quasi-eksperimen ini menggunakan rancangan prates-postes satu kelompok (pratest-postttest one group design). Subjek penelitian kelas XI IS-2 SMA Negeri 1 Rokan IV Koto. Mereka berjumlah 20 dari 24 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik tes pilihan ganda 4 opsi untuk mencapai kompetensi keterampilan membaca teks eksplanasi. Data proses belajar dikumpulkan menggunakan alat perekam audio-video. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan instrumen berbentuk tes jawaban singkat berbasis artikel ilmiah jurnal online berbantuan google form. Data proses pembelajaran dianalisis secara tematik sedangkan data hasil belajar dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial yakni uji t satu sampel dan uji t sampel berpasangan via aplikasi SPSS. Hasil penelitian:1) proses pembelajaran dalam kegiatan inti: siswa difasilitasi guru untuk membuka google form yang berisi tes pilihan ganda sebagai teknik pembelajaran di HP setiap siswa sampai ke proses siswa berhasil membuka artikel ilmiah jurnal online tempat teks eksplanasi berada yang berakhir kepada siswa mensubmit di google form; 2) keterampilan membaca teks eksplanasi hasil prates berkategori rendah namun hasil postes berkategori sedang; 3) ditemukan perbedaan signifikan antara hasil prates dan hasil postes keterampilan membaca teks eksplanasi.
References
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Editor: Asfiah Rahman. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Auzar. (2017). The Relationships of Reading Comprehension Ability with the Ability to Understand The Questions of Mathematical Word Problems. Mediterranean Journal of Social Sciences, Volume 8, No. 4S1, July 2017, 145-152.
Burhan. (2013). Kemampuan Analisis Statistik Inferensial Mahasiswa STAIN Sultan Qaimuddin Kendari Berbasis Gender. Jurnal al-Izzah, Volume 8, Nomor 2, November, 78-90
Creswell, John W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Cetakan IV. Penerjemah: Ahmad Fawaid. Editor: Saifudin Zuhri Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dahhan, Noor Z. dkk. (2016). Understanding Reading and Reading Difficulties through Naming Speed Tasks: Bridging the Gaps among Neuroscience, Cognition, and Education. AERA Open, October- December 2016, Vol. 2, No. 4, 1-15.
Dornyei, Z. (2014). Research Methods in Applied Linguistics. London: Oxford University Press.
Fraenkel, J.R.; Wallen, E. N.; & Hyun, H.H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.
Harjasujana, Ahmad S. & Mulyati, Y. (1996). Membaca 2. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Herayanti, L. dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, No. 2, Th. XXXVI, Juni 2017, 210-219.
Karo-Karo, Isran R. & Rohani. (2018). Manfaat Media Pembelajaran. Jurnal Axiom, 7(1), Januari-Juni, 91-96. DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778
Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.
Lidwina, S. (2013). Penulisan Paragraf dalam Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal STIE Semarang, Vol. 5, No. 1, Februari, 38-47.
Lindrawati. (2022). Penyusunan Tes Keterampilan Membaca Teks Eksplanasi: Supervisi Klinik Kepala Sekolah Berbasis Teknik Latihan Terstruktur. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 561–572. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i5.131
Mahsun. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Depok: RajaGrafindo Persada.
Malik, R.S. & Hamied, F.A. (2014). Research Methods: A Guide for First Time Researchers. Bandung: UPI Press.
Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 1, Nomor 2, 2013, 95-105.
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Volume 8, Nomor 2, Desember 2010, 1-10.
Nurmadiah. (2016). Media Pendidikan. Jurnal Al-Afkar Vol. V, No. 1, April 2016, 43-62.
Rahayu, E., & Siregar, S. H. (2022). Perbandingan antara Pengetahuan Teks Eksplanasi dan Teks Eksposisi Siswa MAN 2 Medan. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(3), 375–388. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i3.56
Razak, A. (2017). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Autografika.
Razak, A. (2018). Statistika: Pengolahan Data Sosial Sistem Manual. Pekanbaru: Autografika.
Razak, A. (2021). Membaca Pemahaman: Teori dan Aplikasi Pembelajaran. Pekanbaru: Yayasan Raja Zulkarnain.
Razak, A. (2020). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Pekanbaru: UR Press.
Razak, A., Hermandra., & Elmustian. (2021). Developing Descriptive Text Reading Materials based on Constructivism Approach. Jurnal PAJAR: Pendidikan dan Pengajaran, 5(3), 585-598. http:// dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i3.8272.
Razak, A.; Syihabuddin; Damaianti, V.S.; Mulyati, Y. (2020). The Effectiveness of Islamic Characters by Approaching Construtivism ini Reading Understanding Ability. JOMSIGN: Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling. Volume 4, No. 2, September 2020, 114-130 DOI: https://doi.org/10.17509/jomsign.v4i2.26214
Setiawan, N. (2007). “Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slavin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya’. Makalah: Diskusi Ilmiah. Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unpad, Kamis 22 November 2007.
Suharjo, B. (2013). Statistika Terapan: Disertai Contoh Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Umar. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, Volume 11, Nomor 1, Edisi Januari-Juli 2014, 131-144.
Wahidin, U. & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam Vol. 07, No. 1, 2018, 47-65.
Wahyuni, L. dkk. (2015). Buku Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Jender sebagai Media Pengembangan Karakter Siswa. Litera: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Volume 14, Nomor 2, Oktober 2015, 317-329.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rahma Widiastuti, Hasnah Faizah, Auzar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.